Cara Membuat Dropdown di Google Sheet

Google Spreadsheet atau yang biasa disebut Google Sheet (GSheet) merupakan salah satu jenis dari beberapa Google Document pada Google Drive, sudah marak digunakan di berbagai instansi, bahkan individu seperti siswa dan mahasiswa pun sudah mulai banyak yang menggunakan Sheet document milik Google ini. Lembar kerja yang mirip dengan Excel milik Microsoft, namun ini dapat dibuat dan diakses secara online bersamaan.

Banyak sekali fitur yang tersedia di GSheet ini, salah satunya adalah dropdown menu pada sel. Dropdown yang dimaksud adalah menu tarik-turun yang mana seseorang dapat memilih salah satu dari pilihan yang ada yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh pemiliki GSheet.

gambar 1 - membuat dropdown google sheet
contoh dropdown google spreadsheet

Membuat Dropdown Menu Google Spreadsheet

  • Klik pada salah satu sel yang ingin dijadikan sebagai dropdown
  • Pada bagian menu bar di atas, pilih Data > pilih Validasi Data
    (jika menggunakan bahasa Indonesia)
gambar 2 - daftar item google spreadsheet
muncul layar popup seperti pada ini
  • Pada bagian Kriteria, ubah Daftar dari rentang menjadi Daftar Item. Pada kolom disampingnya masukkan item-item yang ingin dijadikan menu dropdown (mis: Otomotif, Edukasi, Lifestyle, Berita, dll)
  • Centang kotak Tampilkan daftar tarik-turun di sel
  • Pada Data yang tidak valid, Anda dapat memilih salah satu dari 2 opsi, tmapilkan peringatan atau izinkan siapapun mengisi text biasa (tanpa memilih Daftar Item yang sudah ditentukan)
  • Klik tombol Simpan untuk menyimpan perubahan ini

Maka sel yang bersangkutan secara otomatis akan menampilkan menu tarik-turun seperti pada contoh gambar pertama di atas.

Sebetulnya tidak hanya Daftar Item, Anda dapat menggunakan fitur lainnya seperti Teks, Angka, Daftar dari rentang, dll. tergantung mana yang lebih memenuhi keperluan Anda.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi