Shortlink di AdFly Pakai Domain sendiri

Tadinya adf.ly/aaa Menjadi domainAnda.com/aaa

Ingin membuat shortlink sendiri ? Seperti go.riobermano.com tapi mengarah kesitus riobermano.com ? Jika kalian sering melihat video YouTube saya pasti sering melihat link misalnya go.posciety.com/1h dan ketika di klik itu mengarah ke salah satu post / artikel situs posciety.com. Nah, itu bisa kalian buat dengan AdFly. Keuntungan Menggunakan Custom Domain di AdFly:

  • Branding
    Ketika menggunakan domain / subdomain sendiri maka brand kalian akan lebih dikenal
  • Jumlah Klik
    Saat ini pasti sudah banyak orang sudah mengetahui bahwa AdFly adalah link iklan maka menghindari untuk mengkliknya tapi ketika menggunakan domain custom maka mereka tidak akan menyangka bahwa itu adalah iklan. Tapi pada AdFly kalian bisa atur link yang dibuat akan mengandung iklan atau tidak, jika tidak maka ketika di klik akan langsung mengarah ke URL utama tersebut tanpa melihat iklan (skip 5 detik)
  • Full Control
    Pengguna dapat mengunduh laporan via excel
  • MedSos
    Pada umunya beberapa media sosial sekarang melarang link yang mengandung iklan seperti AdFly ini masuk ke kiriman mereka maka ketika menggunakan custom domain media sosial tersebut tidak akan mengetahuinya bahwa ini mengadung iklan

Pertama, siapkan domain / subdomain yang ingin digunakan sebagai shortlink misalnya disini saya menggunakan go.riobermano.com.

Jika tidak yakin bagaimana membuat subdomain di cPanel, silahkan lihat tutorialnya disini.

Lalu edit DNS Records untuk domain / subdomain yang akan digunakan tersebut menjadi CNAME Record yang mengarah ke custom.adf.ly, caranya masuk ke cPanel kalian kemudian dibagian bagian Domains ada yang namanya Zone Editor silahkan di klik maka akan diarahkan ke halaman Zone Editor dan menampilkan semua domain utama yang kalian miliki dan klik Manage pada domain utama yang akan digunakan maka akan menampilkan seluruh DNS records / subdomain yang bersangkutan dengan domain utama ini.

Misalnya saya akan gunakan go.riobermano.com maka klik Manage pada posciety.com dan akan menampilkan semua DNS / subdomain posciety.com kemudian silahkan cari go.posciety.com di daftar ini. Klik edit pada go.posciety.com dan tentukan type nya menjadi CNAME dengan tujuan custom.adf.ly seperti ini: (lihat gambar).

Catatan: Jika tidak ingin menggunakan www maka atur go.riobermano.com ke CNAME custom.adf.ly dan atur www.go.posciety.com dengan CNAME go.posciety.com. Begitu juga sebaliknya, jika ingin www.go.riobermano.com yang menjadi custom domain adfly maka atur www.go.posciety.com dengan CNAME cutom.adf.ly dan atur go.riobermano.com dengan CNAME www.go.riobermano.com.

Kalian dapat mempelajari lebih tentang pengaturan DNS Record CNAME disini. Atau pelajari lebih lanjut tentang Syntax DNS Records disini.

Setelah selesai urusan dengan Zone Editor klik save lalu login ke AdFly seperti biasa atau jika kalian baru mengetahui hal ini dan ingin memulainya silahkan daftar ke AdFly langsung isi semua data dan selesaikan pendaftaran lalu kembali lagi ke artikel ini.

Setelah login (pastikan akun kalian login sebagai Publisher), masuk ke menu Tools lalu klik menu Domains di sidebar kiri. Pada halaman ini terdapat tulisan Create / manage domains dibagian atas konten silahkan di klik maka kalian akan diarahkan ke halaman yang menampilkan domain yang pernah kalian daftarkan dan bisa menambah domain baru yang ingin digunakan.

Pada halaman ini, silahkan buat / daftarkan domain / subdomain yang sudah disipakan tadi diatas, misalnya go.posciety.com. Pada Select a Category silahkan pilih kategori domain go.posciety.com dan masukkan domain pada kolom Domain lalu klik tombol Add Custom Domain. Maka sekarang go.posciety.com terdaftar dan akan tampil dibagian bawah halaman ini.

Catatan: Penggunaan custom domain ini perlu proses maksimal 48jam tergantung pada koneksi DNS Server AdFly dan server yang kalian gunakan, tapi sekarang kalian dapat mencobanya untuk memastikan apakah custom domain ini sudah berfungsi dengan cara Shrink URL baru menggunakan custom domain yang baru didaftarkan.

Pada kolom Shrink! diatas silahkan klik tombol View More Options untuk melihat opsi lainnya, lalu pilih custom domain yang baru didaftarkan pada bagian Domain dan mulai masukkan URL yang akan dipendekkan pada kolom URL diatas seperti biasa kalian memendekkan URL klik Shrink!. Copy hasil URL nya misalnya go.riobermano.com/25 dan paste di tab baru apakah berfungsi.

Jika tidak berfungsi kemungkinan memang masih dalam proses, tapi untuk memastikannya lebih dalam lagi silahkan gunakan perangkat lain untuk mencoba URL ini karena jika kalian sudah lama menggunakan AdFly pada perangkat komputer saat ini bisanya AdFly akan menonaktifkan URL pendeknya dengan tujuan menghindari penyalah gunaan jumlah klik untuk mendapat banyak pendapatan uang dari hasil iklannya. Silahkan test URL pendek misalnya di HP atau perangkat lainnya selain perangkat ini.

JIka masih tidak berfungsi artinya masih dalam proses konfigurasi antara AdFly dan hosting / server kalian. Tunggu beberapa saat dan silahkan coba lagi nanti dengan perangkat ini dan perangkat baru seperti tadi.

Jika sudah berhasil maka sekarang kalian dapat membuat URL pendek menggunakan custom domain, ini terlihat lebih menarik daripada menggunakan domain adf.ly contohnya go.riobermano.com yang selalu saya gunakan di luar situs riobermano.com misalnya di YouTube untuk mengharahkan ke konten situs riobermano.com yang URL nya panjang dan kurang enak dilihat.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara setting link/domain kustom AdFly.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...