Cara Membuat Reminder di Telegram

0

Reminder di aplikasi chat kini menjadi salah satu fitur yang paling dicari dan kabar baiknya, kamu dapat menggunakan ini di Telegram. Sebagai info, WhatsApp telah bermitra dengan Any.do untuk menghadirkan reminder, namun Telegram telah menerapkan fitur ini secara asli di aplikasinya. Meski, masih ada satu masalah yang tersisa. Yaitu, kamu hanya dapat mengatur reminder di bagian “Saved Messages” atau “Pesan Tersimpan”.

Diantara fungsi penting dari reminder adalah untuk mempermudahmu mengingat hal-hal penting dengan notifikasi di waktu yang tepat. Hari ini, dimana kesibukan kita seolah tidak pernah berakhir sehingga menyisakan sedikit ruang untuk mengingat tugas-tugas kecil yang tidak bisa diremehkan seperti, membeli sayur atau keperluan lainnya, peran reminder menjadi sangat penting.

Nah, untuk mempermudahmu mengingat jadwal tugas ataupun kegiatan tertentu, kamu bisa mengikuti cara membuat reminder di Telegram berikut ini:

ads by posciety

  1. Buka aplikasi Telegram di Android, lalu pilih menu harburger di pojok kiri atas dan pilih “Saved Messages” atau “Pesan Tersimpan”.
  1. Selanjutnya, kamu tinggal mengetikkan task di kolom chat, lalu pilih dan tahan tombol “kirim”. Di sini, pilih “Set a reminder” atau “setel pengingat”
  1. Terakhir, pilih tanggal dan waktu yang kamu tetapkan untuk task itu.

Telegram kemudian akan mengirimkan notifikasi reminder seperti Google Calendar atau aplikasi task management lainnya. Itulah tiga cara membuat reminder di Telegram. Mudah, bukan? Meskipun fitur ini tergolong bagus, kita akan lebih menyukainya jika fitur ini juga tersedia untuk chat pengguna.

Sekarang selain di aplikasi chat, fitur reminder sebenarnya telah lebih dulu ada di aplikasi to-do list. Yaitu, aplikasi yang menyimpan daftar tugas yang akan kita lakukan dan dapat menyetel reminder di waktu yang ditetapkan. Ngomong-ngomong tentang to-do list, atau daftar tugas, apa fungsi utama dari cara pengingat ini? Apakah dapat mempermudah, seperti yang disebutkan diatas, atau membuat hidup kita seperti dikejar deretan tugas panjang? Ataukah ini dapat membuat kita mengabaikan reminder dan mengundur waktu untuk melakukan tugas karena berbagai alasan?

Michael Linenberger, seorang ahli dalam manejemen dan produktivitas, menerangkan di blognya bahwa tujuan utama dari to-do list bukanlah untuk menyelesaikan semua tugasnya. Bukan seperti itu, tetapi tujuan utama dari to-do list adalah untuk menenangkan pikiranmu bahwa kamu tahu apa yang menjadi tanggung jawabmu. Itulah alasan utama mengapa kamu harus menyimpan daftar tugas tersebut.

Yang kedua adalah ini: to-do list membantu mencegah hal-hal paling beresiko yang membuatmu tergelincir melalui celah—ini mencegahmu melakukan tugas diluar prioritasmu, apa pun tugas itu. Ini karena to-do list yang baik memungkinkanmu untuk menekankan item prioritas tertinggi dalam keseharianmu.

Asumsi yang keliru adalah, harapan untuk menyelesaikan semuanya harus menjadi tujuan terakhir dari to-do list. Mengapa ini jadi tujuan akhir? Karena kamu secara intuitif tahu bahwa kamu mungkin tidak akan pernah menyelesaikan semuanya—terlalu banyak yang terjadi akhir-akhir ini. Jadi, menyalahkan diri sendiri ketika kamu tidak bisa menyelesaikannya, tidak hanya dapat menyebabkan frustrasi, dan bahkan mungkin membuang daftar tugasmu itu sama sekali; dan itu tidak baik.

Jadi bersikap realistislah tentang fungsi to-do list dan mengapa kamu menggunakannya. Menggunakannya sebagai alat untuk melihat dengan jelas, misalnya kepada siapa dan kapan kamu memiliki janji serta tugas penting lainnya. Ini sebagai cara untuk memprioritaskan apa yang kamu lakukan sekarang—itulah fungsi tertingginya. Dan ini akan membuat kehidupan dan pekerjaanmu jauh lebih menyenangkan jika kamu merasa tidak harus menyelesaikan semua tugas lainnya.

Dengan menyimpan reminder dari daftar tugas seperti itu, kamu memastikan bahwa semua tugasmu ditulis di satu tempat sehingga kamu tidak melupakan hal-hal yang penting. Dan dengan memprioritaskan tugas, kamu dapat merencanakan urutan kapan kamu akan melakukannya, sehingga kamu dapat mengetahui apa yang harus segera dilakukan dan apa yang dapat dilakukan nanti.

Cara ini sangat penting jika kamu ingin mengatasi overload dalam pekerjaan atau kesibukan sehari-hari. Namun, sekali lagi, jika kamu tidak menggunakannya secara efektif, kamu akan tampak tidak fokus dan tidak dapat diandalkan oleh orang-orang di sekitarmu. Jadi, kamu lebih baik menggunakannya secara efektif, agar kamu akan jauh lebih terorganisir dan kamu akan jauh lebih dapat diandalkan.

Kamu akan mengambil manfaat dari efektifas reminder dari daftar tugas ini dengan lebih sedikit stres, dan lebih aman karena mengetahui bahwa kamu tidak melupakan sesuatu yang penting. Lebih dari itu, jika kamu memprioritaskan tugas dengan cerdas, kamu akan fokus pada waktu dan energimu untuk aktivitas bernilai tinggi, yang berarti kamu akan menjadi lebih produktif.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya