Signup Form MailChimp Agar Pengunjung Dapat Berlangganan

Setelah membuat SubScriber List / daftar pelanggan di MailChimp, diperlukan formulir langganan / Signup Form nya yang mana form ini bisa dibagikan di situs web atau ditempat lainnya agar orang lain dapat berlangganan ke daftar pelanggan tersebut. Jika ada yang bertanya apakah penting membuat formulir langganan ? Jawabannya Ya, Penting. Karena dengan formulir langganan akan mendapatkan pelanggan setia yang akan terus mengetahui update konten terbaru dengan begitu dapat meningkatkan jumlah visitor dan jumlah reader blog.

Silahkan masuk ke MailChimp seperti biasa kemudian pilih menu Lists pada daftar menu diatas maka akan menampilkan SubScriber List yang sudah dibuat sebelumnya.

Belum punya MailChimp ? Daftar disini atau baca artikel Kenapa MailChimp Menjadi Email Marketing Terbaik.

Pada daftar list pelanggan ini silahkan klik List yang ingin dibuatkan Signup Form nya kemudian klik tab Signup forms. Artinya kalian akan membuat formulir langganan untuk siapa saja yang ingin berlangganan kedalam mail list tersebut.

Saat ini terdapat 6 jenis Signup Form MailChimp yang dapat dipilih disini, masing-masing form memiliki fungsi berbeda.

  1. General Forms
    Buat formulir langganan, desain, terjemahkan dan buat respon email.
  2. Embedded Forms
    Buat formulir langganan kemudian sematkan code HTML nya di situs web / blog.
  3. SubScriber Pop-Up
    Buat formulir langganan munculan pada situs web / blog.
  4. Form Integrations
    Buat formulir langganan dengan integrasi yang tersedia di MailChimp.
  5. Facebook Forms
    Buat formulir langganan kemudian terapkan di Halaman Facebook.
  6. Tablet Forms
    Kumpulkan pelanggan di toko atau acara menggunakan MailChimp SubScribe.

Membuat Signup Form – General Forms

Merupakan formulir langganan utama yang bisa berdampak pada jenis form lainnya seperti terjemahan, desain dan respon email karena pada jenis form lain tidak dapat menerjemahkan dan desain seutuhnya. (lihat gambar)

Pada daftar form tadi silahkan pilih General forms untuk memulai kustomisasi signup form. Tersedia beberapa hal yang dapat di kustomisasi, silahkan lihat daftarnya pada menu tarik-turun Froms and response emails.

  • Signup Form
    Dasarnya formulir langganan, semua berawal dari sini. Silahkan buat formulir langganan sesuai keinginan dari mulai bidang sampai terjemahannya.
  • Signup Form With Alerts
    Buat peringatan pada formulir tersebut, seperti peringatan yang muncul ketika pelanggan tidak mengisi bidang yang diwajibkan.
  • Signup Thankyou Page
    Halaman terimakasih ketika pelanggan berhasil langganan.
  • Opt-in Confirmation Email
    Buat email untuk pelanggan baru yang berisi link konfirmasi, ini sangat berguna untuk menghindari SPAM pelanggan. Atur juga Subjek email, Reply-to dan From name sesuai keperluan.
  • Opt-in Confirmation reCaptCha
    Buat halaman konfirmasi setelah pelanggan berhasil berlangganan untuk menghindari robot.
  • Confirmation Thankyou Page
    Buatlah halaman terimakasih ketika pelanggan berhasil konfirmasi email langganan mereka.
  • Final Welcome Email
    Buatlah email terakhir ketika semua proses langganan ini terselesaikan atau biasa disebut email selamat datang, dalam email ini biasanya menampilkan rincian data pelanggan kepada masing-masing pelanggan dan memberitahukan bahwa mereka berhasil langganan pada list. Untuk menggunakan fitur ini silahkan centang kotak Send a Final Welcome Email.
  • UnSubScribe Form
    Buat formulir untuk pelanggan berhenti berlangganan list ini, karena untuk berhenti langganan mereka perlu memasukkan alamat email yang akan diberhentikan dari langganan list dan jika email tersebut tersedia maka akan diberhentikan segera.
  • UnSubScribe Success Page
    Buatlah halaman pemberitahuan ketiak pelanggan berhasil berhenti berlangganan seperti ucapan sampai jumpa.
  • Goodbye Email
    Kirim email kepada pelanggan ketika mereka berhasil berhenti berlangganan, untuk menggunakan fitur ini silahkan centang kotak Send a Goodbye Email.
  • Profile Update Email
    Kirim email kepada pelanggan ketika mereka meminta untuk mengubah profil dan preferensi mendapatkan email.
  • Profile Update Email Sent
    Buatlah pemberitahuan bahwa link untuk merubah preferensi / edit data pelanggan telah berhasil dikirim ke email yang dicantumkan.
  • Update Profile Form
    Merupakan formulir untuk memperbarui data / profil pelanggan.
  • Update Profile Sample Form
    Merupakan contoh formulir profil yang tidak dapat diperbarui jika list ini hanya mengirim kampanye email uji coba.
  • Update Profile Thankyou Page
    Buat halaman pemberitahuan ketika pelanggan berhasil memperbarui preferensi email dan/atau profile mereka.
  • Forward to a Friend Form
    Formulir yang disediakan ketika pelanggan akan melanjutkan kampanye email ke email temannya.

Setiap bagian dapat di terjemahkan dan menentukan bahasa defaultnya pada tab Translate it dan setiap bagian pun dapat di desain sesuai keinginan seperti tulisan – bidang – alerts – warna – dsb. Kalian bebeas berekspresi disini dengan leluasa termasuk memberikan kesempatan pelanggan untuk memilih format email yang didapat akan berupa plain-text atau HTML dengan mencentang kotak Let’s subscibers pick email format. Jika tidak dicentang maka email akan berupa HTML, ini lebih bagus jika kalian memiliki desain pada email seperti background – gambar – tata letak – template – dll.

Setiap perubahan yang dilakukan pada Signup Form ini akan tersimpan secara otomatis makanya tidak ada tombol Simpan, jadi harap berhati-hati.

Setelah yakin dengan kustomisasinya silahkan beralih kembali ke Signup Form pada menu tarik-turun kemudian copy link URL pada bidang Signup Form URL. URL tersebut dapat dibagikan ke media sosial, email, pesan, dsb. yang mana jika seseorang klik link tersebut akan diarahkan ke halaman formulir berlangganan dengan desain yang sudah ditentukan diatas.

Contoh URL: http://eepurl.com/bQ4_fX

Silahkan klik link tersebut maka kalian akan melihat formulir berlangganan serta proses-proses yang sudah dikustom sedemikian rupa, silahkan berlangganan pada formulir tersebut untuk berlangganan blog riobermano.com dan mendapatkan pemberitahuan 1x seminggu jika ada konten baru.

Membuat Signup Form – Embedded Forms

Berbeda dengan General Forms, Embedded Forms dari namanya aja udah bisa ditebak yaitu form yang disematkan. Form ini yang biasanya dipilih oleh para blogger untuk menerapkan formulir langganan pada blog secara manual dengan cara embed / menyematkan code HTML nya. (lihat gambar)

Pada daftar form tadi silahkan pilih Embedded forms untuk memulai kustomisasi signup form. Tersedia beberapa jenis embed form yang dapat digunakan yaitu Classic, Super Slim, Horizontal, Naked dan Advanced. Silahkan pilih jenis mana yang ingin digunakan karena masing-masing memiliki desain yang berbeda tapi bagaimanapun kalian tetap dapat menyesuaikan desiannya pada code HTML (perlu memahami dasar bahasa pemrograman HTML).

Lihat: Pengertian dasar HTML, atau struktur dasar dokumen HTML, dan/atau cara membuat form menggunakan HTML (lanjutan, ketika membuat form kustom sendiri jangan lupa terapkan sistem yang disediakan MailChimp untuk embedded form nya).

Misalnya pada jenis form Classic (lebih banyak dipilih blogger pengguna MailChimp), pada bagian Form Options sebelah kiri layar komputer terdapat beberapa pilihan yang dapat disesuaikan untuk formulir langganan ini.

  • Include Form Title
    Centang kotak ini untuk membuat judul pada formulir, isi judul formulir pada kolom dibawahnya maka judul akan tampil sebagai judul pada formulir.
  • Show Only Required Fields / Show All Fields
    Pada pilihan radio ini silahkan tentukan bidang mana saja yang ingin ditampilkan, jika ingin menampilkan bidang yang diwajibkan saja maka pilih Show Only Required Fields tapi jika ingin menampilkan semua bidang (termasuk bidang yang tidak diwajibkan) maka pilih Show All Fields.
  • Show Interest Group Fields
    Centang bagian ini jika ingin menampilkan bidang group pada formulir, untuk menggunakan fitur ini kalian perlu membuat group terlebih dahulu pada list yang bersangkutan.
  • Show Required Field Indicators
    Centang kotak ini jika ingin menampilkan tanda bintang pada setiap bidang yang diwajibkan, berfungsi untuk memberi tanda kepada calon pelanggan bahwa bidang tersebut perlu diisi.
  • Show Format Options
    Centang kotak ini jika ingin memberikan pilihan kepada calon pelanggan apakah mereka ingin email dengan format plain-text / HTML / mobile options. Untuk menggunakan fitur ini perlu centang kotak Let’s subscibers pick email format pada General FormsDisarankan untuk menghapus centang kotak ini jika email yang kalian kirim mengandung desain / template / gambar / tata letak yang disesuaikan
  • Form Width
    Masukkan angka / pixel untuk menentukan lebar formulir ini, kosongkan jika ingin formulir menjadi responsive menyesuaikan keadaan.
  • Disable All JavaScript
    Centang kotak ini jika ingin menghilangkan JavaScript pada formulir, ini akan mengirim data pelanggan kedalam hosting sendiri. Jangan centang bagian ini jika tidak yakin.
  • Include Archive Link
    Centang bagian ini jika ingin menyisipkan link arsip pada formulir, link ini akan mengarahkan ke halaman kampanye-kampanye sebelumnya yang pernah dibuat dan dikirim kepada pelanggan yang ada pada list ini. Ini berfungsi agar calon pelanggan dapat melihat contoh email yang akan mereka dapatkan nantinya setelah berlangganan.
  • Include MonkeyRewards Link
    Centang kotak ini jika ingin menerapkan logo / tulisan MailChimp pada formulir.
  • Enable reCaptCha
    Centang kotak ini jika ingin menerapkan reCaptCha pada fomrulir, ini akan membantu kalian dari serangan robot. Untuk menggunakan fitur ini kalian perlu konfigurasi reCaptCha pada akun / profil MailChimp.

Setiap perubahan yang dilakukan pada formulir ini akan tersimpan otomatis makanya tidak ada tombol Simpan, harap berhati-hati. Jika ingin menerjemahkan formulir ini, silahkan ubah tulisannya pada code HTML. Ubah tulisan dengan tulisan bahasa Indonesia atau bahasa lain yang diharapkan.

Jika sudah yakin dengan kustomisasinya silahkan lihat pada bagian Copy/Paste Onto Your Site disitu terdapat code HTML yang bisa disalin kemudian terapkan disitus web / blog kalian, terapkan code pada bagian situs dimana ingin menampilkan formulir misalnya widget sidebar. Setelah diterapkan, calon pelanggan dapat berlangganan ke mail list ini dari formulir ini.

Membuat Signup Form – Subscriber PopUp

Gunakan formulir ini jika kalian rasa layar munculan / popup tidak mengganggu pengunjung situs web / blog karena form ini akan tampil / muncul pada layar perangkat pengunjung, mungkin beberapa pengunjung akan merasa terganggu ketika sedang serius membaca konten blog. (lihat gambar)

Pada daftar form tadi silahkan pilih SubScriber Pop-Up untuk memulai kustomisasi signup form, akan diarahkan ke halaman wizard pembuatan popup form. Tersedia beberapa opsi penyesuaian formulir ini dari mulai design sampai setting.

  • Design
    Pada bagian desain silahkan tentukan layout form, warna, jenis fornt, ukuran text dan overlay opacity.
  • Fields
    Adalah bagian bidang yang diterapkan pada formulir, bidang yang tampil disini adalah bidang yang telah kalian buat sebelumnya pada list yang bersangkutan. Kalian dapat menerapkan semua bidang tersebut atau pilih beberapa saja.
  • Content
    Bagian ini adalah bagian tambahan saja, kalian dapat menerapkan tulisan / kalimat pada formulir misalnya kalimat ajakan / copyright. Tersedia text editor yang memungkinkan kalian menyisipkan link, gambar dan perataan tulisan.
  • Setting
    Adalah pengaturan untuk popup, kalian dapat menentukan waktu delay (detik) kapan popup akan muncul dan lebar formulir.

Setiap perubahan pada formulir ini dapat dilihat di live preview sebelahnya yang menampilkan tinjauan formulir, atau kalian juga dapat klik menu Pop-Up Preview dibagian kanan atas untuk meninjau bagaimana popup ini bekerja.

Setelah yakin dengan kustomisasinya silahkan klik tombol Publish dibawah untuk menerapkan perubahan dan mempublikasikannya kemudian klik tombol View Code maka akan menampilkan code / script yang perlu kalian terapkan di situs web / blog. Salin script tersebut kemudian terapkan di situs web maka popup akan berjalan sebagaimana mestinya.

Setelah yakin code diterapkan dengan benar di situs web, klik menu Save and Exit dibagian kanan atas untuk menyimpan dan keluar dari wizard pembuat popup MailChimp ini.

Membuat Signup Form – Form Integrations

Merupakan fitur MailChimp yang bekerjasama dengan pihak ketiga, dengan fitur ini kalian dapat menerapkan MailChimp pada pihak ketiga tersebut.

Pada daftar form tadi silahkan pilih Form Integrations untuk memulai kustomisasi signup form. Saat ini baru terdapat 2 Form Integrations saja yaitu Wufoo dan Squarespace.

  • Wufoo
    Membuat form menggunakan Wufoo tapi data pelanggan dimasukkan ke list pelanggan MailChimp. Pelajari lebih lengkap tentang integrasi Wufoo disini.
  • Squarespace
    Jika kalian memiliki situs Squarespace dan ingin membuat signup form untuk situs tersebut silahkan pilih Squarespace. Pelajari tentang integrasi Squarespace disini.

Membuat Signup Form – Facebook Form

Dengan fitur ini kalian dapat menerapkan formulir langganan di FanPage Facebook, ini memudahkan pelanggan kalian yang gemar menggunakan Facebook untuk berlangganan blog. (lihat gambar)

Caranya, kalian perlu menghubungkan akun Facebook dengan MailChimp terlebih dahulu. Silahkan klik menu foto / nama profil dibagian atas untuk menampilkan submenu lalu pilih Account. Pilih tab Integrations kemudian hubungkan Facebook sampai benar-benar terhubung.

Setelah berhasil terhubung, silahkan pilih halaman Facebook yang akan dihubungkan / halaman Facebook yang ingin ditampilkan formulir MailChimp. Kemudian pilih yes pada Use Signup Form Tab maka akan tampil Form Theme dan Tab Label, tentukan sesuai keperluan.

Maka sekarang akan muncul tab baru pada halaman Facebook yang bersangkutan dengan nama yang kalian tentukan diatas, ketika tab itu di klik akan menampilkan formulir langganan MailChimp yang sudah disesuaikan.

Dengan begini, pengunjung halaman Facebook dapat berlangganan langsung dari Facebook tidak perlu mengunjung situs blog terlebih dahulu dan cara ini bisa membantu kalian meningkatkan jumlah pelanggan.

Membuat Signup Form – Tablet Forms

Fitur ini dapat digunakan di toko atau konferensi lain yang memungkinkan kalian menyimpan data pelanggan secara offline langsung di smartphone / tablet.

Caranya, kalian perlu download aplikasi MailChimp terlebih dahulu. Silahkan download disini aplikasi MailChimp Android atau download disini untuk aplikasi iOS.

Silahkan buka aplikasinya dan ikuti panduan penggunaan yang muncul sesuai keperluan keperluan. Dengan aplikasi ini kalian dapat mengumpulkan data pelanggan kapan saja dan dimana saja dengan cepat dan mudah walaupun sedang offline.

Kesimpulan

Pada artikel ini menjelaskan banyak sekali fitur utama dan fitur-fitur lain didalam fitur utama tersebut, bisa jadi fitur yang disebutkan diatas berebeda dengan kenyataannya yang disebabkan oleh pembaruan dari pihak MailChimp. Secara keseluruhan, MailChimp memberikan fitur-fitur yang menguntungkan bagi pengguna dalam mengumpulkan / menambah subscriber termasuk penyesuaian email yang menakjubkan walaupun menggunakan yang gratis.

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SIP LAHLihat Privasi