Bikin Komunitas Google+ di Desktop / Aplikasi Smartphone Dalam Hitungan Detik

Cukup 1 Menit Saja Membuat Komunitas

Tidak kalah dengan Group Facebook, G+ pun memiliki kumpulan komunitas khusus pengguna G+ yang disebut Google+ Community / Komunitas Google+. Apa itu Google+ Community ? Yaitu komunitas yang dibuat pada subjek yang spesifik mulai dari canda tawa, gadget sampai fiksi ilmiah. Pengguna G+ / Bisnis dapat membuat komunitas Google+ untuk membahas apapun seputar kategori yang dipilihnya, Google+ pun akan melibatkan pengguna yang berkaitan dengan kategori komunitas tersebut dengan menampilankannya sebagai komunitas yang mungkin disukai atau komunitas yang disarankan.

Membuat Google+ Community di Desktop / Laptop

  • Masuk ke akun Google+ seperti biasa kemudian pilih menu Komunitas (jika menggunakan bahasa Indonesia) di daftar menu sebelah kiri. Jika tidak ada daftar menu disebelah kiri silahkan klik toggle menu (garis 3) diujung kiri atas untuk memunculkan / menyembunyikan daftar menu ini
  • Pada halaman ini, terdapat 3 tab diatas yaitu Disarankan (menampilkan komunitas yang disarankan), Anggota (menampilkan komunitas yang kalian bergabung sebagai anggota) dan Milik Anda (menampilkan komunitas yang kalian buat). Pilih tab Milik Anda kemudian klik +Buat Komunitas
  • Beri nama komunitas pada kolom Nama Komunitas yang disediakan,  tentukan komunitas ini Publik (dapat dilihat siapapun) atau Pirbadi (hanya anggota yang diundang yang dapat bergabung dan melihat konten), Minta Bergabung (nyalakan toggle untuk membuat orang lain yang ingin bergabung meminta izin terlebih dahulu dan menunggu persetujuan admin), lihat disini untuk mempelajari lebih lanjut tentang privasi komunitas Google+
  • Setelah selesai, klik tombol SELESAI untuk mulai membuat komunitas tersebut atau klik OPIS LAINNYA untuk melihat pilihan lain yaitu Tahan Pos Untuk Peninjauan (setiap anggota yang memposting perlu tinjauan admin terlebih dahulu sebelum dipublikasikan), Kendali Konten (dapat menyaring konten dengan saringan / filter yang lebih ketat pada halaman komunitas).

Selesai, akan diarahkan ke halaman komunitas yang baru saja dibuat. Tentu komunitas ini masih kosong dan polos, silahkan lengkapi dengan menambahkan foto sampul / banner yang sesuai kemudian undang anggota untuk bergabung. Kalian dapat mengedit komunitas kapanpun dengan mengklik toggle menu (titik 3) pada bagian foto sampul dan pilih Edit Komunitas, lakukan pengeditan mulai dari nama komunitas sampai kategori konten.

Membuat Komunitas Google+ di Aplikasi Smartphone

  • Buka aplikasi G+ dan pastikan sudah login supaya dapat masuk ke halaman beranda / home. Belum ada aplikasnya ? Download disini (iOS / android)
  • Pilih menu komunitas dibagian menu bawah
  • Pilih +Buat Komunitas
  • Masukkan Judul / Nama Komunitas pada kolom atas yang sudah disediakan
  • Pilih Publik (dapat dilihat oleh siapapun) atau Pribadi (hanya anggota yang diundang yang dapat bergabung dan melihat konten)
  • Minta Untuk Bergabung (nyalakan opsi ini untuk membuat orang lain menunggu persetujuan admin untuk bergabung)
  • Tahan Pos Untuk Diulas (nyalakan opsi ini untuk membuat semua pos ditahan / ditinjau oleh admin sebelum dapat dipublikasi). Lihat disini untuk mengetahui lebih lanjut tentang privasi komunitas
  • Kendali Konten (Nyalakan opsi ini untuk mengaktifkan fitur saringan / filter yang lebih ketat pada halaman komunitas)
  • Setelah selesai, klik SELESAI dibagian atas kanan untuk membuat komunitas ini

Tunggu loading dan akan diarahkan ke halaman komunitas yang baru saja dibuat, tentu halaman komunitas ini masih kosong dan polos silahkan lengkapi dengan mulai menambahkan foto sampul / banner. Kalian dapat mengedit komunitas kapanpun dengan mengklik toggle menu (titik 3) pada bagian foto sampul dan pilih Edit Komunitas, lakukan pengeditan mulai dari nama komunitas sampai kategori konten.

Jangan lupa kunjungi komunitas G+ RioBermano.Com.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara membuat komunitas Google+.

Pada Sistem Operasi lain mungkin terdapat sedikit perbedaan tata letak menu, silahkan disesuaikan saja. Setelah berhasil membuat komunitas tentu perlu anggota, undang banyak teman untuk menjadi anggotak komunitas supaya naik peringkat dan menjadi terkenal. Harap maklum jika terjadi perbedaan cara pembuatan yang disebutkan diatas dengan kenyataannya, hal ini bisa saja terjadi disebabkan pembaruan oleh pihak Google+.

Selamat mencoba !

Kunjungi kategori Google+ untuk melihat semua tutorial tentang G+.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi