Cara Memberikan Password pada Dokumen Microsoft Word Tanpa Aplikasi Tambahan

Microsoft Word merupakan salah satu program aplikasi yang paling sering digunakan orang jika mereka menggunakan PC ataupun Laptop. Microsoft Word sendiri merupakan produk keluaran Microsoft yang tergabung didalam Microsoft Office bersama Microsoft PowerPoint, Microsoft Excel, Microsoft Outlook, Microsoft OneNote, Microsoft Publisher, Microsoft Access.

Di dalam Microsoft Word kamu bisa membuka dokumen berjenis .doc. Selain membuka dokumen, kamu juga bisa membuat dan menyunting dokumen tersebut. Biasanya orang menggunakan Microsoft Word jika mereka ingin membuat dokumen untuk berbagai keperluan seperti mengerjakan tugas, ataupun untuk bekerja.

Fungsi dari Microsoft Word sendiri juga tidak sebatas untuk mengolah kata saja. Kamu juga bisa melakukan fungsi lain seperti menghitung bahkan sampai mengoreksi kata-kata yang tidak tepat. Karena Microsoft Word juga memiliki fitur seperti pemeriksaan ejaan, pemeriksaan tata bahasa, pemformatan teks dan font, dukungan HTML, dukungan gambar, tata letak halaman lanjutan, dan masih banyak lagi. Namun, fungsi yang paling sering digunakan orang adalah membuat dokumen seperti laporan, surat, artikel, jurnal, dan lain sebagainya.

Terkadang kamu juga membuat dokumen yang penting di Microsoft Word, namun kamu takut jika dokumen tersebut dilihat orang, jika PC ataupun Laptop kamu sedang dipinjam orang. Memberikan perlindungan terhadap dokumen Microsoft Word sangatlah penting apalagi isi dari dakumen tersebut sangat rahasia. Nah salah satu cara untuk memberikan perlindungan tersebut adalah dengan mengggunakan password untuk memproteksi sebuah dokumen yang kamu anggap penting sehingga orang lain tidak dapat membuka dokumen tersebut dengan seenaknya.

Microsoft Office telah memberikan layanan dan fasilitas untuk memberikan perlindungan terhadap data dari dokumen tersebut dengan memberi password pada dokumen. kebanyakan orang tidak tahu cara ini dan sehingga mereka menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menguncinya, sehingga kita harus mengistall aplikasi terlebih dahulu jika ingin mengunci sebuah dokumen.

Terdapat dua cara yang diberikan oleh Microsoft Word untuk mengunci dokumen kamu. Dan kedua cara tersebut bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Buat kamu yang belum tahu cara mengunci dokumen di Microsoft Word, berikut kami berikan langkah-langkah untuk mengunci dokumen tersebut, diantaranya adalah:

Menggunakan Protect Document

1. Pertama-tama silahkan buka dokumen yang ingin kamu kunci, lalu pilih menu File

2. Pada tab Info, pilih Protect Document, lalu pilih Encrypt with Password

3. Lalu silahkan masukkan Password yang kamu inginkan, lalu klik Ok. Kamu akan diminta kembali memasukan Password yang sama, isi kembali mengggunakan Password yang sama, lalu klik Ok

4. Jika berhasil maka kamu akan melihat warna kuning pada bagian Protect Document. Silahkan klik Save untuk menyimpan perubahan, lalu keluar

5. Dan ketika kamu membuka kembali dokumen tersebut, kamu harus memasukkan Password yang telah kamu pasang untuk mengakses dokumen tersebut.

Menggunakan Save As

1. Pertama-tama silahkan buka dokumen yang ingin kamu kunci, lalu pilih menu File

2. Lalu pilih Save As

3. Lalu pilih lokasi penyimpanan yang kamu inginkan

4. Sebelum kamu menyimpannya, klik Tools disebelah tulisan Save. Lalu pilih General Options

5. Lalu ketikkan Password yang kamu inginkan di kolom Password to open, lalu klik Ok

6. Kamu akan diminta kembali memasukkan Password yang sama untuk konfirmasi, silahkan masukkan Password yang sama lalu klik Ok

7. Lalu silahkan klik Save untuk menyimpan perubahan.

Cara Menghilangkan Password

Jika kamu ingin menghilangkan Password yang tersimpan dan ingin mengembalikannya seperti semula, maka kamu harus ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka kembali dokumen tersebut dan masukkan Passwordnya, jika sudah terbuka klik menu File

2. Pada tab Info, pilih Protect Document, lalu pilih Encrypt with Password

3. Silahkan kosongkan atau hapus Password pada kolom tersebut, lalu klik Ok

4. Jika berhasil maka warna kuning pada Protect Document sudah hilang dan kembali ke warna putih. Silahkan klik Save untuk menyimpan perubahan.

Nah, itulah cara memberikan Password pada dokumen di Microsoft Word beserta cara menghapus Password nya. Jika kamu memiliki dokumen penting di Microsoft Word, untuk mencegah orang lain melihatnya, kamu bisa melakukan salah satu dari dua cara diatas, selamat mencoba.

Microsoft WordPassword
Komentar (0)
Tambah Komentar