Tanda Tangan GMail Otomatis Setiap Mengirim / Membalas Email

Pada layanan email Google atau yang lebih dikenal dengan GMail biasanya pengguna selalu menambahkan signature / tanda tangan yang sifatnya elektronik pada setiap email yang dikirim baik berupa balasan ataupun email baru dan ini disebutnya tanda tangan GMail / signature GMail. Hal ini tidak berbeda jauh dengan tanda tangan pada email server / Microsoft Outlook.

Pengguna dapat mengatur signature GMail di pengaturan yang nantinya akan secara otomatis muncul disetiap layar pengetikan GMail. Pastikan kalian sudah memiliki akun GMail, jika belum punya silahkan klik disini untuk membuat akun GMail baru.

Signature GMail di Desktop / Laptop

Masuk ke situs GMail seperti biasa kemudian klik ikon gerigi di sebelah kana atas (dibawah foto profil) maka akan tampil beberapa opsi silahkan pilih Setelan / Setting jika menggunakan bahasa Inggris.

Kalian akan diarahkan ke halaman Setelan tab Umum, silahkan scroll kebawah sampai bagian Tanda Tangan atau Signature jika menggunakan bahasa Inggris. Pada bagian ini terdapat 2 opsi berupa radio yaitu Tanpa tanda tangan dan Textarea pengeditan, silahkan pilih layar textarea pengeditan untuk membuat tanda tangan didalamnya.

Pada textarea pengeditan ini silahkan buat tanda tangan yang diinginkan, kalian dapat menggunakan fitur-fitur yang ada pada layar textarea ini dibagian atas layar textarea misalnya untuk menyisikan link / menambahkan gambar dan keperluan lainnya. Silahkan centang kotak yang ada dibawah layar textarea ini untuk menampilkan tanda tangan sebelum kutipan teks untuk balasan dan menghapus tanda strip () yang mendahuluinya. Jika tidak dicentang maka tanda tangan ini akan tampil dibawah kutipan dan tanda strip tersebut.

(lihat gambar)

Jika sudah yakin dengan tanda tangan yang dibuat, scroll sedikit kebawah dan tekan tombol Simpan Perubahan untuk menyimpan tanda tangan ini. Sekarang, setiap membuat email atau membalas email pada layar besar desktop / laptop akan otomatis memunculkan tanda tangan dibawahnya, tidak perlu menulis tanda tangan berulang-ulang setiap ingin mengirim pesan. Lebih praktis!

Signature GMail di Aplikasi Smartphone

Silahkan masuk ke aplikasi GMail di smartphone seperti biasa kemudian ketuk toggle menu (garis tiga) dikiri atas layar dan pilih menu Setelan (jika menggunakan bahasa Indonesia).

Kalian akan diarahkan ke halaman Setelan dengan menampilkan menu Setelan Umum dan alamat GMail yang login di smartphone ini. Ketuk pada alamat GMail yang ingin dibuatkan tanda tangannya, sekarang akan menampilkan halaman Setelan untuk akun GMail yang dipilih. Disini terdapat beberapa pilihan, silahkan pilih Tanda Tangan untuk membuat tanda tangan.

Tanda Tangan di aplikasi GMail ini sedikit berbeda cara pembuatannya dengan di desktop / laptop. Ketika ketuk menu Tanda Tangan tadi akan muncul layar popup kecil ditengah layar dengan kolom teks dan tombol. Pada kolom teks ini silahkan tuliskan tanda tangan yang ingin digunakan disetiap pengiriman GMail pada smartphone ini.

Tuliskan beberapa kalimat yang akan dijadikan tanda tangan dan klik OK untuk menyimpannya.

Pada aplikasi smartphone hanya dapat memasukkan teks saja, berbeda dengan tanda tangan yang dibuat untuk desktop / laptop mampu menyisipkan gambar.

Sekarang, setiap kalian mengirim pesan baik itu balasan atau pesan baru via aplikasi GMail ini akan otomatis muncul tanda tangan dibagian bawah layar pengetikan email. Lebih praktis, tidak perlu berulang-ulang kali membuat tanda tangan setiap mengirim email.

Kesimpulan

Pada beberapa versi aplikasi GMail mungkin saja memiliki sedikit perbedaan cara membuat tanda tangan yang disebabkan oleh tata letak atau sistem smartphone. Pastikan kalian mencari menu-menu yang disebutkan diatas agar tidak tersesat. Bisa jadi diwaktu mendatang akan sedikit berbeda tutorial yang dijelaskan disini dan kenyataannya yang disebabkan oleh pembaruan sistem GMail dari pihak Google baik di browser ataupun aplikasi. Kalian dapat mempelajari tentang Tanda Tangan GMail disini.

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SIP LAHLihat Privasi