Addon Domain di cPanel

Menambahkan Addon Domain via cPanel

Untuk mendaftarkan Addon Domain pada hosting yang kalian miliki sekarang tentu perlu memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu sebelum dapat mendaftarkan dan menggunakan Addon Domain tersebut.

  1. Pastikan kalian sudah berhasil membeli domain tersebut
  2. Pastikan domain yang akan dijadikan addon domain tersebut telah terdaftar dan aktif, jika belum silahkan hubungi domain provider
  3. Pastikan konfigurasi DNS telah selesai (diarahkan ke hosting dimana kalian akan menggunakan domain tersebut)
  4. Pastikan hosting yang kalian gunakan mengizinkan / memilliki fitur Addon Domain, karena pada beberapa paket hosting fitur addon domain ini ditiadakan

Jika poin-poin diatas telah terselesaikan, mari lanjut ke langkah berikutnya.

Silahkan masuk ke cPanel nya seperti biasa kemudian pilih Addon Domain pada tab Domains maka akan diarahkan ke halaman pembuatan / pendaftaran Addon Domain. Tersedia beberapa bidang yang perlu diisi:

New Domain Name

Silahkan isi dengan domain yang sudah dibeli dan ingin dijadikan Addon Domain. Cukup masukkan domain saja misalnya mural1st.com.

Subdomain

Bidang ini akan secara otomatis terisi / generate name dari nama domain yang diisi dibidang sebelumnya diatas, misalnya tadi diatas diisi dengan mural1st.com maka bagian ini secara otomatis berisi “mural1st“.

Subdomain ini maksudnya adalah nama folder yang akan menyimpan semua data dari Addon Domain ini nantinya, jadi misalnya kalian memiliki domain utama riobermano.com (ini domain utama maka berada di public_html) maka didalam public_html ini nanti akan terdapat folder mural1st.

Jika ingin merubah nama folder ini silahkan saja tapi formatnya tanpa spasi dan huruf kecil saja seperti format URL. SEBAIKNYA gunakan saja sesuai nama Addon Domain, karena pada beberapa kasus selalu terjadi crash antara pembacaan domain dan direktori domain.

Document Root

Adalah letak penyimpanan folder Addon Domain ini, misalnya ingin menyimpannya di dalam public_html maka cukup tulis public_html/mural1st atau jika ingin sejajar dengan domain utama maka simpanlah diluar public_html jadi cukup isi dengan nama foldernya saja misalnya mural1st.

Tapi pada awal 2017 cPanel mengumumkan pembaruan tentang folder-folder Addon Domain & Subdomain, cPanel akan meyimpan folder-folder tersebut didalam public_html secara otomatis dan secara paksa untuk beberapa jenis hosting. Jadi, saya sarankan untuk membiarkannya default pada bidang ini.

Klik tombol Add Domain untuk menyimpan domain ini sebagai Addon Domain hosting kalian atau bisa langsung buat akun FTP sekalian dengan centang kotak Create an FTP Account with this Addon Domain. Jika memang ingin membuat akun FTP untuk Addon Domain ini silahkan isi bidang-bidang yang muncul ketika kotak dicentang dan setelah selesai silahkan klik tombol Add Domain.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara membuat Addon Domain di cPanel.

Berhasil! Sekarang di hosting ini terdapat addon domain yang bisa kalian gunakan, silahkan kunjungi folder yang tadi sudah dibuat apakah sudah ada atau belum. Jika belum ada, mungkin terjadi kekeliruan pada jaringan / saat pembuatan / silahkan tunggu sebentar sampai folder tersebut muncul. Tapi biasanya dalam pembuata Addon Domain ini tidak perlu menunggu akan langsung berhasil muncul dan bisa digunakan.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi