Cara Membuat ads.txt untuk Menampilkan Iklan di Situs Web

ads.txt adalah sebuah file teks yang disimpan pada sebuah interaktif yang digunakan sebagai inisiatif biro iklan interaktif, file ads.txt ini (tergantung isinya) yang memungkinkan sebuah perusahaan bersangkutan untuk menentukan dan mendapatkan host di web server. Perusahaan atau pihak lain dapat menjual produk atau layanan dalam jaringan iklan yang ditentukan dalam ads.txt.

Jika Anda memiliki kerjasama atau hubungan dengan jaringan iklan seperti Google AdSense, MGID, dsb. tentu akan diminta bahkan diwajibkan untuk memiliki file ads.txt agar kinerja jaringan iklan berjalan dengan baik dan tidak mengganggu/merusak pendapatan (revenue).

Ambil contoh di jaringan iklan Google AdSense, ketika baru pertama kali disetujui Google AdSense dan mulai menerapkan iklan di situs web, biasanya akan mendapat peringatan/pemberitahuan bahwa ads.txt tidak tersedia dan perlu disiapkan. Ikuti saja langkah-langkah yang diarahkan agar ads.txt dapat membantu kinerja iklan.

Cara Membuat ads.txt

Buatlah sebuah file baru menggunakan editor seperti Notepad dengan ekstensi file .txt misalnya ads.txt, di dalam file ads.txt ini masukkan kode berikut (contoh untuk Google AdSense):

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Ubah pub-0000000000000000 dengan id penayangan akun Google AdSense Anda, untuk mengetahui id penyang bisa dilihat di menu Akun pada dasbor Google AdSense. Jika Anda menggunakan browser, Anda akan melihat id penayang di URL dasbor Google AdSense Anda.

Setelah selesai, upload file ads.txt itu ke web server yang Anda gunakan, simpan di bagian di root domain yang digunakan. Root? Ya, jika Anda menggunakan cPanel dan panel sejenisnya, upload file ads.txt itu tepat setelah Anda masuk ke direktori public_html.

Jika sebelumnya terdapat notifikasi masalah ads.txt di dasbor akun Google AdSense Anda, klik tombol Verifikasi sebagai tanda bahwa Anda telah menyimpan file ads.txt di root domain situs bersangkutan yang berisi ads.txt jaringan iklan Google.

Perlu waktu hingga 24 jam atau lebih untuk Google melakukan pemeriksaan file ads.txt pada web server.

Jika file ads.txt dianggap sudah benar oleh Google, maka iklan akan mulai muncul dan Anda akan segera mendapatkan penghasilan melalui tayangan iklan di situs bersangkutan. Pastikan Anda telah menambahkan domain situs di menu Situs Google AdSense agar terotorisasi. Lihat bagaimana cara menambahkan domain situs di Google AdSense.


Penjelasan di atas memberikan contoh iklan Google AdSense, ini tidak berlaku untuk jaringan iklan lain. Anda perlu meminta pihak jaringan iklan bersangkutan mengenai baris kode yang perlu dimasukkan di dalam file ads.txt.

Misalnya Anda ingin menampilkan iklan dari jaringan MGID, maka Anda perlu memiliki baris kode MGID (hampir mirip dengan baris Google AdSense) yang perlu disisipkan di dalam file ads.txt untuk menampilkan iklan MGID di situs Anda.

Dengan adanya ads.txt dan baris kode yang diberikan dari pihak penyedia iklan seperti Google AdSense, artinya situs Anda akan siap mendapatkan tawaran dari para pengusaha yang memasang iklan di Google Ads dan situs Anda siap untuk menampilkan iklan jika Google AdSense menganggap iklan yang ditawarkan layak untuk tampil di situs Anda.

Ini bisa dijadikan referensi jika Anda menemukan situs yang telah Anda daftarkan ke Google AdSense tidak menampilkan iklan melainkan hanya space kosong, salah satu alasannya bisa jadi karena ads.txt Google AdSense belum disiapkan pada domain tersebut.

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi