Mungkin sebagian pengguna Google belum mengetahui salah satu aplikasi Google Documents atau lebih dikenal Google Docs, Google Docs merupakan aplikasi berbasis web gratis untuk membuat / menyimpan sebuah dokumen dan lembar kerja lainnya. Semua file ini dapat di akses dimana saja (komputer / HP) dengan koneksi internet dan browser terkini.

Dengan Google Dokumen, pengguna dapat membuat / mengedit / memperbarui lembar kerja atau dokumen dengan lebih lanjut lagi seperti menentukan jenis font yang digunakan sampa formula penulisan lainnya (list, table, gambar, dll). Apakah saya bisa menggunakan Google Dokumen ? Ya tentu bisa, cukup memiliki akun Google saja maka kamu sudah bisa menggunakannya, jika belum memiiliki akun Google silahkan klik disini untuk membuatnya.

Google Dokumen dapat di akses melalui browser ataupun aplikasi smartphone, jika ingin mengaksesnya lewat komputer / browser cukup kunjungi https://docs.google.com/document (pastikan sudah login menggunakan akun Google). Jika ingin mengaksesnya lewat aplikasi smartphone, silahkan download aplikasinya terlebih dahulu (klik disini untuk download di Play Store, android) kemudian buka aplikasinya. Dibawah ini saya jelaskan cara membuat dokumen menggunakan Google Dokumen (mendasar) di browser laptop ataupun aplikasi smartphone.

Membuat Google Dokumen di PC / Browser

Untuk mulai membuat Google Dokumen di PC bisa dimulai dengan mengunjungi link berikut: https://docs.google.com/document (atau bisa juga mengklik tombol toggle aplikasi Google ketika membuka beranda browser Chrome di ujung kanan atas sebelah foto profil, pastikan sedang login akun Google), pada halaman utama akan menampilkan semua dokumen yang dibuat / yang diterima / yang dikirim via Google Dokumen yang tehubung dengan akun GMail bersangkutan.

  • Klik template yang tersedia untuk mulai membuat dokumen dari template, atau bisa pilih “Kosong” untuk membuat dokumen dari lembar yang kosong.
  • Akan membuka layar pengeditan (editor) untuk mulai membuat sebuah dokumen, ini tidak berbeda jauh dengan editor Microsoft Word.
  • Mulailah menulis untuk dijadikan dokumen, misalnya membuat surat lamaran kerja atau lainnya.

Setelah selesai penulisan, silahkan klik tombol Bagikan dibagian atas kanan (jika tidak ada, klik tanda panah kebawah di sebelah kanan atas terlebih dahulu untuk menampilkannya). Secara default, setiap dokumen yang dibuat akan disimpan ke Google Drive dari akun tersebut dan disimpan sebagai pribadi. Jika ingin membagikannya silahkan klik tombol Bagikan tadi.

Ketika klik Bagikan, akan muncul layar munculan yang meminta nama untuk dokumen tersebut. Silahkan beri nama supaya enak dilihat ketika dikirim ke seseorang, klik tombol Simpan untuk menyimpan nama atau klik tombol Lewati jika tidak ingin memberikan nama. Selanjutnya, masukkan alamat email seseorang yang ingin dikirim dokumen tersebut. Tambahkan pesan jika ingin memberikan pesan barengan dengan dokumen tersebut, klik tombol Beres jika sudah selesai maka dokumen akan segera terkirim ke alamat email yang dicantumkan.

Klik ikon Google Dokumen di ujung kiri atas untuk kembali ke halaman utama (beranda), dokumen yang berhasil dibuat tadi akan muncul di daftar dokumen pada halaman ini. Setiap kali ingin mengeditnya, kamu dapat mengklik pada dokumen tersebut.

Catatan: Penyimpanan dilakukan secara otomatis setiap kali ada perubahan pada dokumen walaupun hanya berupa spasi, hati-hati dalam pengeditan, pastikan tidak meninggalkan editor jika belum selesai penulisannya.

Membuat Google Dokumen di Aplikasi Smartphone

Disini saya contohkan dengan android, mungkin tidak berbeda jauh dengan OS lainnya. Silahkan buka aplikasi Google Dokumen, jika belum ada silahkan download terlebih dahulu di Store masing-masing. Ketika membuka aplikasi ini, akan menampilkan semua dokumen di halaman utama yang pernah dibuat / diterima / dikirim melalui email bersangkutan.

  • Untuk mulai membuat sebuah dokumen, silahkan klik tanda tambah (+) pada layar, akan muncul pilihan Template dan Mulai Baru, klik Template jika ingin membuat dokumen dari template (seperti: resume, CV, dll) atau klik Mulai Baru jika ingin memulai dengan lembar kosong.
  • Akan menampilkan halaman editor, mulailah menulis dan membuat sebuah dokumen.
  • Jika sudah selesai, klik tanda centang di sebelah kiri atas untuk meninjau & menyimpannya.
  • Jika ingin berbagi, klik ikon berbagi di bar atas. Masukkan alamat email penerima, klik ikon kirim di bar atas untuk mulai membagikannya.
  • Jika tidak ingin berbagi, klik panah ke kiri di bar atas untuk kembali ke halaman utama.

Dokumen yang baru saja dibuat akan tampil di halaman utama, klik dokumen jika ingin mengeditnya. Secara default, dokumen yang dibuat akan di simpan di Google Drive dan hanya untuk pribadi (tidak dibagikan kepada siapapun), pastikan untuk klik berbagi jika ingin membagikan ke seseorang.

Catatan: Setiap dokumen yang dibuat, bisa di edit dimana pun (browser dan aplikasi smartphone). Untuk aplikasi smartphone, bisa mengedit dalam keadaan offline (versi terbaru).

Membuat dokumen sebetulnya bisa dimana aja, tapi Google memiliki fitur berbagi yang langsung didalam editornya sehingga memudahkan pengguna untuk berbagi tanpa harus bolak balik buka tutup aplikasi. Banyak lagi keunggulan Google Dokumen yang bisa didapatkan, silahkan coba sekarang.

Selamat mencoba !

0 0 vote
Article Rating
guest
Masukkan Nama Anda
Masukkan Email yang Sah
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments