Cara Membuat Desain di Canva untuk Pemula

0

Jika kamu seorang entrepreneur yang menjalankan bisnis online, atau kamu suka dengan desain grafis meski bukan profesional, kemungkinan besar kamu pernah mendengar tentang “Canva”. Bahkan, jika kamu seorang mahasiswa atau pelajar yang sering mendapatkan tugas untuk mendesain, aplikasi ini mungkin sudah terdengar familiar bagimu.

Ya, Canva adalah platform desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan beragam contoh desain yang siap untuk digunakan.

Canva terdiri dari dua jenis layanan, yakni layanan gratis dan berbayar. Pada layanan berbayar, aplikasi ini menyediakan Canva Pro dan Canva for Enterprise. Selain itu, pengguna juga bisa membayar produk secara fisik untuk dicetak dan dikirimkan.

ads by posciety

“Lebih dari 437.000 desain kini dibuat di Canva setiap minggu, membuka pasar besar bagi desainer profesional untuk menjual tata letak yang dapat digunakan semua orang.” Jelas blognya saat meluncurkan marketplace untuk karya para desainer profesional di Canva.

Untuk lebih jelasnya, kita akan mengupas sedikit tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan Canva, sebelum masuk ke cara membuat desain di Canva untuk pemula. Kelebihannya antara lain:

• Ada ratusan template siap pakai yang bisa kamu kustomisasi sesuai keinginan.

• Buat akun gratis! Buka Canva, klik “Sign up” untuk membuat akunmu sendiri.

• Sangat user friendly dan intuitive, jadi sangat mudah menggunakannya bagi orang awam atau yang bukan profesional.

• Sangat mudah diakses, baik di PC kamu tinggal membuka webnya (tanpa perlu mendownload!) dan aplikasi Android yang bisa kamu download.

Sementara itu, disamping kelebihannya yang serba gratis, kekurangan dari menggunakan Canva antara lain:

• Desainmu kemungkinan sama dengan desain orang lain jika kalian menggunakan template yang sama.

• Ingat, ada beberapa hal teknis terkait legalitas saat menggunakan komponen tertentu di Canva untuk bisnis atau tujuan komersil. Maka, pelajari lebih lanjut sebelum kamu menggunakannya.

Nah, itulah sedikitnya kelebihan dan kekurangan menggunakan Canva untuk desain yang dapat menjadi pertimbanganmu. Apakah Canva cocok dengan tujuan desainmu? Apakah kamu akan menggunakan gambar gratis Canva untuk bisnismu? Itu semua terserah padamu, tentu saja.

Sekarang kita lanjut ke cara membuat desain di Canva untuk pemula. Terutama jika kamu baru mengenal aplikasi ini, cara berikut akan sangat berguna untuk dipelajari:

1. Kunjungi https://www.canva.com lalu masuk dengan klik Login di pojok kanan atas (jika kamu belum punya akun, silahkan Sign up terlebih dahulu).

2. Kamu akan dibawa ke halaman dasbor. Untuk membuat desainmu sendiri, klik “Create a design” dan pilih desain yang ingin kamu buat. Kali ini, kita akan membuat desain banner untuk konten web.

3. Sekarang, kamu sudah masuk ke halaman editor Canva. Di sini, kita akan mengedit background terlebih dahulu. Ada dua opsi yaitu, “Templates” dan “Photos” yang dapat kamu pilih salah satunya untuk dijadikan background. Untuk “Templates” semua opsinya horizontal dengan gambar dan teks yang dapat diubah. Sementara “Photos” ada yang berorientasi vertikal dan horizontal.

4. Kamu dapat menyesuaikan ukuran foto yang digunakan dengan bidang desainmu. Caranya, klik salah satu ujung gambar, lalu tarik dan sesuaikan. Kamu juga dapat mengedit gambar dengan klik “Adjust” di bagian bar atas, lalu geser slider ke kanan atau ke kiri untuk menyesuaikan brightness, contrast, saturation, dan lain-lain.

5. Selanjutnya untuk menambahkan teks pada desainmu, klik menu “Text” dan pilih jenis font yang ingin kamu gunakan. Lalu, kamu dapat mengubah ukuran, warna dan gaya tulisan yang bisa dikustomisasi. Ubah tata letak teks dengan menarik garis diluar tulisan dan menggesernya sesuai keinginan.

6. Jika kamu sudah puas dengan desainmu, silahkan mengunduh desain dengan klik “Download” di pojok kanan atas dan pilih jenis file yang ingin kamu unduh. Klik tombol ungu “Download” untuk mengunduh.

7. Atau kamu juga bisa membagikan desainmu dengan klik “Share” di samping tombol “Download” dan isi dengan nama atau email orang yang ingin kamu bagikan. Lalu pilih apa yang dapat dia lakukan dengan desainmu, apakah dapat mengedit, menggunakannya sebagai template atau melihat saja.

Selesai!

Sekarang, kamu telah mengetahui lebih banyak tentang Canva dan cara menggunakannya yang mudah. Tentu saja kamu bisa menggunakan langkah-langkah diatas untuk membuat berbagai jenis desain visual lainnya seperti, postingan Instagram, thumbnail Youtube, hingga poster, kartu undangan, sertifikat, logo, dan banyak lagi! Jadi, selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya