Google Classroom, Cara Pembelajaran Terbaru

Saat ini, mungkin masih banyak warga Indonesia yang belum tau apa itu Google Classroom. Kehadirannya di Indonesia masih belum cemerlang, masih perlu kesadaran merek supaya warga Indonesia sadar akan kehadirannya. Kali ini saya sedikit jelaskan tentang Google Classroom dan cara membuatnya.

Apa Itu Google Classroom ?

Google Classroom adalah sistem pembelajaran yang dikembangkan oleh Google untuk layanan pembelajaran (sekolah). Tambahan dari WikiPedia, Google Classroom ini dirancang untuk menyederhanakan pembuatan, pendistribusian, dan penetapan tugas dengan cara tanpa kertas.

Setiap dan guru dapat mendaftar akun disini, hanya bermodal akun Google (GMail) saja. Belum punya akun Google ? Klik disini untuk melihat cara membuatnya.

Saya, seorang mahasiswa di salah satu kampus yang biasa aja tapi saya sudah pernah menggunakan Google Classroom. Keperluan saya sederhana, saya hanya tidak suka menggunakan FlashDisk (FD) lagi karena selalu lupa atau hilang di jalan.

Maka dari itu, Google Classroom sangat membantu. Hanya bermodalkan sedikit internet, saya dapat membaca tugas, mengerjakan tugas, mengirim tugas, bahkan melihat nilai dari dosen langsung di satu tempat tanpa khawatir kehilangan tugas ditengah jalan.

Karena ini begitu bermanfaat buat saya, saya rasa harus membagikannya kepada teman-teman semoga bisa membantu kegiatan pembelajaran teman-teman saat ini. Sekaligus saya beritahukan cara membuat akun-nya kali aja ada yang belum tau.

Cara Membuat Google Classroom

Membuat akun Google Classroom baik sebagai pengajar ataupun murid sangatlah mudah, cukup kaitkan akun Google (GMail) kamu dengan Google Classroom. Belum punya akun (GMail) Google ? Klik disini !

  • Silahkan buka browser dan kunjungi https://classroom.google.com untuk melihat halaman Google Classroom, pastikan kamu sedang login GMail di perangkat tersebut supaya lebih mudah
  • Kamu akan melihat halaman utama Google Classroom, terutama jika belum login GMail. Silahkan klik tombol SIGN IN di bagian tengah halaman tersebut maka akan membuka halaman login GMail, silahkan login akun GMail yang ingin digunakan
  • Karena belum pernah membuat akun Google Classroom, akan ada pertanyaan apakah akun tersebut ingin dikaitkan dengan Google Classroom, klik tombol Continue untuk menyetujui dan melanjutkan

Selesai, kamu sudah berhasil memiliki akun Google Classroom. Selanjutnya, silahkan ikuti kelas kamu atau mulai membuat kelas.

Kedepannya, ketika membuka di laptop, kamu bisa klik ikon Aplikasi (6 kotak kecil) di sebelah foto profil pada halaman utama Google ketika kamu sedang login GMail, lalu pilih Google Classroom.

Lebih senang pakai smartphone ? Download aja aplikasinya, cara membuat akunnya tentu lebih mudah tapi harus pastikan kamu memiliki akun GMail yang mana GMail ini nantinya dihubungkan ke Google Classroom. Download untuk Android, Download untuk iOS, Download ekstensi Google Chrome.

Selamat mencoba !

Kamu buka kelas gratis ? Jangan lupa share di kolom komentar ya ! Kali aja bisa join…

Gak tau cara bikin kelas / begabung kelas ? Klik disini untuk panduan lengkapnya.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi