Cara Memberi Akses File/Folder Google Drive Lewat PC dan HP

Google Drive merupakan sebuah penyimpanan cadangan yang diberikan oleh Google untuk para penggunanya. Lewat Google Drive ini kamu tetap bisa mengakses, menambahkan, ataupun menghapus file-file kamu yang sudah kamu simpan di Google Drive lewat perangkat apa saja, bisa lewat handphone teman, keluarga, ataupun PC teman dan keluarga, asalkan kamu hafal e-mail dan password akun Google kamu.

Google menyediakan kapasitas 15 GB secara gratis untuk bisa dipakai penggunanya. Jika 15 GB tersebut dirasa kurang, Google juga menyediakan penambahan kapasitas penyimpanan hingga 2 TB, namun untuk menambah kapasitas penyimpanan tersebut, kamu harus berlangganan di Google One setiap bulannya. Harganya pun bervariatif sesuai dengan jumlah kapasistas yang ingin kamu tambah.

Namun, pernahkah kamu ingin mengakses file Google Drive orang lain, tetapi terkunci dan terdapat tulisan “minta akses”? atau mungkin sebaliknya, ketika orang lain ingin mengakses file Google Drive kamu, tetapi terkunci dan terdapat tulisan “minta akses”? Jika ya, berarti file tersebut tersetting hanya boleh diakses oleh pemilik file tersebut. Lalu bagaimana caranya untuk merubah akses tersebut? Berikut kami berikan cara-cara memberikan akses file Google Drive ke pengguna lain lewat PC dan HP, diantaranya:

1. Memberikan Akses File Google Drive Lewat PC

1. Pertama-tama silahkan kamu buka Google Drive kamu lewat browser, dan pastikan kamu sudah login akun Google kamu di browser tersebut

2. Jika sudah masuk ke Google Drive, silahkan klik kanan pada file yang ingin kamu beri akses. Lalu pilih “Dapatkan Link

3. Setelah itu, pilih “Dibatasi” lalu pilih “Siapa Saja Yang Memiliki Link

4. Setelah itu, jika kamu ingin memberikan link file tersebut ke orang lain, silahkan pilih “Salin Link”. Kamu bisa memberikan link tersebut lewat e-mail, WhatsApp, dll.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan peran orang lain yang bisa mengakses file kamu, apakah mereka hanya bisa melihat-lihat saja, atau bisa memberikan komentar, ataupun bisa mengedit file tersebut. Caranya adalah:

Setelah kamu mengaktifkan akses file (Langkah ke-4). Disebelah kanannya, pilih “Pengakses lihat-Saja”. Jika kamu ingin memberikan akses komentar, maka pilih “Pemberi Komentar”. Jika kamu ingin memberikan akses editor, maka pilih “Editor”. Jika sudah pilih “Selesai”.

2. Memberikan Akses File Google Drive Lewat HP

1. Pertama-tama, silahkan buka aplikasi Google Drive di handphone kamu, jika belum ada silahkan install lewat Google Play Store atau App Store

2. Jika sudah masuk, pilih ikon “titik tiga” yang berada di pojok kanan atas file yang ingin kamu beri akses

3. Setelah itu, pilih “Kelola Orang dan Link

4. Setelah itu, pilih hak akses orang lain terhadap file kamu, pilih “Pengakses Lihat-Saja” jika ingin orang lain hanya melihat-lihat saja, pilih ”Pemberi Komentar” jika ingin orang lain bisa memberikan komentar, dan pilih “Editor” jika ingin orang lain bisa mengedit file tersebut

5. Jika ingin memberikan link file ke orang lain, silahkan pilih “Salin Link

6. Jika sudah selesai, silahkan keluar dan secara otomatis akses file tersebut telah berubah.

Cukup mudah bukan cara memberikan aksesnya? Sekarang kamu bisa memberikan akses kepada orang lain untuk mengakses file Google Drive kamu.

Google Drive
Komentar (0)
Tambah Komentar