Cara Lihat Semua Kenangan Facebook (Selain Hari Ini), Bisa Dilihat di Dekstop & Aplikasi HP

Setiap kiriman yang dibagikan ke Facebook tentu akan tersimpan dan tidak akan dihapus kecuali kita sendiri yang menghapusnya, bagi pengguna lama Facebook mungkin pernah ada keinginan untuk mengetahui status/kiriman profil Facebook sejak beberapa tahun lalu. Cara manualnya untuk mengetahui ini adalah dengan membuka profil Facebook dan melakukan scroll hingga ke paling bawah, tapi ini tentu memakan waktu lama jika profil Facebook Anda memiliki ribuan bahkan jutaan kiriman.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, Facebook akhirnya membuat pemberitahuan Kenangan atau Memories jika menggunakan bahasa Inggris agar setiap pengguna mengetahui apa saja yang terjadi dengan profilnya hari ini beberapa tahun lalu. Mulai dari pertemanan, event, foto, status/kiriman, dll. Hingga tiba versi terbaru Facebook yang menghadirkan fitur Kenangan/Memories pada setiap akun Facebook khususnya yang sudah bergabung sejak lama, Anda dapat melihat kenangan akun Facebook Anda melalui desktop browser atau aplikasi Facebook dengan mudah.

Cara Lihat Kenangan Facebook di Desktop Browser

Jika Anda membuka Facebook melalui browser baik itu di laptop maupun pc, Anda dapat menemukan semua kenangan di bagian Jelajahi (jika menggunakan bahasa Indonesia). Ini teletak di sidebar kiri pada beranda Facebook atau bisa langsung kunjungi URLhttps://www.facebook.com/memories/ dengan kondisi telah login ke akun Facebook.

gambar 1 - melihat kenangan facebook

Pada halaman Kenangan/Memories, Anda akan melihat semua kenangan pada hari ini hari dimana Anda melihat halaman Kenangan. Tidak menemukan apa-apa di halaman ini? Mungkin tidak ada peristiwa/aktivitas pada akun Anda beberapa tahun lalu pada tanggal dan hari ini.

Apakah Saya Bisa Melihat Kenangan Selain Hari Ini?

Bisa! Kiriman terdahulu bisa Anda lihat dengan mudah, caranya mudah: kunjungi halaman profil Facebook Anda kemudian klik Kelola Postingan yang berada tepat di bawah kolom penulisan status.

gambar 2 - filter kiriman facebook jaman dulu

Bisa dibilang ini mirip seperti filter, tapi bukan filter sungguhan yang bisa diterapkan di profil. Setelah klik Kelola Postingan, Anda akan diarahkan ke dasbor profil Anda yang disamping kirinya menampilkan filter yang dapat disesuaikan untuk melihat kenangan akun Facebook Anda jaman dulu.

gambar 3 - filter kiriman facebook paling dulu

Sesuaikan filter/penyaringan yang Anda inginkan, misalnya memilih postingan Siapa Saja pada 5 tahun lalu. Kiriman itu nantinya akan tampil di sebelah kanan. Penyaringan tahun hanya tersedia sejak pembuatan akun Facebook bersangkutan termasuk tanggal lahir.

Ada cara lainnya yang lebih mudah, buka halaman profil Facebook Anda kemudian scroll sedikit ke bawah hingga muncul fixed menu di bagian bar atas seperti ini:

gambar 4 - sorting status facebook terdahulu

Pada bagian Terbaru, pilihlah tahun yang Anda inginkan maka akan tampil kiriman-kiriman Anda pada tahun tersebut.

Cara Lihat Kenangan Facebook di Aplikasi

Perlu diketahui, untuk melihat seluruh kenangan masa lalu akun Facebook di aplikasi Anda harus menggunakan aplikasi Facebook yang asli bukan aplikasi Facebook Lite.

Buka aplikasi Facebook, klik burger menu (garis 3) di bagaian atas maka akan telihat seperti ini:

gambar 5 - lihat kenangan di aplikasi facebook

Pilih Memories/Kenangan, Anda akan melihat semua kenangan yang terjadi pada akun Facebook bersangkutan selama beberapa tahun ke belakang. Jika kosong, itu artinya tidak ada kenangan di hari ini.

Apakah Saya Bisa Melihat Kenangan Selain Hari Ini?

Anda tetap bisa melihat kenangan di hari lainnya selain hari ini walaupun melalui menggunakan aplikasi Facebook, caranya: kunjungi halaman profil Facebook Anda, scroll ke bawah hingga menemukan kolom untuk membuat kiriman/status, klik ikon filter seperti yang ditunjukkan tanda panah pada gambar di bawah ini.

gambar 6 - filter kiriman tahun lalu facebook

Akan muncul settingan filter status/kiriman seperti yang terlihat pada gambar di atas, pilihlah tanggal, bulan, dan tahun kiriman yang ingin Anda lihat. Anda pun dapat menyesuaikan settingan lainnya sesuai keinginan, klik tombol Done untuk menerapkan filter tersebut.

Sekarang, scroll ke bawah untuk melihat kiriman-kiriman masa lalu yang telah difilter. Cara ini lebih efektif dan cepat menuju kenangan ketimbang tanpa filter yang harus scroll hingga jauh ke bawah untuk menemukan kenangan.


Begitulah caranya melihat kenangan/memories akun Facebook, pada dasarnya Anda akan mendapatkan notifikasi dan highlights tentang kenangan Facebook pada hari ini di halaman beranda Facebook Anda. Tapi untuk melihat kenangan di hari-hari lainnya, cara di atas adalah langkah paling tepat untuk Anda lakukan.

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi