Cara Membagikan File / Folder di Google Drive

0

Google Drive adalah layanan penyimpanan data tersinkronisasi yang diluncurkan pertama kali pada tanggal 24 April 2012 oleh Google. Platform ini memungkinkan penggunanya untuk menyimpan data di server mereka, mensinkronisasi data di perangkat yang berbeda, dan saling berbagi file.

Google Drive tersedia dalam situs web dan juga aplikasi-aplikasi dengan kemampuan offline untuk Windows dan komputer-komputer macOS, dan Android serta perangkat iOS. Google Drive meliputi Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides, yang mana merupakan bagian dari Google Docs Editor yang mengizinkan pengguna untuk mengedit dokumen secara bersamaan atau berkelompok, spreadsheets, presentasi, menggambar, formulir, dan lain-lain. Selanjutnya, file-file yang dibuat dan diedit melalui Google Docs secara otomatis akan tersimpan di Google Drive.

Dengan 15 GB tempat penyimpanan gratis yang disediakan Google Drive melalui Google One, ditambah paket pembayaran opsional 100 GB, 200 GB, 2 TB, 10 TB, 20 TB, dan 30 TB, telah menjadikan Google Drive sebagai tempat penyimpanan yang paling banyak digunakan. Bahkan, file yang diunggah bisa berukuran hingga 5 terabyte. Selain itu, pengguna juga bisa mengubah pengaturan pribadi untuk file-file dan folder-folder yang bersifat individual dan mengaktifkan fitur untuk berbagi dengan pengguna lainnya atau membuat konten menjadi dapat diakses publik.

ads by posciety

Pada artikel ini, kita akan mempelajari bagaimana cara membagikan file di Google Drive. Jika kamu memiliki file yang ingin dibagikan di aplikasi ini, silahkan mengikuti dua cara berikut:

  1. Buka aplikasi Google Drive di Android, lalu pilih titik tiga di file yang ingin kamu bagikan.
  1. Selanjutnya, pilih “Share” atau “Bagikan” di opsi teratas.
  1. Jika kamu tidak berbagi kontak dengan Google Drive, aplikasi akan menanyakan apakah kamu mengizinkannya mengakses kontak? Pilih “Allow” untuk menyetujui atau “Deny” untuk menolak atau, jika kamu menolak dan tidak ingin ditanyakan lagi, pilih “Deny & don’t ask again.”
  1. Langkah selanjutnya, silahkan tulis akun gmail orang yang ingin kamu bagikan file tersebut.

Cara lain untuk membagikan file di Google Drive adalah sebagai berikut:

  1. Pada menu pilih “Manage People and Links”.
  1. Lalu pilih tanda untuk menambahkan pengakses file di pojok kanan atas atau copy link akses untuk dibagikan.
  1. Jika kamu memilih untuk menambahkan orang, isi dengan gmail orang yang ingin kamu bagikan file tersebut.

Selesai! Mudah sekali, bukan?

Google Drive menggabungkan sistem berbagi file di mana pembuat file atau folder, sebagai pemiliknya (owner) dapat mengatur visibilitas publik dari file atau folder tersebut. Kepemilikan ini juga dapat dialihkan. File atau folder dapat dibagikan secara pribadi dengan pengguna tertentu yang memiliki akun gmail.

Namun, untuk berbagi file dengan pengguna yang tidak memiliki akun gmail, maka mengharuskan file tersebut dapat diakses oleh “siapa saja yang memiliki tautan” dengan URL rahasia untuk mengakses file tersebut, yang dapat dibagikan melalui email atau pesan pribadi. Pemilik juga dapat mengatur izin akses dengan tiga tingkatan yang ditawarkan yaitu, “dapat mengedit”, “dapat berkomentar”, dan “dapat melihat”.

Meski pada saat peluncuran layanannya, kebijakan privasi Google Drive sangat dikritik oleh beberapa anggota dari media. Ini karena dalam salah satu Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi Google Drive yang mencakup semua layanannya, yang mana perjanjian ini dapat memberikan hak kepada perusahaan untuk terus memproduksi kembali, menggunakan, dan menciptakan turunan dari konten yang tersimpan di Google Drive.

Sekalipun kebijakan tersebut juga menegaskan bahwa pengguna dapat mempertahankan hak kekayaan intelektual, namun pendukung privasi menyampaikan kekhawatiran bahwa lisensi ini memberi Google hak untuk menggunakan informasi dan data untuk menyesuaikan iklan dan layanan lain yang disediakan Google.

Di sisi lain, anggota media lainnya mencatat bahwa perjanjian tersebut tidak lebih buruk daripada perjanjian layanan penyimpanan lainnya, hanya saja Google menggunakan “bahasa yang lebih berseni” dalam perjanjiannya, dan juga menyatakan bahwa Google memerlukan hak untuk “memindahkan file di servernya, cache data Anda, atau membuat gambar yang berukuran kecil.”

Pada Juli 2018, Google Drive telah memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, dan pada September 2015, platform penyimpanan ini telah memiliki lebih dari satu juta pengguna organisasi yang berbayar. Selanjutnya pada Mei 2017, terdapat lebih dari dua triliun file yang tersimpan di layanan Google Drive.

Nah, itu dia sekilas tentang Google Drive dengan fitur berbagi filenya, serta dua cara membagikan file di Google Drive yang bisa kamu ikuti. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya