Akun Google

Ayo Daftar Email Google Sekarang !

Google memiliki fasilitas email yang disebut Google Mail atau lebih dikenal dengan GMail, dengan Gmail ini kita dapat menyimpan berkas-berkas email baik itu berupa file / email masuk bahkan email draft dan email terkirim secara gratis sampai 15GB (max).

Pertama-tama, silahkan ketikkan “accounts.google.com/SignUp” pada browser atau klik disini maka akan muncul formulir pendaftaran akun Google. Seperti yang kita ketahui, setelah beberapa tahun kebelakang Google memperbarui sistem akun nya yaitu setiap akun Google dapat digunakan untuk semua produk Google maka ketika kalian mendaftar seperti ini tidak hanya fasilitas GMail saja yang didapatkan tapi semua produk Google bisa kalian gunakan dengan satu akun saja yaitu akun yang sekarang akan kalian daftarkan pada formulir pendaftaran ini.

Pada formulir ini terdapat beberapa kolom yang required alias wajib diisi dan ada juga yang yang dapat dikosongkan. Silahkan isi data pendaftaran kalian pada formulir ini. Rasanya tidak lengkap artikel ini jika saya tidak berikan contoh & sedikit pemahaman tentang pengisian formulir ini, kalian bisa lihat contoh pengisian formulir yang benar seperti ini:

NAMA

Pada bagian nama ini terdapat 2 kolom yaitu Nama Depan & Nama Belakang. Kalian dapat mengisi semuanya atau hanya salah satu (jika memiliki nama dalam 1 kata saja contoh: Assakinah), Tapi kolom ini adalah required maka jika kalian hanya ingin mengisi satu kolom nama saja silahkan pada kolom yang satunya lagi berikan SPASI. Dengan spasi tentu akan tetap terlihat kosong.

USERNAME

Pada kolom Choose your username (jika kalian menggunakan bahasa Inggris) atau Pilih nama pengguna Anda (jika kalian menggunakan bahasa Indonesia) silahkan masukkan username / nama pengguna yang diinginkan yang mana nama pengguna ini akan menjadi alamat email kalian ketika ditambah @gmail.com di akhirnya. Tapi pada penulisan username ini tidak perlu kalian tulis @gmail.com karena sudah tersedia langsung dibelakangnya, jadi kalian cukup menuliskan username saja (contoh: tutorialriobermano). Dalam penulisan username ini minimal karakter adalah 6 dan maksimalnya 30, penulisannya pun hanya diperbolehkan berupa huruf, angka dan titik (tidak bisa menggunakan spasi atau icon).

Dalam pembuatan akun Google ini juga bisa menggunakan email yang kalian miliki (sudah terdaftar), caranya kalian cukup klik tulisan Saya lebih suka menggunakan alamat email saya yang sekarang (jika kalian menggunakan bahasa Indonesia) yang berada tepat dibawah kolom Username tadi. Ketika kalian pilih ini, maka kalian tidak perlu menentukan username baru untuk akun baru ini tapi cukup masukkan email yang sudah kalian punya. Dan email ini dapat berasal dari email selain Google misalnya Yahoo.

Jika kalian memilih untuk menggunakan email / username baru maka kalian diharuskan memilih username yang belum tersedia, jika username yang kalian pilih sudah tersedia maka akan muncul peringatan berwarna merah dibagian bawah kolom ini yang menjelaskan bahwa username sudah ada yang menggunakan dan silahkan pilih username baru bahkan biasanya akan ditampilkan saran username yang disarankan oleh Google untuk akun baru kalian.

Kata Sandi

Dalam pembuatan kata sandi ini hanya diperbolehkan minimal 8 karakter (tidak bisa kurang). Dan pesan dari Google bahwa dalam pembuatan kata sandi ini jangan yang terlalu mudah ditebak misalnya: Tanggal Lahir atau kata sandi yang sudah digunakan di situs lain. Ketika kalian mengetikkan kata sandi akan muncul layar popup kecil disebelah kiri kolom ini yang menunjukkan tingkat kekuatan kata sandi yang kalian masukkan. DISARANKAN kalian memasukkan kata sandi dengan kekuatan RUMIT / berwarna hijau.

Konfirmasi Kata Sandi

Kolom ini hanya untuk memastikan bahwa dalam pengetikkan / pembuatan kata sandi diatas kalian tidak mengalami kesalahan pengetikkan huruf jadi kalian perlu konfirmasi / ketik ulang kata sandi yang baru saja kalian masukkan di kolom Kata Sandi. Silahkan masukkan lagi dikolom ini dan harus sama 100%.

Tanggal Lahir

Ada 3 kolom dibagian ini yang mana satu diantaranya merupakan menu tarik-turun yang menampilkan nama-nama bulan yang bisa kalian pilih bulan apa kalian dilahirkan. Pada kolom pertama adalah Tahun, silahkan isi dengan angka yang menyebutkan tahun berapa kalian dilahirkan (contoh: 1992). Kolom terakhir adalah Tanggal yang perlu kalian isi dengan angka yang menyebutkan tanggal kalian dilahirkan (misalnya 02 atau 29).

Hati-hati dalam pengisian Tanggal Lahir ini, karena Google memiliki persyaratan yang membatasi usia minimal untuk memiliki akun Google ini. Berikut ini batasan usia per negara:

  • Amerika Serikat : 13tahun
  • Belanda : 16tahun
  • Korea Selatan : 14tahun
  • Spanyol : 14tahun
  • Negara lainnya : 13tahun

Jika kalian masih dibawah umur yang ditentukan oleh Google pada negara tempat kalian tinggal maka tidak akan bisa membuat akun Google. Dan perlu hati-hati juga dalam pengisian tanggal lahir walaupun kalian memenuhi syarat umur karena pada beberapa kasus, ada saja akun yang tiba-tiba di nonaktifkan oleh Google karena ketahuan terdapat kesalahan tanggal lahir alias palsu.

Gender

Pada bagian ini terdaapat menu tarik-turun dengan 3 pilihan yang mendeskripsikan jenis kelamin kalian yaitu: Pria, Wanita & Lainnya. Silahkan pilih jenis kelamin kalian dengan benar.

Ponsel

Pada bagian ini hanya dapat diisi dengan angka yaitu nomor HP kalian. Silahkan masukkan nomor telepon selular kalian dengan format tanpa menyebutka diawali angka 0 (nol) karena sudah ada kode negara yang otomatis muncul sesuai negara yang kalian pilih. Pada bagian sebelah kirinya terdapat gambar bendera negara di dunia, silahkan pilih negara tempat nomor ponsel kalian tedaftar (contoh: saya pilih bendera negara Indonesia maka akan otomatis muncul kode negara Indonesia yaitu +62 disebelah kanannya) maka kalian cukup lanjutkan dengan nomor kalian saja (contoh: 857222*****).

Kolom ini tidak wajib, jadi bisa dibiarkan kosong. Tapi disarankan agar diisi agar akun kalian lebih aman dan mudah mengembalikannya jika lupa kredensial masuk.

Alamat Email Saat Ini

Bidang ini sama dengan Nomor Ponsel diatas, tidak wajib maka dapat dikosongkan. Fungsinya email ini adalah sebagai email cadangan / pemulihan atau yang biasa disebut Recovery Email. Ketika kalian lupa untuk masuk ke akun email baru ini maka akan dikirimkan kredensial masuknya ke Recovery Email. Recovery Email dapat diisi dengan email selain dari Google (contoh: Yahoo).

Lokasi

Bagian ini terdapat menu tarik-turun yang menampilkan nama-nama negara di dunia yang bisa kalian pilih di negara mana kalian tinggal. Biasanya bagian ini otomatis terisi dari hasil deteksi lokasi perangkat kalian.

Setelah yakin dengan data yang di input, selanjutnya silahkan klik tombol biru dibawah yang bertuliskan “Langkah Berikutnya” untuk menuju langkah berikutnya. Tapi ketika di klik akan tampil layar kecil di tengah-tengah layar yang menyebutkan dan menjelaskan tentang halaman Privasi & Persyaratan dari pembuatan akun Google ini.

Kalian bisa baca-baca isi dari halaman popup ini lalu scroll kebawah dan klik tombol “Saya Setuju” untuk menyelesaikan pendaftaran ini. Klik tombol Batal jka dirasa perlu mengedit data yang barusan diisi.

Setelah klik Saya Setuju, maka akan diarahkan ke halaman GMail awal, dimana sedikit penjelasan / tour yang disediakan oleh Google untuk pemilik akun baru. Kalian dapat mengikuti tour nya atau klik Lewati jika ingin melewati tour.

Please keep in mind, penjelasan ini saya praktekan dengan pembuatan yang dilakukan menggunakan browser PC / Laptop, mungkin pada smartphone akan banyak perbedaan cara pembuatannya. Dan artikel ini ditulis pada hari ini, mungkin beberapa waktu kedepan akan ada sedikit / banyak perubahan yang dilakukan oleh Google yang membuat penjelasan ini seperti tidak bermutu. Silahkan berikan komentar jika ada pembaruan Google untuk pembuatan email baru seperti ini yang saya lewatkan.

Masih bingung ? Lihat: Video tutorial cara membuat akun GMail.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi