Panduan Lengkap Memasang Iklan di Facebook & Instagram

Tanpa Kartu Kredit, Tanpa Kartu Kartuan

Tutorial ini sedikit bercabang karena dalam memasang iklan di Facebook tidak memiliki satu cara saja melainkan banyak cara terutama ketika pengguna sudah pernah beriklan di Facebook akan sering sekali melihat tawaran beriklan dari Facebook baik berupa pengingat / notifikasi / tombol / lainnya. Begitupun iklan di Instagram.

Pada tutorial kali ini menggabungkan iklan Facebook dan Instagram, jika ingin beriklan di Facebook saja maka tidak usah di ceklis bagian Instagram di penjelasan dibawah.

Tutorial ini hanya membagikan cara beriklan di Facebook menggunakan laptop / desktop saja karena menurut saya mengatur / membuat iklan via smartphone kurang maksimal.

Pertama, silahkan masuk ke Facebook seperti biasa kemudian klik tombol Pengelola Iklan di menu samping kiri. Jika tidak ada silahkan kunjungi facebook.com/ads/manager di browser dan login akun Facebook jika diminta. Setelah berhasil masuk maka tampilannya seperti ini: (lihat gambar).

Disinilah bisnis kalian dimulai dan bagaimana kalian ingin merancang promosinya, sebetulnya banyak cara dalam beriklan di Facebook tapi inilah cara default / halaman original dari beriklan dengan masuk ke dasbor ads manager.

Disini pengguna dapat mengatur setiap iklan yang sudah / sedang berjalan bahkan membuat iklan baru / mengeditnya dengan mengklik toggle menu Pengelola Iklan di sebelah atas kiri layar.

Catatan: Pastikan kalian merubahnya ke Bahasa Indonesia supaya sesuai dengan penjelasan artikel ini.

Kampanye

Tujuan

Pada halaman ini pengguna dapat memiliki jenis iklan yang ingin dibuat, misalnya Lalu Lintas Kunjungan. Biar saya jelaskan satu persatu dari jenis iklan yang tersedia di Facebook saat ini.

  • Kesadaran Merek
    Meningkatkan kesadaran pengguna Facebook akan merek bisnis kalian dengan menjangkau orang yang kemungkinan tertarik pada bisnis yang kalian miliki
  • Jangkauan
    Menampilkan iklan kalian ke jumlah orang yang maksimal sehingga membuat merek / bisnis kalian banyak dikenal orang
  • Lalu Lintas Kunjungan
    Mengarahkan pengguna Facebook ke tujuan yang kalian tentukan misalnya ke situs web atau kiriman Facebook
  • Interaksi
    Mengajak lebih banyak orang untuk berinteraksi di iklan kalian misalnya pada kiriman, tanggapan acara, menyukai halaman
  • Pasang Aplikasi
    Mengajak banyak orang untuk memasang aplikasi yang kalian miliki, jenis iklan ini sangat bagus untuk mempromosikan aplikasi smartphone
  • Penayangan Video
    Biasanya pada halaman itu tidak terlalu banyak penonton video ketika video baru diunggah atau bahkan video yang sudah lama, dengan jenis iklan ini video kalian akan banyak ditonton dan ditanggapi
  • Pembuatan Prospek
    Mendorong lebih banyak prospek penjualan seperti alamat email dari orang yang tertarik dengan produk kalian
  • Konversi
    Mendorong suatu tindakan bernilai di situs web atau aplikasi yang dipromosikan, misalnya tindakan mendaftar / register atau tindakan lainnya yang diinginkan
  • Penjualan Katalog Produk
    Secara otomatis menampilkan produk dari katalog produk bisnis kalian berdasarkan target pemirsa
  • Kunjungan Toko
    Mengajak banyak orang untuk mengunjungi toko kalian di dunia nyata, jenis iklan ini cocok untuk bisnis yang memiliki toko fisik

Itulah jenis-jenis iklan yang ada di Facebook saat ini.

Selanjutnya silahkan dipilih sesuai keperluan, contohnya jenis yang iklan yang sering saya gunakan adalah Lalu Lintas Kunjungan untuk mengunjungi situs web. Jadi, dibawah ini saya contohkan dengan jenis iklan Lalu Lintas Kunjungan.

Akun Iklan

Buat Baru

Ketika baru pertama kali masuk ke dasbor Pengelola Iklan ini maka akan diminta Facebook untuk membuat akun pengiklan yang mana akun tersebut adalah akun yang digunakan untuk login ke dasbor ini dan memerlukan sedikit pengaturan.

Set Iklan

Lalu Lintas Kunjungan

Karena jenis iklan yang dipilih adalah Lalu Lintas Kunjungan maka tampil menu Lalu Lintas Kunjungan didalam menu Set Iklan, pada bagian ini kalian dapat menentukan tujuan kunjungan. Saat ini tersedia 2 kunjungan saja yaitu Situs Web / Messenger dan Aplikasi Seluler / Desktop.

Promo

Fitur ini berlum lama diterbitkan oleh Facebook, dengan fitur Promo yang akan mendorong lebih banyak lalu lintas dengan cara membuat promo yang dapat disimpan orang dan orang itu dapat memperoleh pengingat tentang promo itu. Misalnya kalian beriklan jasa / produk dengan harga promo maka nyalakan fitur ini akan membuat lalu lintas semakin baik.

Pemirsa

Pada bagian ini kalian dapat menentukan siapa pemirsa yang akan melihat iklan ini dengan cara menentukannya baik dengan lokasi / umur / jenis kelamin / bahasa / penargetan terperinci dengan kata kunci dan minat / koneksi. Bisa juga mengecualikan orang yang tidak ingin ditarget.

Penempatan

Disini adalah pengaturan penempatan iklan ini tampil misalnya di Facebook, Instagram dan Audience Network. Masing-masing tempat pun memiliki tempatnya lagi seperti di Facebook desktop / smartphone / sisi kanan desktop / timeline dan banyak lagi. Silahkan ditentukan dimana ingin menampilkan iklan bahkan di Cerita / Story Instagram.

Jika tidak yakin, pilih Penempatan Otomatis artinya penempatan ini akan ditentukan Facebook yang cocok dan terbaik untuk jenis iklan ini.

Anggaran & Jadwal

Pada bagian ini kalian dapat menentukan biaya iklan perhari atau biaya sepanjang masa promosi iklan, jika dipilih Anggaran Harian maka setiap harinya ketika biaya iklan telah mencapai angka yang ditulis pada kolom tersebut akan diberhentikan dan dilanjutkan tayang pada hari berikutnya jika masih ada dana.

Begitupun jadwal, dapat diatur setiap harinya bahkan jam tayangnya atau tampil tanpa henti setiap jam pada setiap harinya sampai total saldo habis.

Iklan

Halaman

Pada pengaturan tampilan iklan ini bisa diatur berdasarkan halaman yang dikelola atau tanpa halaman, misalnya ketika menampilkan gambar / video biasanya suka muncul nama pengirimnya yaitu nama halaman Facebook. Jika tidak ingin menggunakannya maka tidak perlu dipilih halamannya (di step Iklan -> Halaman).

Catatan: Beberapa jenis iklan memerlukan pengirim sebagai halaman Facebook, belum punya halaman Facebook ? Lihat cara membuatnya disini.

Jika tadi pada bagian Penempatan memilih tampil di Instagram maka harus menghubungkan akun Instagram yang akan digunakan sebagai penampil iklan disini. Klik Hubungkan Instagram dan masuk ke Instagram seperti biasa untuk autorisasi dengan iklan ini, tapi jika tidak memilih penempatan di Instagram maka tidak perlu masuk ke Instagram.

Format

Pilih bagaimana tampilan iklan yang diinginkan:

  • Karosel
    Membuat iklan yang dapat digeser / slide baik dengan gambar atau video, ini memerlukan 2 atau lebih gambar / video
  • Gambar Tunggal
    Menampilkan iklan dengan 1 gambar saja
  • Video Tunggal
    Menampilkan iklan dengan 1 video saja
  • Tayangan Slide
    Membuat iklan slide dari 10 gambar yang akan dimainkan seperti slideshow
  • Koleksi
    Ini merupakan fitur baru saat ini yang menampilkan iklan koleksi item yang terbuka di perangkat seluler dengan layar penuh

Pengalaman Layar Penuh

Centang kotak ini untuk membuat iklan tampil secara full screen di HP pemirsa, artinya iklan ini tidak akan tampil di desktop.

Media

Disini tempat pemilihan gambar / video yang akan ditampilkan sebagai iklan, pilihlah gambar / video menarik supaya pemirsa tertarik.

Catatan: Gambar untuk iklan di Facebook tidak boleh yang mengandung banyak kata / kalimat, Facebook menganggap itu akan mengganggu kualitas iklan dan kemungkinan besar pemirsa menganggap SPAM.

Selain itu, kalian dapat mengatur judul, deskripsi iklan, URL yang ditampilkan dan lain-lain.

Tautan

Masukkan link kemana pemirsa akan diarahkan misalnya ke situs web, berikan juga tombol tindakan yang pas dengan iklan ini misalnya tombol Selengkapnya / tombol Daftar. Pada bagian Pelacakan Piksel dapat dikosongkan jika tidak yakin.

Setelah selesai semua pengaturan iklan ini kalian dapat meninjaunya dengan klik tombol Tinjau Pesanan dibawah sebelum melakukan Pemesanan Iklan. Klik tombol Lakukan Pemesanan untuk memesan iklan ini, tunggu beberapa saat sampai iklan disetujui oleh Facebook. Beberapa iklan akan ditolak jika tidak sesuai dengan Pedoman Beriklan Facebook.

Pemberitahuan akan dikirimkan via Email dan Notifikasi Facebook pada akun yang bersangkutan (akun Facebook yang digunakan ketika login ke Dasbor Ads Manager).

Setelah Selesai, Iklan Disetujui, Lalu Apa yang Harus Saya Lakukan ?

Jika iklan ditolak maka perlu diperbaiki sesuai panduan Facebook, lihat alasannya kenapa iklan ditolak dan perbaiki bagian itu. Tapi jika iklan disetujui maka perlu deposit saldo supaya iklan dapat berjalan, ketika iklan disetujui bukan berarti langsung tampil ke pemirsa kecuali memiliki saldo.

Isilah saldo agar iklan dapat berjalan, klik disini untuk melihat panduan lengkap cara mengisi saldo akun pengelola iklan Facebook & Instagram dengan mudah, beberapa metode pembayaran termasuk transfer bank.

 

Pengelola Iklan – Kampanye

Setelah selesai dan berhasil berjalan sebagaimana mestinya, kalian dapat meninjau kinerja iklan di halaman utama Ads Manager pada toggle meu Pengelola Iklan -> Pengelola Iklan. (lihat gambar)

Di halaman ini dapat melihat iklan yang sedang berjalan, iklan ditolak, iklan pending, iklan sudah selesai dan lainnya termasuk anggaran yang sudah dihabiskan saat ini / hari ini / bulan ini. Analisis iklan akan muncul disini, untuk membuat iklan baru cukup klik tombol Buat Iklan diatas kanan layar maka akan diarahkan ke halaman Power Editor tadi yang dijelaskan diatas dalam pembuatan iklan.

Masih bingung ? Lihat : Video panduan lengkap memasang iklan di Facebook dan Instagram.

Tutorial diatas mengambil contoh dari jenis iklan Lalu Lintas Kunjungan, pada jenis iklan lain akan mengalami sedikit perbedaan tapi cara utamanya tetap sama seperti anggaran / jadwal / pemirsa.

Dalam mengisi saldo pun dapat dilakukan kapanpun tidak hanya ketika akan menjalankan iklan saja, saldo itu akan menetap di akun iklan bersangkutan tanpa batas waktu.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...