Dasar Database Localhost phpMyAdmin – XAMPP

Untuk membuat database di localhost alias database menggunakan phpMyAdmin di XAMPP, perlu menyalakan terlebih dahulu MySql nya di XAMPP control Panel. Buka Control Panel, pada bagian Module ada namanya MySql silahkan di nyalakan / Start. Nyalakan Apache untuk keperluan website nanti dan jangan lupa nyalakan MySql untuk keperluan database, seperti sekarang ini.

Disini saya menggunakan XAMPP versi 3.2.2, mungkin kalian akan sedikit berbeda tampilan dan caranya jika menggunakan versi yang jauh berbeda. Tapi secara keseluruhan, tujuannya sama dan caranya gak akan terlalu beda jauh.

Setelah kedua module itu dinyalakan, sekarang kita mulai membuat database. Tolong diperhatikan, disini saya hanya memberitahukan membuat dasar database saja (tidak termasuk table, dll.). Silahkan lihat artikel tutorial saya tentang Cara Membuat Table di Database dan Cara Insert Data di Table Database untuk lebih memahami database ini secara lebih jauh setelah selesai tutorial yang ini.

Sekarang buka browser, contohnya disini saya gunakan Google Chrome. Lalu ketikkan “localhost/phpmyadmin“. Sekarang tampilan browser akan menampilkan halaman phpMyAdmin.

Disini, pada tengah layar terdapat tab Appearance Setting ada pilihan Language. Kalian bisa ubah bahasa kalo memang perlu. Karena secara defaultnya yaitu bahasa Inggris. Kalo mau ubah bahasa bisa di klik menu tarik turun & pilih Bahasa Indonesia kalo mau ganti ke Bahasa Indonesia.

Mari lanjut ke tujuan, di menu sisi kiri ada tulisan “New” (kalo bahasa Inggris). Klik disitu untuk membuat database baru. Setelah d klik “New” tadi, maka tampilan akan seperti ini: (lihat gambar).

Pada kolom “Database name” isi nama database yang diinginkan, tidak menggunakan spasi. Lalu klik tombol “Create” yang diberi tanda panah pada gambar diatas. Disini saya contohkan memberi nama database nya “database_tutorial“. Setelah dibuat maka akan muncul database nya di menu samping kiri sesuai abjad.

Selesai, sekarang di localhost sudah ada database yang kalian buat. Seperti yang saya jelaskan diatas, tutorial ini hanya membuat dasar database saja. Untuk melanjutkan tutorial ini silahkan lanjutkan ke Cara Membuat Table di Database dan setelah itu lanjutkan ke Cara Insert Data di Database.

Masih bingung ? Lihat: Video tutorial cara membuat dasar database phpMyAdmin.

Selamat mencoba !

Kunjungi kategori Database untuk mempelajari lebih lanjut tentang database.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi