Membuat Grup Facebook

Gabungkan Mereka ke Dalam Grup

Membuat grup Facebook  dapat dilakukan di PC ataupun smartphone, kali ini akan saya jelaskan cara membuatnya dengan kedua perangkat tersebut. Sebelumnya, biar saya jelaskan sedikit gambaran tentang Apa Itu Group Facebook.

Grup Facebook merupakan fitur tambahan pada Facebook yang memungkinkan beberapa pengguna untuk berkumpul dan mengenal satu sama lain dalam grup tersebut atau untuk keperluan lain seperti berjualan atau promosi. Namun, Facebook menciptakan grup ini untuk membuat pengguna mampu mengirim pesan secara terbuka ke semua anggota grup dalam satu tindakan dengan 3 pilihan privasi.

Untuk membuat grup Facebook tidak ada syarat lain selain memiliki akun Facebook dan dapat dibuat via Desktop atau Smartphone.

Desktop

Untuk membuat grup Facebook via desktop

  • Silahkan buka halaman beranda FB setelah login seperti biasa
  • Di menu sidebar sebelah kiri ada tab Jelajahi (bahasa Indonesia) silahkan klik menu Grup maka akan diarahkan ke daftar grup yang ada di Facebook (pencarian grup).
  • Terdapat tombol Buat Grup di sebelah kanan atas, silahkan di klik dan mulai membuat grup.
  • Ketika di klik akan muncul layar popup yang menampilkan kolom untuk mengisi Nama Grup, Undang Teman dan Privasi Grup. Silahkan diisi sesuai keperluan, jika sudah terisi semua silahkan klik tombol Buat dan bisa juga mencentang kotak Sematkan ke Pintasan untuk membuat grup ini berada di menu cepat (menu pintasan).
  • Selanjutnya, silahkan pilih ikon grup yang telah disediakan dan tekan tombol Ok atau kalian dapat melewati ini dengan klik Lewati jika tidak ingin menentukan ikon grup Facebook.

Setelah selesai maka akan diarahkan ke halaman grup yang baru dibuat, sekarang giliran kalian meneruskan langkah ini dengan merapihkan grup seperti foto, tambah anggota dan lainnya.

Smartphone

Seperti langkah awal pada desktop

  • Silahkan masuk ke akun Facebook lalu ketuk ikon menu (garis tiga) di sebelah kanan atas maka akan menampilkan menu-menu yang tersedia di Facebook untuk pengguna Facebook di aplikasi smartphone.
  • Gulir kebawah sampai menemukan tab Grup lalu klik Buat Grup maka akan menampilkan halaman bagian pembuatan grup yang tidak berbeda jauh dengan pembuatan grup di desktop seperti memasukkan Nama Grup dan mengundang beberapa teman.
  • Tapi pada pembuatan grup di smartphone kalian dapat langsung memasukkan / memilih foto grup dengan menekan ikon kamera disebelah kolom Nama Grup.
  • Jika dirasa sudah selesai, silahkan klik tombol Selanjutnya di kanan atas layar maka akan menampilkan pilihan privasi untuk grup ini.
  • Setelah menentukan privasi grup silahkan klik Buat dikanan atas layar, maka sekarang grup berhasil dibuat dan diarahkan ke layar / halaman grup tersebut.

Selanjutnya silahkan atur dan sesuaikan grup dengan keperluan seperti mengisi foto / memberikan deskripsi dan lainnya.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara bikin grup FB.

Adapun pengertian tentang privasi grup Facebook adalah sebagai berikut:

Publik: Siapapun dapat melihat grup, anggota grup dan kiriman di grup tanpa perlu begabung kedalam grup.

Tertutup: Siapapun dapat menemukan grup dan melihat siapa saja yang menjadi anggota grup tersebut tapi tidak dapat melihat kiriman grup.

Rahasia: Hanya anggota yang dapat menemukan grup dan melihat kiriman grup.

Untuk mengirim sebuah kiriman di grup itu dapat disesuaikan menu pengaturan grup, admin / pemilik grup dapat mengatur siapa saja yang dapat mengirim sebuah kiriman ke dalam grup (hanya ada 2 pilihan, semua atau hanya pengurus grup).

Selamat mencoba !

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SIP LAHLihat Privasi