Cara Melihat Timeline / Riwayat Perjalanan di Google Maps HP & PC

0

Kamu bisa melihat histori perjalanan kamu lewat fitur Linimasa atau Timeline. Fitur Timeline ini adalah salah satu cara Google untuk memberikan daftar riwayat perjalanan pengguna, dan daerah mana saja yang pernah mereka kunjungi.

Perkembangan teknologi memang sangat cepat, banyak cara-cara ataupun teknik konvensional yang kini sudah ditinggalkan dan digantikan oleh teknologi. Salah satu contohnya adalah menggunakan peta dan kompas untuk mencari alamat. Jika dulu ketika kita ingin mencari sebuah alamat di kota ataupun daerah tertentu, maka kita memerlukan sebuah peta di kota atau daerah tersebut dan kompas untuk menunjukkan arah mata angin. Namun kini, cara tersebut bisa dibilang sudah ditinggalkan, sejak kehadiran teknologi peta berbasis digital, yakni Global Positioning System (GPS). Dan salah satu aplikasi peta digital yang menggunakan GPS adalah Google Maps.

Google Maps menjadi salah satu aplikasi yang sangat dibutuhkan jika kamu sedang berpergian. Dengan menggunakan teknologi GPS, Google Maps bisa memberikan kamu arahan untuk menuju lokasi yang ingin kamu tuju.

Google Maps sendiri merupakan layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2005. Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360°, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, mobil, motor, sepeda, angkutan umum dan angkutan online. Google Maps awalnya dikembangkan untuk pengguna komputer, namun sejak tahun 2008, Google menyediakan fitur Google Maps bagi pengguna handphone.

ads by posciety

Dengan adanya Google Maps, kamu tidak perlu lagi membawa peta suatu daerah dan kamu tidak perlu khawatir lagi akan tersesat dijalan. Didalam Google Maps kamu bisa mencari jalan ataupun tempat yang ingin kamu tuju dan bisa menentukan dari mana titik awal kamu berangkat.

Di dalam Google Maps sendiri, terdapat pilihan rute perjalanan yang bisa kamu pilih, jika kamu sedang mengendarai mobil maka pilih rute mobil, jika kamu sedang mengendarai motor, maka pilih rute motor, jika kamu sedang berjalan kaki, kamu bisa pilih rute pejalan kaki, lalu jika kamu ingin menggunakan transportasi umum, kamu juga bisa memilih rute transportasi umum, akan terdapat pilihan transportasi umum yang bisa kamu gunakan untuk menuju lokasi tujuan, dan yang terakhir jika kamu ingin menggunakan ojek online, maka kamu bisa memilih rute ojek online, kamu akan diberikan pilihan ojek online untuk menuju lokasi tujuan beserta biayanya. Jika kamu memilih salah satu dari rute perjalanan tersebut, maka Google Maps akan memberikan arahan jalur yang bisa kamu lewati menggunakan kendaraan yang kamu pilih hingga sampai ke titik lokasi tujuan yang telah kamu tentukan.

Buat kamu yang belum tahu, bahwa Google Maps ternyata merekam seluruh aktivitas perjalanan kamu loh. Hal ini dikarenakan Google Maps merupakan produk keluaran Google, maka jika kamu akun Google kamu terintegrasi ataupun terkoneksi dengan Google Maps di perangkat kamu, maka data perjalanan seperti waktu, tanggal, dan lokasi yang pernah kamu datangi ataupun lewati akan tersimpan di akun Google kamu.

Kamu bisa melihat histori perjalanan kamu lewat fitur Linimasa atau Timeline. Fitur Timeline ini adalah salah satu cara Google untuk memberikan daftar riwayat perjalanan pengguna, dan daerah mana saja yang pernah mereka kunjungi. Fitur timeline juga berfungsi jika kamu lupa apakah kamu pernah atau tidak mengunjungi daerah tersebut?. Jika pernah, kapan kamu mengunjungi daerah tersebut? semua jawaban itu bisa terjawab jika kamu membuka fitur timeline atau linimasa ini di Google Maps.

Bagi kamu yang ingin mengecek linimasa ataupun timeline perjalanan kamu, kamu bisa lakukan langkah-langkah dibawah ini, diantaranya adalah:

1. Silahkan buka aplikasi Google Maps di handphone kamu, lalu pilih ikon foto ataupun gambar akun Google kamu yang berada di pojok kanan atas

2. Silahkan pilih Kelola Akun Google Anda


3. Lalu kamu akan diarahkan ke akun Google kamu, pilih Data & personalisasi


4. Lalu scroll ke bawah hingga menemukan Linimasa dibagian Aktivitas dan Linimasa. Silahkan pilih Linimasa


5. Kamu akan diarahkan ke menu Linimasa, disini kamu bisa melihat tempat mana saja yang pernah kamu kunjungi


6. Kamu juga bisa melihatnya berdasarkan tanggal, silahkan pilih Tanggal


7. Lalu kamu juga bisa melihat kota mana saja yang pernah kamu kunjungi, dengan memilih opsi Kota


8. Jika kamu pernah berpergian ke luar negeri, kamu bisa melihat Negara mana saja yang pernah kamu datangi, dengan memilih opsi Dunia.

Selain lewat HP, kamu juga bisa melilhat histori perjalanan melalui laptop atau PC melalui laman https://www.google.co.id/maps/timeline.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya