Link Bitly Lebih Menarik Dengan Custom Domain

Tingkatkan Mutu Branding Dengan Branded Short Domain

Foto Punya Pete Bellis

Secara default, setiap link yang dipendekkan menggunakan layanan Bitly akan menggunakan domain bit.ly misalnya http://bit.ly/2HtIvU7. Walaupun dapat di kustom, paling hanya kustom bagian belakangnya saja misalnya menjadi http://bit.ly/teksGambar.

Disini, kita akan membahas bagaimana jika ingin mengganti menggunakan domain kustom (atau yang disebut Branded Domain), misalnya menjadi posciety.net/contohLink ataupun menggunakan subdomain misalnya link.posciety.com/contohLink.

Hal pertama yang perlu dipersiapkan tentu nama domain yang ingin digunakan, pastikan sudah tersedia dan sudah siap pakai.Pastikan domain ataupun subdomain yang akan digunakan ini kurang dari 15 karakter (termasuk titik, dsb).

Bitly Branded Domain & Subdomain

Domain

Sekarang, mulai mengatur DNS Records (untuk Branded Domain) untuk domain atau subdomain tersebut. Untuk mempermudah, gunakanlah control panel seperti cPanel. Di cPanel, untuk mengatur DNS records ini bisa ditemukan di cPanel > Domains > Advanced Zone Editor. Aturlah (Edit/Ubah) A Record menjadi 67.199.248.12 dan 67.199.248.13.

Jangan lupa untuk menghapus semua record domain bersangkutan selain DNS A Record yang diarahkan ke Bitly.

Subdomain

Jika menggunakan subdomain, aturlah CNAME subdomain tersebut mengarah ke cname.bitly.com. Untuk mempermudah pengaturan, gunakanlah control panel seperti cPanel. Untuk mengatur CNAME subdomain ini dapat ditemukan di cPanel > Domains > Advanced Zone Editor.

Catatan: Jika tidak menemukan DNS yang dimaksud untuk domain maupun subdomain, buatlah DNS baru yang sama sesuai petunjuk diatas (yang diperlukan). Atau Edit DNS yang sudah ada pada domain atau subdomain bersangkutan. Untuk subdomain, jika sudah ada DNS TXT dan A Record, hapus salah satu dan satunya lagi diganti menjadi CNAME.

Setelah semua diatur dengan benar, kunjungi dashboard Bitly seperti biasa kemudian klik menu profil (username) > Manage untuk masuk ke manajemen akun seperti yang pernah dibahas pada postingan sebelumnya mengenai Manajemen Akun Bitly.

Klik Branded Short Domains > Add Branded Short Domain, lalu masukkan domain atau subdomain yang sudah diatur sebelumnya lalu klik tombol Verify Domain.

Domain atau Subdomain yang didaftarkan akan tampil di halaman Branded Short Domains ini, tunggu beberapa saat untuk Bitly memeriksa apakah settingan sudah benar. Jika settingan salah, akan tampil pemberitahuan bahwa domain / subdomain tersebut tidak dapat diverifikasi. Sebaliknya, jika semuanya diatur dengan benar maka domain tersebut akan terverifikasi.

gambar 1 branded short domain bitly - posciety

Untuk versi gratis (free) atau Bitly Basic Account, hanya diperbolehkan 1 domain / subdomain saja yang diverifikasi dan digunakan sebagai Bitly Branded Short Domain. Jika ingin tambah, harus upgrade account dulu ya bro sis.

Cara Pakai Custom Domain Bitly

Setelah terverifikasi, bagaimana cara menggunakannya ? Kembali lagi ke dasbor Bitly dan mulailah membuat (Create) short domain seperti biasa, perbedaannya sekarang ketika akan membuat short domain ada pilihan short domain yang ingin digunakan yaitu bit.ly dan domain/subdomain yang tadi sudah didaftarkan. Pilihlah domain / subdomain custom untuk menggunakannya lalu klik lanjutkan membuat link pendek seperti biasa.

Maka hasilnya akan seperti ini (contoh) https://go.posciety.com/2xn7Yx8. Seperti biasa, kita dapat mengganti bagian belakangnya dengan karakter yang diinginkan misalnya jadi https://go.posciety.com/contoh.

Dengan branded short domain, selain meningkatkan branding kita juga dapat memiliki banyak peluang lebih besar untuk menggunkan karakter dibelakangnya. Karena ketika menggunakan bit.ly, karakter dibelakangnya harus yang belum pernah dibuat oleh pengguna bitly manapun di dunia ini.

Untuk mempercepat waktu pembuatan link pendek, jangan lupa untuk mengatur custom domain / subdomain sebagai default agar setiap kali membuat link pendek tidak perlu beralih domain dulu.

Oke, mungkin tidak semua pembaca mudah membuat membuat branded short domain. Kadang banyak yang mengalami kendala di pengaturan DNS nya, cobalah baca postingan sebelumnya tentang Pengertian DNS Records semoga dapat membantu memahami DNS Record.

Setelah branded domain ini berhasil, apa yang perlu dilakukan lagi ? Cobalah untuk mengatur Root, 404, dan SSL HTTPS sekarang. Kenapa perlu dilakukan ? Agar kamu tidak kehilangan visitor ketika mereka mengunjungi root URL dan halaman not found.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...