Cara Membuat Nameserver di VPS (Virtual Private Server)

WHM Interface

Sebelum dapat membuat nameserver di VPS, pastikan sudah terinstall OS + WHM di VPS tersebut dan pastikan sudah dapat diakses. Selanjutnya, masuklah ke WHM menggunaka kredensial yang ada. Tanyakan VPS provider jika tidak mengetahui kredensial login !

Jika ini pertama kali masuk ke WHM, akan diminta untuk konfigurasi dasar VPS via WHM. Salahsatunya adalah mengatur nameserver, nantinya jika ingin mengganti nameserver lagi bisa lakukan step berikut:

  • Login ke WHM
  • Basic Webhost Manager® Setup

Scroll ke bawah hingga menemukan bagian daftar Nameservers seperti pada gambar di bawah ini:

gambar 1 - ganti nameserver vps whm

Masukkan nameserver yang diinginkan, umumnya nameserver tidak terlalu panjang. Klik tombol Configure Address Records maka akan muncul layar popup seperti ini:

gambar 2 - ip v4 nameserver

Masukkan IP Addresses yang dihubungkan dengan VPS, kamu dapat menemukan ini di pengaturan dasar di atas. Jika tidak yakin, bisa tanyakan VPS provider ! Klik tombol Configure Address Records untuk menyimpannya. Setelah semua namserver berhasil dibuat, klik tombol Save Changes untuk menyimpannya.

Jika semua pengaturan termasuk IP Adress benar, maka nameserver akan tersimpan dan siap digunakan. Selanjutnya, arahkan domain ke nameserver ini dan tunggu hingga provagasi selesai jika memang diperlukan. Jangan lupa untuk memeriksa apakah domain sudah berhasil mengarah ke nameserver baru, sebelum dapat membuat perubahan apapun pada domain tersebut.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi