Cara Membuat Polling di Telegram

Telegram merupakan salah satu aplikasi chat populer dengan lebih dari 400 juta pengguna di dunia, menurut data dari Business of Apps. Aplikasi chat multiplatform berbasis cloud yang bersifat nonprofit ini, dapat diakses gratis di perangkat apapun dan dapat menggunakan banyak akun di perangkat yang sama. Salah satu fitur Telegram yang berguna untuk dicoba adalah polling atau jajak pendapat. Jika kamu menyukai polling online di media sosial, sekarang kamu juga bisa membuat polling dengan mudah di Grup Telegram. Kamu dapat membuat jajak pendapat anonim dengan memberikan pertanyaan, opsi jawaban, bahkan kamu dapat membuat kuis. Jadi, jika kamu menjalankan grup Telegram, ini adalah cara yang seru untuk mengajak para anggota berpartisipasi dalam polling atau kuis.

Kali ini, kita akan mempelajari bagaimana cara membuat polling di Telegram, sehingga kamu bisa membuat polling versimu sendiri dengan mengikuti cara ini:

  1. Buka aplikasi Telegram, lalu pilih nama grup. Pada kolom chat, pilih “Attachment” atau “Lampiran”.
  1. Selanjutnya, diantara opsi attachment lainnya, pilih “Poll” yang berwarna kuning.
  1. Isi pertanyaan polling di “Poll Question”, lalu isi jawaban polling di “Answer Options” (kamu dapat menambahkan opsi jawaban polling sesuai keinginan dengan “Add an option…”). Jika sudah selesai, klik “CREATE” di pojok kanan atas.

Selesai! Mudah sekali, bukan?

Dilansir dari Android Authority, daftar fitur utama Telegram mungkin bersinggungan dengan aplikasi lain, tetapi ada banyak perbedaan spesifik antara aplikasi itu dan para pesaingnya. Berikut adalah daftar singkat beberapa fitur utama Telegram yang mungkin akan mendorongmu untuk beralih aplikasi chat:

Secret Chat
Secret chat atau obrolan rahasia yang disebutkan di atas adalah tempat kamu dapat mengambil bagian dalam pesan terenkripsi end-to-end dengan kontak. Tapi itu bukan satu-satunya manfaat dari fitur ini: obrolan rahasia juga tidak mengizinkan seseorang memforward atau meneruskan pesan dari sana dan tidak bisa mengambil screenshot. Tentu saja, seseorang dapat mengambil gambar layar dengan perangkat lain, tetapi tetap tidak disarankan, dan itu didukung oleh fitur lain: self destruct timer.

Self Destruct Timer
Jika kamu tidak ingin pesan dalam secret chatmu berkeliaran selamanya, Telegram memungkinkanmu mengatur self destruct timer untuk menghapusnya secara permanen. Setelah pesan diterima, pesan tersebut tetap berada di chat untuk jangka waktu yang telah ditentukan—kamu dapat memilih waktu antara satu detik hingga satu minggu–sebelum menghilang.

Penghapusan pesan global
Sejak pembaruan pada tahun 2019, Telegram telah memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan yang dikirim oleh pengguna lain, di semua perangkat. Ini adalah fitur yang agak memecah belah. Bayangkan, jika pesanmu dihapus oleh orang lain, bukankah itu akan menyinggungmu? Namun, untuk beberapa kepentingan, hal ini mungkin diperlukan.

Nama pengguna
Seperti disebutkan di atas, penggunaan nama pengguna daripada nomor telepon dapat berarti akunmu tidak terikat hanya pada satu telepon. Dan ini juga meningkatkan keamanan karena membatasi informasi yang kamu bagikan keluar sana.

Batas ukuran file yang besar
Jika kamu ingin mengirim file besar, Telegram memiliki banyak pesaing dengan dukungan hingga file 2GB. Sementara itu, batas WhatsApp hanya 100 MB, batas WeChat juga 100 MB, dan batas Skype 300 MB. File Telegram juga disimpan di cloud, sehingga kamu dapat mengaksesnya dari perangkat lain.

Kustomisasi
Telegram hadir dengan beberapa opsi penyesuaian yang tidak ada di banyak pesaingnya di mana kamu dapat memilih warna aplikasi yang dominan, cara aplikasi membuka tautan, apakah UI menampilkan animasi atau tidak, dan banyak lagi.

Telegram memang gratis untuk digunakan dan didukung oleh pendiri dan CEO Pavel Durov. Perusahaan akan mulai menggunakan metode monetisasi baru pada tahun 2021, tetapi bisnis inti dari aplikasi ini, yaitu chat, akan tetap gratis untuk semua orang.

Metode monetisasi baru ini mencakup iklan di channel publik (yang berfungsi seperti feed Twitter), fitur premium untuk tim bisnis dan power user, dan paket stiker berbayar. Sebagian dari dana ini akan dikembalikan ke pengguna dalam bentuk peningkatan visibilitas untuk channel atau pembayaran kepada pembuat paket stiker unik.

Secara umum, Telegram aman atau lebih aman daripada kebanyakan aplikasi chat lainnya. Dapat dikatakan bahwa enkripsi end-to-end WhatsApp pada semua chat adalah pendekatan yang lebih baik, tetapi ikatan perusahaan dengan Facebook dapat mematikan pendukung privasinya.

Nah, sampai di sini, kita telah mengetahui bagaimana cara membuat polling di Telegram dan poin-poin kelebihan aplikasi chat ini dibandingkan pesaingnya. Apakah kamu tertarik untuk beralih ke Telegram? Atau kamu termasuk salah satu pengguna yang sudah familiar dengan berbagai fiturnya? Coba beri komentarmu di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Telegram
Komentar (0)
Tambah Komentar