Slideshow / Photo Slides di Adobe Premiere

Berdasarkan beberapa pertanyaan yang di lontarkan kepada saya di media sosial tentang sliding photo di Adobe Premiere, maka saya jawab melalui postingan ini. Sebetulnya untuk membuat slideshow gambar gak cuma dilakukan di Adobe Premiere saja, hampir semua aplikasi video editor sekarang tersedia transition, nah transition itu bisa di manfaatkan sebagai transisi antara gambar 1 dan gambar berikutnya.

Dengan begitu, kumpulan gambar tersebut bisa dibilang slideshow. Animasi dari transisi ini tergantung aplikasi mana yang digunakan, karena setiap aplikasi memiliki transisi yang berbeda. Bahkan, sekarang sudah banyak aplikasi yang memang memiliki fitur untuk membuat slideshow dari template slidshow gambar yang disediakan (misalnya di aplikasi video editor untuk smartphone).

Tapi supaya sesuai dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut, sekarang saya akan contohkan dengan Adobe Premiere Pro CS 6. Hal yang perlu di siapkan pertama kali yaitu aplikasi Adobe Premierenya, buka aplikas dan projectnya seperti biasa ketika mau mulai edit video.

Jika ini pertama kalinya kamu menggunakan Adobe Premiere, sebaiknya klik disini untuk mengetahui panduan bagi pemula dalam memulai editing video di Adobe Premiere.

Siapkan gambar-gambar yang ingin dijadikan slideshow, misalnya 20-50 gambar / foto dan tambahkan ke dalam project Adobe Premiere. Masukkan gambar-gambar tersebut ke dalam timeline seperti biasa ketika mau mengedit video, Tentukan durasi dari masing-masing gambar dengan menarik sisi kanan / kiri di setiap gambar.

Setelah menentukan panjang (durasi) dari masing-masing gambar, silahkan tempelkan antara satu gambar dengan gambar lainnya jangan sampai ada yang kosong (jika ada celah kosong diantara gambar akan menampilkan layar hitam ketika di mainkan). Sekarang, mulailah memberikan transition diantara masing-masing gambar agar ada sedikit animasi slide ketika dimainkan dan berganti gambar dari yang satu ke satu lainnya.

Untuk menambahkan transisi di Adobe Premiere, tarik efek transisi yang tersedia di Effects -> Video Transitions ke tengah-tengah antara gambar.

Catatan: Jika tidak menemukan tab Effects, silahkan klik menu Window pada daftar menu di menu bar atas dan pilih Effects (pastikan Effects dicentang).

Ada banyak pilihan transisi yang dapat digunakan, pilihlah transisi sesuai keperluan. Setiap versi Adobe Premiere mungkin memiliki jumlah transisi yang berbeda, pastikan kamu menggunakan Adobe Premiere terbaru dengan full version. Masukkan transisi di masing-masing pergantian gambar, jika ingin mengatur lama transisinya silahkan klik transisi yang sudah di masukkan di tengah gambar kemudian atur di tab Effect Controls.

Setelah selesai semua, export sebagai video (misalnya mp4) dan video siap untuk di tonton. Klik disini kalo belum tau cara export video di Adobe Premiere, Ada masalah dengan posisi transisi (tidak nempel di tengah-tengah antara gambar) ? Klik disini untuk mengetahui cara mengatasinya.

Selamat Mencoba !

Loading...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi