Cara Membuat Kuis di Google Form

0

Google Form adalah aplikasi berbasis web yang kini semakin populer digunakan untuk membuat formulir guna mengumpulan data oleh penggunanya. Di dunia pendidikan, para pengajar dapat menggunakan Google Form untuk membuat kuis, survei yang mendalam, dan mencatat kehadiran online untuk siswa yang berpartisipasi dalam pembelajaran dengan video melalui Google Hangouts Meet. Hal ini dikarenakan Google Form sangat mudah digunakan dan dapat dibagikan melalui tautan, disalin dan ditempelkan ke email atau disematkan di halaman di situs web sekolah, seperti blog atau ditambahkan ke pengumuman atau tugas di Google Class.

Singkatnya, ini adalah alat sederhana bagi siapapun untuk membuat formulir, lalu menganalisis, meringkas, dan melaporkan hasil yang dikumpulkan dengan alat bantu visual seperti bagan dan grafik. Kelebihan yang menonjol dari aplikasi ini, tidak hanya gratis dan mudah digunakan, tetapi juga tidak memerlukan perangkat lunak khusus atau tambahan untuk beroperasi. Yang kamu perlukan hanyalah akun Google, atau akses ke G Suite for Education, kemudian hanya dalam hitungan menit untuk menyelesaikannya dan membagikannya dengan para siswa di kelasmu.

Nah, pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara membuat kuis di Google Form. Jadi, jika kamu ingin membuat kuis untuk matapelajaran dan dibagikan kepada para siswa, silahkan bengikuti cara berikut ini:

ads by posciety

  1. Buka Google Form, sebagai cara tercepat silahkan ke sini: g.co/createaquiz. Lalu halaman formulir akan terbuka.
  1. Isi judul formulir dan deskripsi formulirnya (tidak pakai deskripsi juga tidak masalah).
  1. Selanjutnya, kamu tinggal mengisi pertanyaan. Kamu juga boleh memilih bentuk jawaban, dan kali ini kita akan memilih “pilihan ganda”. Lalu isi pilihan jawaban di “opsi satu” dan tambahkan pilihan jawaban dengan klik “tambahkan opsi”. Jika pilihan jawaban sudah selesai, selanjutnya adalah menentukan jawaban yang benar dengan klik tanda centang biru di pojok kiri formulir.
  1. Berikutnya, silahkan mengisi berapa poin yang akan didapat siswa dari pertanyaan itu (dan cara ini berlaku untuk setiap pertanyaan). Lalu pilih mana jawaban yang benar. Terakhir, klik “selesai”.
  1. Jangan lupa menyalakan saklar “wajib diisi” dan klik “+” untuk menambahkan pertanyaan lainnya. Gunakan cara yang sama seperti diatas. Jika sudah selesai, klik tanda berbagi di bagian atas formulir (di samping profil emailmu).
  1. Di halaman berbagi ini, silahkan mengisi opsi “kumpulkan email” jika kamu ingin mengumpulkan email para siswa (lewat link). Dan pilih opsi untuk berbagi, apakah lewat email, embed, atau link. Di sini kita akan memilih lewat email dan mengisi alamat email yang ingin dibagikan form. Jangan lupa mencentang “sertakan formulir dalam email” untuk memudahkan siswa agar langsung mengisinya saat mereka membuka email. Lalu klik “kirim”.

Selesai!

Mudah sekali, bukan? Sampai di sini, mungkin kamu masih penasaran dan bertanya, lalu apa lagi manfaat Google Form bagi guru? Sebagai penjabarannya, saya akan menerangkan dengan poin-poin manfaatnya sebagai berikut:

  • Kamu dapat membuat kuis atau survei dengan pertanyaan terbuka dan tertutup yang dapat dinilai secara otomatis dan juga memberimu opsi kapan harus mengumumkan nilainya kepada siswa.
  • Formulir ini memiliki banyak opsi dari menu drop-down, kotak centang, pilihan ganda, daftar periksa, peringkat, dan opsi kotak teks untuk mengumpulkan jawaban yang kamu perlukan.
  • Kamu bahkan bisa mendapatkan feedback tentang pelajaran dan tugas dari para siswa, ditambah orang tua, wali, dan pengasuh.
  • User interface yang mudah digunakan sehingga guru dapat dengan cepat membuat dan mengatur formulir dengan fungsi drag-and-drop yang simpel.
  • Kamu bisa menambahkan gambar ke pertanyaan dan pilihan jawaban.
  • Kamu juga bisa menambahkan video ke pertanyaan.
  • Kustomisasi formulirmu dengan berbagai pilihan warna dan bahkan, animasi untuk membuatnya lebih menarik bagi siswa dan meningkatkan kreativitas! Ditambah lagi, kamu dapat memilih dari 20 desain yang telah disediakan untuk menambahkan gambar latar belakang atau kamu dapat mengunggah gambarmu sendiri.
  • Semua data yang dikumpulkan akan disimpan dan dianalisis dengan mudah karena Google Form terintegrasi dengan spreadsheet.
  • Sebelum mengirim, kamu dapat melihat pratinjau formulir untuk melihat bagaimana tampilannya bagi siswamu nanti.
  • Kamu dapat menambahkan pertanyaan yang tidak terbatas dan menerima jawaban tidak terbatas tanpa biaya tambahan apapun alias gratis!

Itulah sederet keunggulan Google Form serta manfaatnya bagi guru dalam mengajar, dan cara membuat kuis di Google Form yang mudah. Apakah kamu sudah pernah mencoba cara ini sebelumnya? Jika sudah, bagaimana manfaat lain yang kamu rasakan dari alat sederhana ini? Silahkan bagikan komentarmu, ya. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya