Bikin Layar Akhir Video YouTube Dengan Benar

Tombol Subscribe di Akhir Video

Beberapa bulan yang lalu, YouTube meluncurkan fitur baru untuk meningkatkan pengaaman pengguna nya yaitu Layar Akhir. Layar Akhir merupakan layar akhir pada video yang digunakan untuk menampilkan beberapa item dengan detail lebih lengkap ketika di klik / disentuh mouse.

Silahkan masuk ke akun YouTube seperti biasa -> Dasbor / Creator Studio -> Pengelola Video -> Edit salah satu video yang ingin diatur layar akhir nya. Pilih tab Layar Akhir & Anotasi maka akan menampilkan pengeditan Layar Akhir.

Klik tombol besar warna biru yang bertuliskan Tambah Elemen (bahasa Indonesia), terdapat 4 pilihan kategori elemen yang ingin ditambahkan ke layar akhir yaitu:

  • Video atau Playlist
    Kalian dapat menambahkan satu video / playlist ke layar
  • SubScribe
    Menampilkan icon YouTube kalian di layar dan ketika disentuh (desktop) atau di klik (mobile) akan menampilkan jumlah SubScriber dan tombol SubScribe
  • Channel
    Digunakan untuk menambahkan channel orang lain misalnya video ini kolaborasi dengan channel A maka kalian dapat menambahkan channel A disini sebagai promosi kepada penonton
  • Tautan
    Ini adalah tautan dari situs web yang diverifikasi YouTube dan/ akun Google kalian, situs web yang tidak terdaftar di akun Google / YouTube kalian tidak dapat ditambahkan. Fungsinya adalah untuk mempromosikan situs web / postingan dari situs web kalian agar dikunjungi oleh penonton

Silahkan pilih kategori mana yang ingin digunakan, secara otomatis elemen akan ditambahkan ke layar akhir dan muncul di timeline. Secara default, layar akhir ini berdurasi 20detik terakhir dari video kalian. Jadi silahkan buat video untuk diunggah ke YouTube dan sisakan diakhir video nya 20detik (misalnya menampilkan foto / logo kalian sebagai background dari elemen-elemen tersebut). Kalian pun dapat mengedit dutasi elemen layar akhir ini pada timeline, klik kiri tarik kanan atau kiri sesuai keperluan (maks. 20detik).

Video atau Playlist

Ketika memilih Video atau Playlist, terdapat 3 pilihan lagi yaitu:

  1. Upload terbaru
    Setiap ada video terbaru di channel kalian, akan ditampilkan di layar akhir ini
  2. Terbaik untuk penonton
    YouTube akan memilih video dari channel kalian yang cocok untuk penonton tersebut, karena masing-masing penonton memiliki history tontonan yang berbeda-beda
  3. Pilih video atau playlist
    Memilih video atau playlist secara manual yang akan ditampilkan pada layar akhir

SubScribe

Ketika memilih SubScribe, akan menampilkan logo YouTube kalian di layar akhir dan ketika disentuh (desktop) akan menampilkan tombol subscriber dan jumlah subscriber (ini bergantung pada pengaturan langganan kalian, apakah jumlah subscriber ditampilkan atau disembunyikan) dan ketika di klik (mobile) akan menampilkan hal yang sama juga. Hal ini tentu membuat penonton lebih mudah berlangganan dan merasa diingatkan untuk berlangganan.

Channel

Ketika memilih Channel, artinya kalian akan menampilkan / promosikan channel lain di layar akhir misalnya channel partner yang berkolaborasi dalam video kalian. Pada channel ini hanya dapat menampilkan channel orang lain (tidak dapat menampilkan channel sendiri).

Tautan

Ketika memilih Tautan, akan menampilkan judul / title tautan & tombol tindakan pada layar akhir yang mana ketika di klik akan mengarah ke tautan tersebut. Namun, tautan ini hanya boleh memasukkan tautan / URL yang situs / domain nya sudah didaftarkan dan terverifikasi oleh YouTube / akun Google kalian. Adapan tombol tindakan yang disediakan oleh YouTube untuk kategori Tautan ini yaitu:

  1. Pelajari lebih lanjut
  2. Buka
  3. Daftar
  4. Belanja
  5. Download
  6. Pesan
  7. Beli

Mungkin nanti akan ditambahkan lagi tombol tindakannya, selain itu ada juga thumbnail yaitu gambar yang mendeskripsikan tautan tersebut (gambar utama). Thumbnail ini diwajibkan ukuran 300px x 300px atau gambar rasio lain yang dapat otomatis terpotong menjadi 300px x 300px.

Begitulah cara menggunakan Layar Akhir YouTube.

Kesimpulan

Layar Akhir ini hanya dapat digunakan jika kalian tidak menggunakan Anotasi, karena Anotasi dan Layar Akhir tidak dapat digunakan secara bersamaan. Layar Akhir memiliki maksimal durasi 20 detik, jadi kedepannya silahkan siapkan video yang akan diunggah ke YouTube dengan sisa 20detik di akhri video nya untuk memasukkan elemen layar akhir ini agar tidak mengganggu aktifiatas utama pada video kalian. Kalian bisa ceh channel YouTube saya untuk melihat bagaimana Layar Akhir berkerja dengan baik.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara menampilkan tombol subscribe di akhir video YouTube.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...