Diingetin Terus Sama Google Keep

Setiap smatphone sudah memiliki alarm nya masing-masing, bawaan dari pabriknya. Tapi alarm tersebut biasanya hanya berupa alarm pengingat saja, ketika memerlukan pengingat dengan catatan / gambar / suara / media lainnya, kita bisa gunakan aplikasi pihak ketiga seperti Google Keep. Seperti yang pernah saya jelaskan di postingan sebelumnya tentang Google Keep, kita dapat membuat catatan tulisan ataupun catatan yang disertai media dengan mudah dan praktis.

Selain itu, Google Keep juga punya fitur pengingat / alarm yang dapat dimanfaatkan untuk mengingatkan sesuatu seperti layaknya alarm. Tapi Google Keep memiliki fitur lebih, pengingat yang dibuatnya bisa dilengkapi dengan catatan dan catatan tersebut sangat bisa dikustomisasi. Jadi, pengingat akan muncul beserta catatan. Ini sangat bermanfaat untuk saya ketika ada jadwal meeting pekerjaan, saya jadi diingatkan untuk membawa apa saja di dalam catatan tersebut.

Membuat Pengingat Google Keep

Langsung aja kita bahas cara membuatnya, seperti yang kita ketahui Google Keep dapat diakses lewat aplikasi dan browser. Mari kita bahas satu persatu:

Smartphone

  • Buka aplikasi Google Keep
  • Klik toggle menu >> pilih Pengingat, atau bisa juga buat catatan seperti biasa kemudian klik ikon jari diatas kanan untuk menentukan waktu
  • Setelah masuk ke pengingat, mulai lah mengetik catatan dibagian bawahnya. Setelah mencatata, jangan lupa ketuk ikon jari dibagian atas kanan, maka akan muncul layar popup untuk menentukan waktu.
  • Pengingat Google Keep bisa ditentukan dengan waktu atau tempat, silahkan pilih sesuai keperluan.

Jika memilih waktu, maka ketika tiba waktunya akan muncul pengingat ini. Jika memilih tempat, ketika smartphone terdeteksi berada di tempat yang ditentunkan, pengingat akan muncul.

  • Jangan lupa klik Simpan untuk menyimpan pengaturan

Tunggu sampai pengingat itu muncul dibagian bar atas seperti layaknya pemberitahuan / notifikasi aplikasi.

Desktop

  • Kunjungi Google Keep https://keep.google.com
  • Klik menu Pengingat
  • Mulai buat sebuah catatan

Pada bagian bawah dari catatan akan secara otomatis menampilkan waktu yang disarankan sebagai pengingat, klik pada waktu tersebut untuk mengaturnya. Silahkan tentukan kapan ingin mendapatkan pengingat. Selain waktu, pengingat Google Keep juga bisa ditentukan dengan tempat, klik back ketika memilih waktu kemudian klik Pilih Tempat untuk mulai memilih tempat.

Setelah selesai, klik Simpan. Silahkan tunggu sampai pengingat itu tampil sesuai pengaturan diatas. Pada desktop / laptop, pengingat akan muncul dibagian abwah layar selayaknya push notification. Jadi, silahkan izinkan / Allow Google Keep untuk mengirim push notification.

Catatan: Baik smartphone maupun desktop, perlu memberi izin lokasi dan pemberitahuan agar pengingat Google Keep dapat berjalan dengan baik.

Itulah bagaimana cara membuat pengingat di Google Keep, keuntungan dari Google Keep sendiri adalah memiliki catatan yang dapat kita baca ketika pengingat itu muncul. Tapi kekurangannya saat ini Google Keep belum bisa bekerja seperti alarm yang mengeluarkan bunyi selayaknya alarm “bangun pagi“.

Ketika pengingat Google Keep muncul, klik pengingat tersebut maka akan diarahkan ke catatan bersangkutan. Klik Selesai / tanda centang jika catatan tersebut dianggap sudah selesai dan akan ditandai sebagai telah selesai.

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...