Cara Membuat Dropdown di Ms. Excel

0

Membuat dropdown atau pilihan pada Excel kurang lebih sama dengan membuat dropdown di Google Sheet yang pernah kita bahas di artikel sebelumnya yaitu dengan memanfaatkan data validation, pilihannya pun kurang lebih sama. Kamu dapat menentukan data apa saja yang ingin ditampilkan pada dropdown dan bagaimana kamu ingin menyajikan data tersebut.

Pada Excel dropdown ini disebut List, kamu bisa melakukan beberapa hal dengan List ini mulai dari menampilkan data dropdown secara manual, berupa range, atau batasi data yang tampil hanya berdasrkan data yang kamu pilih dari kolom atau sheet lain.

Temukan penjelasan lengkap untuk masing-masing pilihan di bawah ini dan tentukan kamu ingin gunakan jenis dropdown yang mana.

ads by posciety

Dropdown Excel Sederhana

Untuk mulai membuat dropdown di Excel, pilihlah cell yang ingin kamu jadikan dropdown kemudian klik menu Data > klik Data Validation > pilih List.

dropdown excel

Setelah pilih List, akan muncul Source. Pada bagian ini masukkanlah nilai yang ingin kamu tampilkan sebagai dropdown, setiap nilainya dipisahkan dengan tanda koma (,).

Jika pilihan sudah dimasukkan, klik tombol OK untuk menyimpannya maka pada cell bersangkutan akan muncul tanda panah ke bawah yang menunjukkan bahwa cell tersebut merupakan dropdown. Centang Ignore blank agar cell tersebut tidak memiliki pilihan dropdown kosong tanpa nilai.

Dropdown Excel dari Sumber Data (Sheet yang Sama)

Cara di atas kamu harus input satu persatu di menu Source, kali ini kamu bisa pilih nilai dropdown yang ingin ditampilkan berdasarkan data yang sudah ada baik di sheet yang sama atau pun di sheet berbeda dengan membuat range data dari cell satu sampai cell terakhir. Cara ini terlihat lebih profesional dan lebih mudah jika suatu saat kamu ingin menambahkan nilai pada dropdown tersebut tanpa harus mengedit dropdown nya satu per satu.

Caranya mudah, klik bagian Source kemudian arahkan kursor ke cell yang ingin kamu jadikan nilai dropdown dan tarik sampai cell terakhir yang kamu ingin sertakan sebagai dropdown.

Pada gambar di atas nilai dropdown yang ingin ditampilkan adalah berdasarkan data dari cell A2 sampai cell A9, klik OK untuk menerapkannya. Maka dropdown yang tampil akan terlihat seperti ini:

Cara ini memudahkan kamu di kemudian hari ketika ingin mengganti nilai dropdownnya, tidak harus ke Data Validation lagi dan mengeditnya satu per satu tapi cukup edit nilai antara cell A2 sampai A9 maka pada dropdown pun otomatis berubah nilainya.

Misalnya kita ubah nilai pada cell A2 dan A5 maka nilai di dropdown pun secara otomatis berubah:

Dropdown Excel dari Sumber Data (Sheet yang Berbeda)

Contoh di atas kita menampilkan dropdown dari sumber data yang terdapat di sheet yang sama, kali ini kita coba ambil data sebai sumber dropdown dari sheet berbeda. Buatlah sheet baru dan berikan nilai, misalnya seperti ini:

Sekarang kita mulai membuat dropdown dengan cara yang sama seperti cara sebelumnya, tapi setelah klik bagian Source > klik sheet baru tersebut > pilih cell dan tarik hingga cell terakhir yang ingin kamu jadikan data dropdown.

Klik OK untuk menerapkannya, sekarang bukalah dropdown kamu maka nilai yang ditampilkan adalah nilai-nilai yang ada di sheet baru.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya