5 Langkah Mudah Membuat Blog Menggunakan WordPress

Di era modern seperti ini hampir semua hal memiliki presensi online dalam bentuk website ataupun blog, mulai dari profil perusahaan, portfolio online sampai sekedar menyimpan catatan-catatan harian di dalam sebuah blog. Dari dulu juga sudah identic bahwa untuk membuat blog gunakan saja blogspot dan untuk membuat website butuh pengetahuan lebih khususnya pemrograman PHP.

Ternyata, fakta tersebut sudah tidak relevan untuk jaman sekarang. Anda bisa membangung blog dengan mudah menggunakan WordPress. Yang dimaksud WordPress disini bukanlah platform blogging dengan subdomain wordpress.com, tapi sebuah CMS (content management system) yang bisa Anda manfaatkaan baik itu untuk membuat blog berisi catatan harian Anda ataupun sebuah website seperti profil perusahaan. Berikut langkah-langkah membangun blog atau website dengan mudah:

Pilih Hosting dan Nama Domain

Hosting adalah tempat yang nantinya digunakan untuk menyimpan file website kita, sehingga web kita bisa diakses secara online. Sedangkan nama domain adalah alamat website yang biasa kita akses di internet, semisal nama domain Anda adalah posciety.com. Ada banyak penyedia layanan hosting di Indonesia, salah satu yang saya rekomendasikan adalah Niagahoster.co.id.

Niagahoster adalah salah satu penyedia layanan hosting yang memiliki reputasi baik khususnya di Indonesia. Selain menawarkan hosting murah, Niagahoster juga dikenal dengan kualitas hosting dan pelayanannya yang sangat baik sehingga membuatnya menjadi salahsatu penyedia layanan hosting dan domain terbaik di Indonesia. Tersedia juga server local, ini merupakan poin penting jika blog atau website Anda ingin memiliki kecepatan lebih saat diakses oleh orang-orang Indonesia. Niagahoster juga memberikan nama domain gratis dan sertifikasi SSL untuk website, ketika melakukan pembelian 1 tahun dan mengikuti promo-promo khusus lainnya.

Memulai Instalasi WordPress

Secara singkat, untuk menginstall WordPress dapat dilakukan dengan sangat mudah menggunakan layanan Softaculous. Dengan layanan ini Anda cukup mengisikan sedikit informasi terkait web yang akan Anda buat dan Softaculous akan menyelesaikan sisanya.

gambar 1 - klik WordPress di Softaculous

Setelah memasukan data-data yang diperlukan, akhiri dengan menekan tombol Install Now.

Konfigurasi Awal Blog WordPress

Login ke halaman admin dengan menambahkan /wp-admin dibelakang nama domain, misal: https://www.posciety.com/wp-admin/, masukkan username dan password kemudian klik tombol Log In.

Pada versi Softaculous terbaru, cukup klik link dasbor yang diberikan setelah instalasi WordPress selesai. Ini akan lebih mudah untuk login pertama kali ke dasbor WordPress.

Hapuslah page, post dan komentar bawaan karena tidak akan kita gunakan kedepannya. Konten-konten tersebut hanyalah konten contoh (dummy) dan sebaiknya Anda memuat konten yang baru dan real. Hapus juga tema (theme) dan plugin yang tidak terpakai, hapus semua yang tidak digunakan agar server hosting Anda tidak berat dan disk juga tidak penuh.

Yang lumayan penting adalah mengubah permalink postingan dengan masuk ke menu Settings -> Permalink. Saya sarankan ubah pilihan menjadi opsi Post Name, opsi ini lebih banyak digunakan dan lebih mudah diingat.

Install Tema WordPress yang Sesuai

Tema dibutuhkan untuk memberikan dan menentukan tampilan sebuah blog WordPress, Mengatur tema sangat besar pengaruhnya terhadap tampilan blog Anda, saya sarankan pilihlah tema yang responsive dan mobile friendly.

Saat pertama kali menginstall WordPress, template standar akan dipakai secara otomatis. Jika tidak menyenangi tampilan standar, ubahlah tema dari menu Tampilan > Tema. Carilah tema yang sesuai dengan kebutuhan, tidak hanya bagus tampilannya saja !

gambar 2 - cara install tema WordPress

Dari halaman ini Anda dapat mencari dan memilih tema yang ingin dipasang, jangan lupa untuk mengaktifkan tema dengan cara menekan tombol Activate / Aktifkan.

Memasang Plugin dan Konfigurasi Lanjutan

Plugin adalah sebuh tools atau fitur tambahan yang bisa dipasangkan ke dalam CMS WordPress tanpa harus bingung bagaimana membuatnya. Anda cukup mencari di direktori Plugin dan memasangnya dengan beberapa klik saja.

3 plugin yang direkomendasikan untuk membangun situs WordPress yang masih baru, diantaranya:

  • Yoast SEO, plugin ini digunakan untuk membantu mengoptimasikan kata kunci, meta tag, dan hal lainnya yang bersangkutan dengan SEO termasuk tampil di halaman pertama di hasil pencarian Google.
  • W3 Total Cache, plugin ini digunakan untuk membantu meningkatkan kecepatan situs melalui sistem caching.
  • Contact Form 7, plugin ini digunakan untuk menampilkan formulir (seperti formulir di halaman Kontak ) di situs WordPress.

Adapun konfigurasi yang disarankan adalah sebagai berikut:

  • Membuat halaman About (halaman yang mendeskripsikan tentang situs), Contact (halaman yang menampilkan informasi kontak), Privacy Policy (halaman yang menampilkan kebijakan privasi situs), dan Term and Condition (halaman yang menampilkan syarat & ketentuan situs).
  • Mengatur widget di sidebar, misalnya popular post atau daftar kategori & tag yang ada di situs.
  • Menambahkan logo di header.

Simpulan

Membuat blog ataupun website dapat Anda lakukan dengan mudah apalagi jika anda menggunakan layanan software Softaculous. Banyak tema yang dapat digunakan, tergantung kebutuhan situs.

Banyak penyedia hosting di luar sana, namun tidak sedikit juga yang kualitasnya kurang mampu memenuhi kebutuhan bisnis online Anda. Maka dari itu, penyedia hosting yang kami rekomendasikan dan dapat Anda percayai salahsatunya adalah Niagahoster.co.id dimana layanan pelanggan mereka sangat memuaskan, harga hosting murah dan banyak kelebihan lainnya.

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi