Ayo ! Mulai Membuat Kelas / Join Kelas yang Ada di Google Classroom

Setelah berhasil membuat akun Google Classroom, kali ini saya akan jelaskan bagaimana cara bergabung ke kelas yang ada atau membuat kelas sendiri dan mulai mengundang orang lain. Buat kamu yang belum tau apa itu Google Classroom dan mau tau cara bikinnya, silahkan klik disini.

Membuat Kelas & Mengundang

Masuk ke halaman Google Classroom disini, pastikan sudah login. Selanjutnya:

  • Klik tanda taambah (+) di menu atas dan pilih Buat Kelas
  • Akan muncul layar munculan yang menanyakan persetujuan pemakaian, pastikan kamu sudah membaca ketentuan yang ada. Centang kotak dan klik tombol Lanjutkan

Catatan: persetujuan tersebut menyatakan bahwa kamu tidak menggunakan Google Classroom untuk sekolah dengan siswa-siswa, misalnya ini hanya untuk kamu dan saudara kamu yang ingin belajar bersama. Kamu harus menggunakan G Suite untuk Pendidikan (Google for Education) jika ingin menggunakan ini untuk sekolah dan siswa-siswa.

  • Setelah klik Lanjutkan, akan ke tahap berikutnya yaitu mengisi formulir awal pembukaan kelas ini
  • Silahkan isi Nama Kelas
  • Isi juga Bagian
  • Isi juga Subjek
  • Klik tombol Buat

Tunggu beberapa saat, Google Classroom sedang menyiapkan kelas…

Setelah berhasil terbuat, kamu akan diarahkan ke kelas yang baru saja dibuat. Tau gak ? warna tema halaman kelas ini bisa berbeda-beda lho setiap kelas tergantung dari huruf pertama Nama Kelas.

Selesai, sekarang kamu sudah berhasil membuka kelas dan siap share ilmu yang bermanfaat ! Sekarang, bagaimana cara mengundang orang lain masuk ke kelas kamu ? Ada beberapa cara dalam mengundang siswa:

Undang

Silahkan beralih ke tab Siswa pada kelas yang ingin ditambahkan siswa, di halaman itu akan menampilkan semua siswa yang sudah bergabung. Untuk menambah siswa, klik tombol Undang siswa di bagian atas. Masukkan nama kontak Google kamu jika ada, atau masukkan langsung alamat email lalu klik tombol Undang.

Dengan begitu, orang yang diundang akan menerima email dan diarahkan ke kelas ini.

Kode Kelas

Untuk cara ini akan dijelaskan lebih rinci dibawah, Kode Kelas tampil di halaman tab Siswa pada setiap kelas. Kamu bisa bagikan Kode Kelas ke siapapun, jadi orang yang mau bergabung cukup cari kelas dan masukkan Kode Kelas ketika diminta. Jika Kode Kelas benar, maka berhasil masuk tapi sebaliknya jika salah tidak dapat masuk kelas.

Bergabung Dengan Kelas

Ini sudah dijelaskan sedikit diatas, ya, cara ini menggunakan Kode Kelas. Silahkan masuk ke situs Google Classroom dan pastikan sudah login. Untuk mulai bergabung kelas, silahkan klik tanda tambah (+) dan pilih Gabung dengan kelas.

Akan muncul layar popup yang berisi bidang, bidang itu hanya dapat diisi dengan Kode Kelas yang benar. Jika ada Kode Kelas yang kamu masukkan terdaftar di Google Classroom, maka kamu berhasil masuk bergabung ke kelas tersebut tapi sebaliknya jika salah, maka kamu tidak bisa bergabung.

Bagaimana cara mendapatkan Kode Kelas ? Silahkan minta kepada pemilik kelas, dia mempunya akses untuk melihat, membuat, dan mengganti Kode Kelas kapanpun.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...