Apa Itu Google Groups ? Gimana Bikinnya ?

Kamu berkunjung kesini pasti mau cari tau apa itu Google Groups atau mau cari tau bagaimana cara membuat Google Groups, ya kan ? Tenang, kedua-duanya akan dijelaskan disini. Mari kita mulai dengan penjelasan dasar tentang Google Groups.

Apa Itu Google Groups

Google Groups merupakan salah satu layanan Google yang memberikan diskusi grup sehingga pengguna dapat berbagi hal-hal menarik dan membahasnya bersama-sama. Menurut WikiPedia, Google Groups mulai beroperasi pada bulan Februari tahun 2001.

Google Groups ini bisa dibilang mirip dengan forum dan hampir bisa disebut seperti mailling list, pengguna dapat berdiskusi lewat grup dengan komentar yang bersarang atau lewat email Google. Sayangnya, grup ini sepertinya tidak begitu sukses memikat hati masyarakat Indonesia sehingga tidak banyak yang menggunakan fasilitas ini.

Itu aja ya penjelasan singkatnya, nanti malah bosen kalo kepanjangan. Sekarang, lanjut aja ke cara membuatnya.

Cara Membuat Google Groups

Pada tahap awal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu mengunjungi alamat web Google Groups di https://groups.google.com kemudian login dengan akun Google yang ada atau bisa juga login terlebih dahulu ke akun Google kemudian klik ikon aplikasi pada home browser dan pilih Groups. (lihat gambar)

Jika berhasil login, akan menampilkan halaman beranda dari Google Groups.

  • Untuk mulai membuat grup, klik tombol Buat Grup
  • Masukkan Nama Grup
  • Masukkan Alamat Email Grup, alamat email nantinya akan diakhiri dengan @googlegroups.com (contoh kami memasukkan contohgrup maka nanti alamat emailnya akan menjadi [email protected]). Seperti yang tadi dijelaskan diatas, pengguna dapat berdiskusi lewat email yaitu alamat email ini yang akan digunakan sebagai mailling list
  • Masukkan Deskripsi Grup
  • Pilih Bahasa Utama Grup, pilih bahasa utama dari grup ini
  • Pilih Jenis Grup, pilih dari menu tarik turun jenis apa yang ingin digunakan untuk grup ini. Cari tau maksud dari masing-masing jenis grup dibawah ya
  • Izin Dasar, pada bagian ini silahkan sesuaikan izin / privasi yang ingin diterapkan pada grup ini

Itulah cara membuat grup di Google Groups, klik tombol Buat untuk mulai membuat grup yang diatur diatas. Oya, alamat email ketika membuat grup diatas bisa menjadi URL grup kamu juga lho. Pokoknya, sebelum klik tombol Buat silahkan atur dulu URL grup dan email yang diinginkan. Contoh URL grup: https://groups.google.com/d/forum/test-groups-yo maka alamat email dari grup ini adalah [email protected].

Jenis Grup

Milis: Merupakan daftar email yang memungkinkan pengguna untuk memposting kedalam grup lewat email atau situs web.

Forum Web: Memungkinkan orang untuk berinteraksi dengan grup dan terlibat dalam diskusi interaktif di web. Forum tersebut memiliki web dioptimalkan yang aktif termasuk alat moderasi, anggota grup memposting topik dan balasan melalui antarmuka web tapi masih dapat menerima pembaruan melalui email.

Forum T & J: Merupakan Forum Web dengan fitur tambahan yang diaktifkan untuk mendukung pengalaman bertanya dan menjawab berbagai persoalan. Topik dapat ditandai sebagai “Selesai” atau diberi nilai oleh pengguna. Selain itu, kita dapat menggunakan kategori untuk mengatur pertanyaan dalam forum. orang harus mengirim postingan melalui antarmuka web tapi masih akan dapat menerima pembaruan melalui email.

Kotak Masuk Kolaboratif: Topik dapat ditugaskan ke anggota lain dan diperlakukan sebagai pekerjaan yang dapat diselesaikan atau ditugaskan kembali. Opsi tambahan tersedia untuk mengontrol siapa yang dapat menugaskan dan menerima pekerjaan.

Kalo ini pertama kalinya membuat grup, setelah berhasil membuat grup kamu bakal diminta mengatur profil yang akan ditampilkan di grup apakah ditautkan ke akun Google+ atau menampilkan nama baru.

Setiap grup yang berhasil kamu buat akan muncul didalam menu Grup Saya, mulailah mengundang anggota dan mulai membuka topik supaya bisa mulai berdiskusi. Ketika berhasil membuat grup, kamu bakal dapet email selamat datang dari Google Groups dan beberapa penjelasan lainnya yang mungkin bisa bermanfaat untuk pembangunan grup.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi