Cara Membuat Schedule Post Instagram Menggunakan Later

0

Later, telah menobatkan dirinya sebagai Platform Pemasaran #1 untuk Instagram. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan aplikasi tersebut telah dipercaya oleh lebih dari 4 juta penggunanya dalam pemasaran Instagram.

Melansir dari halaman tentangnya, didirikan sebagai penjadwal Instagram pertama yang dipasarkan pada tahun 2014, kemudian (sebelumnya Latergramme) telah berkembang dari alat Instagram sederhana menjadi platform pemasaran visual #1 untuk Instagram, Facebook, Twitter, dan Pinterest. Sekarang dengan sekian banyak penggunanya, Later adalah anggota Program Mitra Instagram dan Mitra Pemasaran Pinterest.

“Kami percaya bahwa media sosial telah menjadi pengalaman visual, dan kami telah merancang platform kami untuk membantu Anda merencanakan dan menjadwalkan konten foto dan video Anda secara visual.” Demikian mereka tulis di webnya.

ads by posciety

Later juga menjanjikan fiturnya dapat membantu merampingkan strategi media sosialmu sehingga kamu dapat menyiapkan diri untuk lebih banyak penjualan dan kesuksesan. “Fitur kami fokus pada penjadwalan visual, manajemen media, pemasaran, dan analitik. Di sini, di Later, tujuan kami adalah menyederhanakan pemasaran Instagram dan membuatnya dapat diakses oleh semua bisnis.”

Nah, untuk kamu yang ingin menggunakan later dengan akun personal juga bisa, kok. Meski tentu saja ada beberapa perbedaan antara fitur akun bisnis dan personal yang telah ditetapkan oleh Instagram dalam postingan terjadwal, akan dijelaskan nanti. Sekarang, kita akan mengikuti cara membuat schedule post Instagram menggunakan Later berikut ini:

  1. Buka later.com dan pilih free plan untuk mendaftar gratis. Ketika kamu sudah sign in, selanjutnya adalah menyambungkan akun media sosial untuk menggunakan Later. Ada dua opsi (Instagram dan Facebook), untuk kali ini kita akan memilih Instagram.
  1. Berikutnya, akan muncul halaman persetujuan Instagram tentang akses yang akan didapatkan Later ke akunmu. Pilih “Allow” atau “Izinkan”.
  1. Saat ini, kamu akan diminta untuk membuka app Later. Jika kamu belum mendownload app-nya, silahkan download terlebih dulu di Play Store.
  1. Buka app Later, lakukan sign in seperti sebelumnya menggunakan email dan password yang telah kamu buat.
  1. Pada halaman awal app, pilih tanda upload media di pojok kanan atas dan kita akan memilih “photo library” untuk mengambil media atau gambar dari galery.
  1. Pilih media yang baru kamu upload.
  1. Di halaman ini sebenarnya kamu dapat langsung menuliskan caption di opsi edit di bagian atas, namun kamu juga dapat menuliskannya nanti dengan pilih “Create a post”.
  1. Pilih profil media sosial atau Instagram yang akan kamu jadwalkan untuk dipost.
  1. Di sini kamu dapat memotong gambar, menuliskan caption dan menambahkan linkin.bio (sebagai fitur Later). Jika sudah selesai, selanjutnya pilih “Next”.
  1. Waktunya untuk menetapkan jadwal posting! Pilih “Pick a time” dan pilih tanggal serta waktu tepatnya kapan kamu ingin mempublish postingan tadi.
  1. Selesai! Jika kamu menggunakan profil personal, nanti akan diberi notifikasi saat waktunya tiba untuk memposting. Dan jika kamu menggunakan profil bisnis, maka akan dipost secara otomatis (tanpa notifikasi).

Jika kamu ingin melihat postingan yang sudah kamu jadwalkan, pilih “Schedule” di barisan bawah layar. Maka list postingan yang terjadwal akan muncul dan kamu juga bisa mengeditnya lagi dengan memilih post yang ingin diedit.

Nah, itulah tadi cara membuat schedule post Instagram menggunakan Later. Apabila kamu memilih plan berbayar, maka kamu juga akan bisa menambahkan lokasi, tag akun dan lain sebagainya sebagai fitur lengkap dari Later.

Perlu diketahui, fitur-fitur lain selain Instagram Scheduling, Later juga memiliki fitur Linkin.bio, Instagram Analytics, User Generated Content, Instagram Stories Scheduling, Instagram hashtags dan Pinterest Scheduling.

Kabar baik bagi kamu yang terlibat dalam organisasi non-profit, Later juga menyediakan program untuk non-profit, seperti aplikasi lainnya. “Kami menawarkan diskon 50% untuk pembayaran langganan tahunan dan bulanan untuk organisasi non-profit yang memenuhi syarat dan diskon 100% dari paket bulanan Pertumbuhan kami untuk organisasi non-profit yang memerangi rasisme.”

Untuk mendaftar program ini, kamu dapat mengisi kuesioner yang disediakan oleh Later di halaman yang sama. Pertanyaannya meliputi “apakah organisasi non-profitmu memerangi rasisme?” (untuk menentukan diskon yang akan kamu dapatkan), serta pertanyaan lainnya terkait profil dari organisasimu.

Sampai di sini, kita telah membahas cara membuat schedule post Instagram menggunakan Later dan berbagai fitur Later yang berguna bagi kamu yang ingin kemudahan dalam mengelola media sosial, khususnya Instagram.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya