Memberikan Komentar Pada Tulisan Google Docs

Memberi komentar pada catatan elektronik merupakan salah satu penting,kenapa begitu ? Karena di catatan elektronik bisa membuat komentar tapi terlihat lebih rapih, salah satu contohnya adalah fitur Google Docs yang bisa memberikan komentar pada tulisan / catatan tapi masih terlihat rapih dan tidak mengganggu catatan yang sesungguhnya.

Desktop

Buka Google Docs, tulis tulisan seperti biasa kemudian blok tulisan yang ingin diberi komentar, klik tanda tambah (+) pada toolbar diatas atau bisa dilakukan dengan cara menekan CTRL+ALT+M. Tulis komentar, lalu tekan tombol Komentari jika ingin menerapkannya.

gambar 1 cara beri komentar tulisan catatan google docs - rio bermano

 

Setiap tulisan yang diberi komentar akan di highlight, ketika tulisan yang berkomentar itu di klik maka daftar komentar (jika banyak) disamping akan membesar yang mengartikan bahwa komentar tersebut untuk tulisan yang sedang di klik.

Aplikasi Smartphone

Buka aplikasi Google Dokumen, blok tulisan yang ingin diberi komentar lalu pilih tanda tambah diatas (+) atau bisa dilakukan juga dengan cara memilih toggle menu pada menu popup (ketika memblok tulisan) dan pilih Beri Komentari. Tulislah komentar yang ingin disisipkan, lalu close bagian komentar untuk kembali menulis. Sekarang, tulisan yang diberi komentar akan di highlight. Jika di klik, akan muncul popup Lihat Komentar, klik untuk melihat komentar.

gambar 1 cara beri komentar tulisan catatan google docs smartphone - rio bermano

Apa Fungsinya ?

Mungkin ada yang bertanya-tanya soal manfaat dari komentar ini, sebetulnya ini sangat bermanfaat baik untuk sendiri ataupun tulisan grup. Contohnya untuk tulisan sendiri: Ketika ada kata-kata yang kurang dipahami, bisa diberikan penjelasan berupa komentar seperti tadi, jadi nanti pembaca tidak perlu bertanya lagi kepada penulis jika ada yang tidak dimengerti, atau bisa juga komentar itu untuk diri sendiri. Jika untuk grup, tentu sangat bermanfaat misalnya penulis A ingin memberikan pesan kepada penulis B maka perlu memberikan komentar saja pada tulisan sebelum dikirimkan ke penulis B, sehingga penulis B bisa mengetahui apa yang harus dilakukan.

Biasanya fitur komentar ini digunakan untuk memberika ncatatan / tugas tambahan kepada penulis lainnya, penulis lain juga bisa membalas komentar tersebut dan menandainya sebagai “Selesai” (artinya tugas tersebut sudah selesai).

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi