Memasang Iklan Google AdSense di Blogspot – Hosted & Non Hosted Account

Google AdSense dapat diterapkan diberbagai macam platform seperti aplikasi ponsel, situs web termasuk Blogspot sebagai produk Google. Tapi yang jadi kendala adalah “Bagaimana Cara Pasang Iklan Google AdSense di Blogspot ?“, cara pemasangan ini tergantung dari jenis akun AdSense yang digunakan karena Google AdSense memiliki 2 jenis akun yaitu Hosted Account dan Non Hosted Account, pelajari tentang perbedaan lengkap kedua akun tersebut.

Secara tampilan perbedaannya dapat dilihat dimenu akun AdSense sebelah kanan atas (foto profil), jika ada tulisan Hosted Account artinya akun tersebut merupakan akun hosted dan jika tidak ada maka akun tersebut merupakan akun non hosted.

Memasang Iklan Google AdSense di Blogspot Menggunakan Non Hosted Account

Masuk ke Google AdSense menggunakan akun yang berkaitan seperti biasa.

  • kemudian klik menu Setting -> My Sites, halaman ini akan menampilkan seluruh situs yang pernah didaftarkan sebelumnya dan pastinya akan menampilkan situs web utama yang didaftarkan ketika mendaftar ke Google AdSense karena ini merupakan akun non hosted.
  • Klik tanda tambah (+) diatas untuk tampilan baru Google AdSense atau klik Add New Site pada tampilan lama Google AdSense untuk menambah situs baru
  • Masukkan domain blogspot yang ingin ditampilkan misalnya xxx.blogspot.co.id

Domain baru itu akan tampil didaftar domain bersama domain lainnya, pastikan domain tersebut juga di verifikasi dengan mengalihkan toggle ke kanan menjadi nyala pada toggle Verified Site.

Selanjutnya buatlah iklan seperti biasa, kemudian tampilkan iklan itu di domain baru yang tadi.

  • Klik menu My ads disamping kiri
  • Klik +Unit iklan baru
  • Masukkan nama iklan, bentuk iklan, jenis iklan, gaya text dan yang lainnya
  • Klik tombol Simpan dan dapatkan kode

Maka iklan baru ini akan tersimpan dan akan muncul kode di layar popup, salin keseluruhan code tersebut kemudian tempelkan di bagian yang ingin ditampilkan pada situs / domain yang baru baru tadi.

Selain itu, kalian juga dapat menerapkan iklan yang sudah ada (jika tidak ingin membuat iklan baru) misalnya menyalin kode iklan yang sudah aktif dan menempelkannya di domain baru itu. Cara ini juga dapat dilakukan untuk provider iklan lainnya, cukup terapkan kode iklan pada bagian dimana ingin menampilkannya di situs / domain baru itu.

Untuk menempelkan kode iklan tersebut di blog yang bersangkutan silahkan masuk ke dasbor blog yang bersangkutan kemudian pilih menu Tata Letak, pada bagian Dasar-dasar silahkan pilih gadget +HTML/JavaScript kemudian terapkan kode iklan tadi disini dan klik tombol Simpan.

Memasang Iklan Google AdSense di Blogspot Menggunakan Hosted Account

Masuk ke dasbor Blogspot seperti biasa, kemudian pilih Blog yang ingin ditampilkan iklan (jika memiliki banyak blog dengan akun login tersebut).

  • Klik menu $ Earnings / $ Penghasilan di menu samping kiri.

Tidak ada menu $Earnings / $ Penghasilan didaftar menu samping kiri ? Lihat disini bagaimana cara memunculkannya.

  • Halaman $Earnings / $ Penghasilan ini akan menampilkan penjelasan tentang penghubungan Blogspot dan AdSense, bisa dibaca terlebih dahulu atau langsung saja klik tombol Daftar ke AdSense
  • Akan diarahkan ke halaman selamat datang AdSense untuk menghubungkan Blog yang tadi dipilih dengan AdSense, pada bagian tengah layar ada penjelasan bahwa “Anda saat ini seadang masuk dengan alamat email saat ini“. Artinya sedang login menggunakan email tersebut dan tentunya email itu adalah email yang digunakan sebagai pemiliki blog tadi. Klik tombol Ya untuk melanjutkan
  • Pada halaman ini akan secara otomatis menampilkan situs web dengan situs blog yang tadi dipilih, klik tombol Setujui pengaitan untuk menyetujui pengaitan antara blog yang tadi dipilih dengan Google AdSense
  • Muncul ucapan selamat dari Blogspot tentang Widget AdSense, karena blog sudah dihubungkan dengan Google AdSense maka Widget AdSense pun saat ini tersedia yang fungsinya untuk menampilkan iklan google AdSense. Klik tombol Lanjutkan untuk melanjutkan dan kembali ke dasbor blog

Secara otomatis halaman menu Earnings (bahasa Inggris) / Penghasilan (bahasa Indonesia) sekarang sudah berubah yaitu menampilkan pertanyaan “Tampilkan iklan di blog” dan 3 pilihan posisi iklan default (iklan dibawah pos dan bilah samping, iklan hanya dibawah pos, iklan hanya di bilah samping).

Pilih Ya untuk menampilkan iklan, pilih Tidak untuk tidak menampilkan iklan, pilih juga posisi iklan dari 3 pilihan tadi sesuai keinginan. Sekarang, iklan berhasil tampil di blog. Selamat!

Catatan: Jika iklan belum muncul, tunggulah beberapa saat mungkin diperlukan peninjauan.

Mudah kan ? Tanpa perlu membuat iklan baru di halaman Google AdSense, iklan secara otomatis di generate / dihasilkan dari blogspot setiap kali membuat gadget AdSense pada halaman Tata Letak.

Pertanyaan yang Mungkin Muncul Setelah Membaca Tutorial ini:

Masuk ke menu Tata Letak, edit gadget AdSense lalu sesuaikan sesuai keinginan mulai dari bentuk iklan sampai warna dan klik Simpan.

Bisa juga menerapkan iklan di posisi kustom / menerapkan iklan di posisi yang tidak ada di 3 pilihan posisi iklan bawaan tadi.

Masuk ke menu Tata Letak kemudian geser gadget AdSense ke posisi yang diinginkan, jika ingin menambah iklan baru klik +Tambahkan Gadget -> +AdSense kemudian sesuaikan iklan dan klik Simpan.

Perlu pemahaman kode HTML untuk menerapkan kode diposisi kustom seperti ini, masuk ke halaman Google AdSense kemudian buat unit iklan baru sampai selesah. Salin kode unit iklan tersebut / salin kode unit iklan yang sudah ada sebelumnya kemudian tempelkan diantara kode-kode HTML pada menu dasbor blog Tema -> Edit HTML.

Jika tidak paham dimana menerapkannya, jangan pernah dicoba takutnya terjadi error pada blog. Silahkan hubungi orang yang dianggap mampu menyelesaikan masalah ini atau hubungi saya dengan berkomentar dibawah. Jika sempat, pasti saya bantu.

Kesimpulan

Dalam penerapan iklan menggunakan hosted account tentu lebih mudah karena cukup membuat gadget saja sudah otomatis membuat unit iklan baru di halaman akun Google AdSense yang dikaitkan. Walaupun belum punya akun Google AdSense secara otomatis akan membuat akun ketika mengaitkan blog dengan AdSense dan akun tersebut berupa hosted account. Harap maklum jika ada perubahan posisi menu atau nama menu, mungkin disebabkan pembaruan yang dilakukan pihak Google.

Loading...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi