Membuat File RAR / ZIP di Komputer & HP

Panduan Lengkap dan Cepat

Pada saat-saat tertentu, pengguna komputer / laptop pasti memerlukan file berjenis RAR / ZIP untuk keperluan yang berbeda-beda mulai dari memperkecil ukuran untuk dikirimkan via internet atau hanya sekedar supaya terlihat rapih dan menyimpannya di komputer / laptop.RAR / ZIP sendiri ukurannya menjadi lebih kecil dari ukuran aslinya ketika berupa folder dan file, hal ini dimanfaatkan oleh beberapa pengguna untuk membuat lokasi penyimpanan lebih irit atau digunakan untuk meringankan beban pengiriman ketika dikirim ke komputer / laptop lain.

RAR / ZIP tidak hanya digunakan untuk file dokumen saja tapi juga bisa digunakan untuk aplikasi / software, foto, folder, video, dll. RAR / ZIP juga sudah menyebar luas ke area smartphone, saat ini RAR / ZIP mampu dibaca di smartphone dengan atau tanpa bantuan aplikasi pembaca file RAR / ZIP bahkan ada beberapa aplikasi yang mampu membuat file RAR / ZIP di smartphone.

Bagaimana Cara Membuat File RAR / ZIP ?

Seperti yang dijelaskan diatas, saat ini untuk membuat file RAR / ZIP tidak hanya lewat komputer / laptop saja tapi juga bisa dibuat lewat smartphone. Keduanya tetap memerlukan aplikasi pembuat RAR / ZIP untuk membuat file RAR / ZIP.

Membuat File RAR / ZIP di komputer / laptop

Untuk membuat file RAR / ZIP di komputer biasanya menggunakan aplikasi WinRAR, pastikan sudah terpasang di komputer / laptop yang bersangkutan. WinRar ini tersedia untuk banyak jenis platform / sistem operasi komputer, silahkan download dan pasang sesuai sistem operasi yang digunakan.

Setelah berhasil terpasang, sekarang ketika klik kanan pada folder atau file akan ada menu tambahan yaitu Add to archive…, Add to “namafile.rar.”, Compress and email dan Compress to “namafile.rar” and email. menu-menu tersebut adalah cara membuat file RAR. Untuk melihat pengaturan pembuatan RAR / ZIP lebih lanjut bisa dipilih menu Add to archive… saja.

Klik kanan pada folder-folder / file-file yang ingin dijadikan RAR / ZIP, kalian dapat memilih lebih dari satu folder atau file kemudian pilih Add to archive… maka akan tampil layar popup kecil yang menampilkan pengaturan-pengaturan dalam pembuatan RAR / ZIP.

(lihat gambar) Pada bagian Archive Format terdapat 3 pilihan yaitu RAR, RAR5 dan ZIP silahkan pilih format yang diinginkan kemudian klik tombol OK maka folder / file yang dipilih tadi akan diproses.

Bagaimana Cara Membuat File RAR / ZIP Menggunakan Kata Sandi ?

Dalam pembuatan file jenis .rar / .zip bisa dilindungi dengan password / kata sandi fungsinya melindungi file tersebut dari orang-orang jahil. Ketika menampilkan layar pop up pengaturan RAR / ZIP tadi silahkan klik tombo Set Password (diatas tombol OK) kemudian masukkan password yang diiginkan.

Hati-hati dalam memasukkan password karena huruf besar kecil akan berpengaruh, klik Show Password untuk melihat katasandi supaya tidak salah masukkan.

Bagaimana Membuat File RAR / ZIP Dibagi Beberapa Bagian (Part) ?

Ketika folder / file yang akan di buat menjadi RAR / ZIP terlalu besar, kita dapat membuatnya menjadi beberapa bagian sehingga proses pengiriman / upload nanti menjadi lebih ringan. Bagian-bagian / part tersebut bisa ditentukan masing-masing ukurannya sesuai keinginan misalnya setiap part memiliki bobot 5MB.

Caranya, pada layar popup pengaturan RAR / ZIP tadi silahkan masukkan nilai bobot yang diinginkan pada bagian Split to volumes, size dan pilih jenis bobotnya (B, KB, MB, GB) di menu tarik-turun sebelahnya. Setelah selesai, klik tombol OK untuk memulai proses pembuatan RAR / ZIP.

Catatan: Ketika memasukkan bobot per part yang tidak genap dengan total keseluruhan maka pada part terakhir akan memiliki bobot ringan (sisa dari total bobot)

Bagaimana Membuat File RAR Dibagi Beberapa Part + Solid ?

Beberapa dari kalian mungkin pernah menemukan file RAR beberapa part tapi tidak dapat di extract satu persatu, karena file tersebut SOLID satu dengan yang lainnya. Cara membuatnya hampir sama dengan membuat file RAR ber part diatas tapi pada bagian Archiving Options silahkan centang kotak Create Solid Archive kemudian klik tombol OK untuk memulai proses.

Catatan: Solid Archive hanya bisa dibuat untuk jenis RAR saja, jenis ZIP tidak dapat dibuat menjadi solid.

Hal ini biasanya digunakan untuk aplikasi / software / game yang memiliki bobot sangat berat dan saling berkaitan antara file satu dengan file lainnya. Lihat disini untuk mengetahui cara extract file ber part yang solid sekaligus dalam 1 klik.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara membuat file rar dan zip.

Membuat File RAR / ZIP di Smartphone

Pada pembuatan file RAR / ZIP di HP ini tidak akan saya jelaskan cara pembuatannya, karena setiap aplikasi memiliki caranya masing-masing dan aplikasi untuk membuat RAR / ZIP pada ponsel sudah lumayan banyak.

Silahkan pilih aplikasi pembuat RAR / ZIP di toko aplikasi OS smartphone yang bersangkutan misalnya Play Store untuk android dengan kata kunci Pembuat File RAR atau cukup tuliskan RAR / ZIP pada kolom pencariannya kemudian pilih aplikasi yang diinginkan.

Disarankan menggunakan aplikasi buatan author yang terpercaya agar meyakinkan, misalnya author bernama RARLAB perusahaan / organisasi pembuat WinRar. Download, Install dan ikuti cara penggunaannya.

Penjelasan diatas tentang membuat file RAR / ZIP di komputer / laptop hanya sebagian saja (yang sering digunakan pengguna) dari sekian banyaknya fungsi pengaturan & menu dalam pembuatan RAR / ZIP.  Tutorial ini menggunakan aplikasi WinRAR sebagai contoh saja, masih banyak aplikasi lain yang bisa digunakan.

Harap maklum jika terjadi perbedaan menu / tampilan pengaturan pembuatan file RAR / ZIP mungkin disebabkan versi aplikasi atau sistem operasi.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi