Membuat Halaman Kustom 404 Situs Web di cPanel

Halaman Buntu, Tampilan Menarik

Apasih 404 itu ? Apa ada yang lain lagi selain 404 ? Sedikit penjelasan sebelum kita mulai tutorialnya, 404 page merupakan halaman yang menggantikan artikel atau postingan atau sebuah laman (yang jelas url) dari domain yang dituju jika tidak ditemukan.

Misalnya dulu kalian pernah buat url https://www.posciety.com/contoh-laman-untuk-404 dengan judul “Cara Membuat Halaman 404” dan sekarang postingan itu sudah dihapus / permalink nya diganti, artinya pengunjung yang mengunjungi link tersebut akan dialihkan ke halaman 404 sebagai pengganti atau pemberitahuan kepada pengunjung bahwa link tersebut tidak ada alias tidak ditemukan di domain riobermano.com.

Apa Lagi Selain 404 ?

Masih banyak lagi, yang lebih sering ditemukan sih biasanya 502, 400, 500, 403 dan masih banyak lagi. Nanti kalian bakal tau kalo ikuti tutorial dibawah.

Pada dasarnya atau secara defaultnya halaman 404 itu sudah otomatis dibuat oleh cPanel yang kita gunakan / jenis hosting yang kita gunakan. Tapi namanya default kan biasanya polos aja. Misalnya cuma nampilan angka 404 di bagian tengah, udah gitu aja. Semua hosting pasti punya halaman error seperti ini secara defaultnya tapi masing-masing hosting mungkin berbeda gaya tampilannya.

Catatan! Langkah-langkah ini untuk web sendiri bukan CMS (misalnya WordPress), karena kalo pakai CMS itu biasanya sudah dibuatkan halaman 404nya kalian tinggal edit aja di halaman tersebut misalnya di 404.php.

Kalo membuat website sendiri kemudian di upload ke hosting, ketika kalian ikuti langkah dibawah ini maka akan muncul secara otomatis ketika di klik “Save“. Jadi, membuat halaman ini harus paham HTML CSS dasarnya, biar agak keren halaman yang kalian buat. Lihat disini untuk mengetahui dasar HTML dan klik disini untuk belajar dasar HTML.

Pertama, masuk ke cPanel seperti biasa kemudian cari bagian “Advanced“, terdapat beberapa pilihan silahkan pilih “Error Pages“. Setelah itu silahkan tentukan domain mana yang mau kalian buat halaman 404nya, setelah dipilih domainnya sekarang klik di bagian menu “404” (kalo mau merubah halaman 404). Kalian bisa juga pilih halaman yang lain dan caranya bakal sama seperti cara ini tidak berbeda jauh.

Kalo gak nemu menu 404, kalian bisa klik tab menu yang dikasih tanda panah “Show All HTTP Error Status Code” maka akan muncul semua code error. Setelah di klik menu 404nya, sekarang kita mulai ! Kalo baru pertama alias belum pernah bikin/edit halaman 404 ini, maka tampilannya akan kosong melompong bersih.

Sekarang tinggal buat dengan HTML dan CSS atau script lainnya, kalian bisa juga cukup menuliskan tulisan biasa / text tapi nanti hasilnya ya biasa aja… Kalo mau lebih bagus ya kalian harus buat sebagus mungkin. Setelah itu kalian klik “Save”  dibawah dan sekarang halaman 404 yang kalian buat sudah berhasil. Cek aja link yang gak ada di website kalian, nanti bakal kebuka halaman 404 page yang baru saja kita buat (lihat gambar).

Kalian bisa edit kapanpun kalian mau, tinggal kesini lagi aja dan setelah edit jangan lupa klik “Save” untuk mempublikasikan.

Perhatian! Jangan delete file 404.shtml karena setelah kita buat halaman 404 secara otomatis di hosting kalian bakal muncul file 404.shtml. Kalo dihapus maka akan kembali lagi ke halaman 404 default.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara membuat halaman 404 tidak ditemukan kustom via cPanel.

Mau tau apa aja fungsi tag insert diatas untuk “Error Pages” ? Klik disini penjelasan rinci tentang tag insert arti dan fungsinya.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi