Memahami Kondisi if, else if & else di PHP

if, else if, else PHP condition. Apakah Penting ?

Dalam bahasa pemrograman PHP ada istilah Condition / Kondisi. Apa itu kondisi ? Apa fungsi ? Bagaimana cara membuatnya ? Dan bagaimana cara kerjanya ?

Kondisi adalah suatu keadaan yang bisa disesuaikan sesuai keinginan, pada PHP ada 2 jenis kendisi yaitu if & else, ada juga kondisi if, else if dan else. Tidak begitu berbeda, ini hanya soal kondisi saja. Jika ifelse saja, artinya hanya ada 2 kondisi yaitu if dan else. Tapi pada if, else if dan else, bisa digunakan lebih dari kondisi dan biasa digunakan untuk membuat halaman dinamis PHP.

if(){}, else{}

Misalnya, jika umur dari 18 keatas maka tampilkan tulisan “Anda boleh nonton video ini“. Jika umur dibawah 18 maka tampilkan tulisan “Anda belum cukup umur“. Nah seperti itulah penjelasan singkat tentang kondisi. Sekarang kita lanjut ke step “Bagaimana Membuatnya”. Sebelum kita mengkondisikan suatu hal, maka harus ada “hal” nya terlebih dahulu dan itu merupakan “hal” yang akan kita kondisikan. Saya contohkan variabel $umur 20.

Sekarang kita akan kondisikan si variabel $umur tersebut dengan contoh kode:

<?php

$umur = 20;

if($umur >= 18) {
    echo "Anda boleh nonton video ini";
}
else {
    echo "Anda belum cukup umur";
}

?>

Arti dari kode diatas, jika $umur mulai dari 18 keatas maka tampilkan tulisan “Anda boleh nonton video ini“. Jika tidak sesuai kondisi tersebut maka disitulah fungsinya else. Dan else disini saya akan tampilkan tulisan “Anda belum cukup umur“.

Sekarang, silahkan ubah angka 20 menjadi angka 17 atau lebih kecil. Maka akan tampil tulisan yang berada di else{}.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial if dan else condition PHP.

if (){}, else if(){}, else{}

Tidak berbeda jau hdengan diatas, hanya pada kondisi yang ini kita bisa menerapkan kondisi baru lagi sebelum else{} yaitu menggunakan else if(){}. Ini sangat cocok digunakan jika kalian ingin membuat kondisi lebih dari 2, contoh:

<?php

$lampu = "Kuning";

if($lampu == "Merah") {
    echo "Berhenti";
}
else if($lampu == "Kuning"){
    echo "Hati-Hati";
}
else if ($lampu == "Hijau"){
    echo "Lanjut";
}
else {
    echo "Lampu Rusak";
}

?>

Seperti biasa, silahkan buat nilai terlebih dahulu disini saya contohkan dengan $lampu. Pada kondisi ini, jika lampu itu merah maka muncul tulisan Berhenti, jika lampu itu Kuning maka munculkan tulisan Hati-Hati, jika lampu Hijau maka tampilkan Lanjut dan jika $lampu tidak memiliki nilai Merah / Kuning / Hijau maka tampilkan tulisan Lampu Rusak.

Lihat : Video penjelasan if, else if, dan else + GET PHP.

Silahkan salin kode diatas dan coba sendiri, bisa tambahkan juga kondisi lainnya jika diperlukan dan pastikan else{} itu berada diakhir.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi