Cara Memberikan Review di Google Maps

0

Google Maps menawarkan 1 terabyte (TB) ruang drive gratis di cloud Google Drive, paket peningkatan yang biasanya seharga $9,99 per bulan, sebagai imbalan atas ulasan bisnis lokal bagi Local Guide. Google Maps kini telah memperluas fitur “Local Guide” di aplikasinya melalui program insentif, “yang memberimu kesempatan untuk membagikan penemuanmu langsung ke peta, membuatnya lebih berguna bagi semua orang,” jelas Google di blognya. Dengan fitur ini, Google Maps akan bersaing dengan aplikasi lain seperti Yelp, TripAdvisor, dan lainnya yang menawarkan rekomendasi dan ulasan tentang restoran dan atraksi lokal.

Melansir CSMonitor, “langkah ini pada dasarnya adalah upaya Google untuk menyelesaikan tugas besar (yaitu) mengumpulkan informasi tentang ribuan restoran lokal kepada orang-orang,” jelas Ethan Wolff-Mann dari Time. “Seperti yang ditunjukkan Wikipedia, ribuan sukarelawan yang bekerja sama mengumpulkan informasi bisa sangat efisien.”

Perusahaan map dan travel lainnya menghasilkan jutaan – atau bahkan, miliaran – untuk menerbitkan ulasan lokal di aplikasinya. “Internet memungkinkan pengalaman konsumen yang teragregasi,” Laurent Crenshaw, Direktur Kebijakan Publik Yelp, mengatakan kepada Asosiasi Teknologi Konsumen.

ads by posciety

Tetapi Google telah memutuskan untuk menghabiskan sejumlah uang untuk memberi penghargaan kepada pengulas, daripada mengikuti “model bisnis ajaib” yang diikuti oleh TripAdvisor dan yang lainnya. Persaingan dari Apple Maps dan aplikasi yang sudah ada sebelumnya membuat peluncuran produk serupa menjadi permainan yang berbeda untuk Google.

“Dengan menambahkan hadiah nyata untuk Local Guide, Google telah membeli programnya – dan dengan ekstensi Google Maps – konsep yang jauh lebih menarik,” tulis Rich McCormick di The Verge.

Dan itu tidak akan mudah, karena pengguna harus berusaha keras untuk mendapatkan ruang penyimpanan drive gratis bersama dengan akses awal gratis lainnya, yang diuraikan dalam hierarki program Google Local Guide. Mekanismenya seperti ini, saat pengguna berkontribusi lebih banyak ulasan dan foto, mereka akan mendapatkan lebih banyak poin dan menaiki sistem lima tingkat, dengan keuntungan yang semakin banyak di tiap tingkatan atau levelnya.

Salah satu cara untuk mendapatkan poin dan naik level adalah dengan memberikan review atau ulasan tempat. Nah, untuk kamu yang ingin berkontribusi di Google Maps, silahkan mengikuti cara memberikan review di Google Maps dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Maps di Android, lalu pilih “Contribute” di barisan menu di bawah layar.
  • Selanjutnya, halaman opsi kontribusi akan muncul. Diantara berbagai opsi, pilih “Write Review” atau “Tulis Ulasan”. Perlu diingat, untuk bisa menuliskan review, pastikan kamu telah menyalakan Google Location Service, ya.
  • Di sini, kamu akan dibawa ke peta lokasi terdekat denganmu. Kamu dapat langsung memilih tempat atau mencari tempat untuk diulas.
  • Terakhir, berikan rating (pilih bintang) tentang tempat tersebut. Kamu dapat menyertakan teks dengan menulis ulasan di kolom dibawahnya (maupun tanpa teks ulasan juga bisa) dan foto (boleh tanpa foto), lalu pilih “Post” di pojok kanan atas untuk mempublikasikannya.

Selesai!

Bergabung dengan program Local Guides cepat dan mudah, sehingga kamu dapat memperoleh poin dan manfaat dari kontribusi yang kamu berikan hanya dalam hitungan menit (meski webnya menyebutkan perlu waktu hingga 24 jam agar poinnya muncul di profilmu).

Kini terbukti bahwa pencarian lokal lebih penting daripada sebelumnya. Dikutip dari blog Bright Local, ada banyak statistik yang mendukung pernyataan ini, seperti fakta bahwa 46% dari semua pencarian Google dilakukan dengan tujuan untuk menemukan informasi lokal. Dan tidak mungkin untuk menyangkal bahwa konten yang dibuat pengguna (UGC) dengan cepat menjadi semakin penting dengan latar belakang hal ini, dengan kumpulan data yang berkembang menunjukkan bahwa review pengguna telah menjadi alat penting dalam proses pengambilan keputusan.

Dalam lanskap online ini, Google Local Guide telah mengambil relevansi baru. Kalau kita mundur selangkah sebelum masuk ke Google Local Guides, kita akan menemukan peran yang dibuat oleh pengguna dalam hal kepuasan pelanggan dan jiwa pengguna online sangat relevan dengan konsep Local Guides secara keseluruhan.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Salesforce, konten yang dibuat oleh pengguna sudah menunjukkan peran pentingnya sejak tahun 2016. Dilaporkan bahwa halaman dengan konten dari pengguna telah memberikan manfaat termasuk diantaranya, peningkatan 90% dalam waktu yang dihabiskan di situs, 50 % peningkatan rasio keterlibatan, peningkatan 73% dalam klik-tayang email, dan peningkatan konversi sebesar 10%.

Itulah sekilas berbagai manfaat yang dirasakan banyak pihak pengguna Google Maps dari konten yang dibuat oleh sesama penggunanya. Kita juga telah mengulas cara memberikan review di Google Maps baik dengan teks maupun tanpa teks yang dapat membantumu untuk berkontribusi di dalamnya. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya