Melihat Pengunjung Website Saya Sekarang (Online)

Berapa Banyak yang Sedang Lihat Artikel Saya Sekarang ?

Pada umumnya, pemilik website tidak akan bisa mengetahui siapa orang yang mengunjungi situsnya tapi dapat mengetahi orang terebut berasal dari mana / menggunakan perangkat apa / mengujungi halaman situs yang mana dan sejenisnya. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan layanan HiStats.

Banyak sekali fitur yang dapat digunakan dengan HiStats tapi kali ini saya hanya membahas bagaimana melihat pengunjung yang sedang online saja.

Silahkan masuk ke akun HiStats atau daftar sekarang jika belum mempunyai akun. Setelah login silahkan klik Add a website untuk menambahkan situs web yang ingin di lacak. Silahkan masukkan data pada formulir pendaftaran website baru ini dengan lengkap kemudian klik Lanjutkan.

Maka akan diarahkan ke halaman ringkasan situs yang baru saja dimasukkan, silahkan klik Counter Code di atas layar rinngkasan sebelah kanan dan klik add new counter. Pilihlah jenis / gaya counter yang nanti akan ditempelkan pada situs lalu pilih informasi apa saja yang akan ditampilkan pada counter tersebut. Ceklis bagian yang ingin ditampilkan lalu klik tombol Simpan.

Sekarang akan diarahkan kembali ke halaman Counter dengan menampilkan counter yang telah berhasil dibuat, dibagian bawahnya ada kumpulan code yang perlu di copy dan ditempel di website yang telah didaftarkan pada counter ini. Pilih jenis codingan yang ingin ditempelkan Standard atau No Javascript.

Salin code tersebut dan tempelkan di situs web kalian pada bagian dimana ingin menampilkan counter tersebut, misalnya di footer / widget.

Dengan begitu, mulai dari code tersebut ditempelkan kalian dapat melihat berapa orang yang sedang online di situs dan statistik lainnya jika sudah lama menggunakan counter.

Jika ingin melihat siapa saja yang sedang online, setelah menempelkan counter di website silahkan kembali ke halaman HiStats dan klik menu Panel Kendali di pojok kanan atas layar kemudian pilih situs web yang ingin dilihat statistiknya maka akan menampilkan halaman statistik untuk website tersebut. Pada menu disamping kiri silahkan klik User Online untuk melihat siapa saja yang sedang online. Jika ada yang sedang online maka akan ditampilkan pada layar + URL + Judul halaman yang sedang dikunjungi pengguna online tersebut. Selain itu, kalian dapat melihat negara pengunjung online, perangkat yang digunakan dan sistem operasi yang digunakan. Untuk melihat link referal atau dari mana pengunjung tersebut datang silahkan lihat dibagian bawah pada tab Popular referrer misalnya pengunjung datang dari Facebook.

Kalian pun dapat mengatur apa yang ingin dilihat pada tab diatas seperti Terbaru, Most active visitor dan lainnya.

Selain melihat dihalaman HiStats, kalian dapat melihat langsung dari situs web dengan melihat nilai pada counter yang sudah diterapkan. Karena ketika ada perubahan apapun counter tersebut akan update secara otomatis setiap reload halaman. Dengan begitu, kalian lebih mudah melihat statstik online tanpa harus masuk ke situs HiStats terlebih dahulu.

Catatan: HiStats hanya dapat menghitung statstik jika counter berhasil dipasangkan di situs web bersangkutan, jika dihapus maka tidak dapat menghitungnya.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara melihat real time HiStats.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...