Sistem Login PHP Dengan Username / Email

Bisa Login Pake Email, Bisa Login Pake Username

Dalam pembuatan sistem login di PHP biasanya hanya menggunakan username dan password saja atau dengan email dan password saja, hal ini juga saya lakukan pada tutorial sebelumnya tentang cara membuat sistem login dan logout PHP beberapa minggu lalu. Artikel ini akan menambahkan sebuah fitur yaitu sistem login dengan username atau email dan password.

Jadi, pengguna dapat masuk menggunakan username atau email yang sudah terdaftar di database dan pastinya dengan kata sandi yang benar. Caranya gampang banget, cukup tambahkan OR pada sistem / proses login nya.

Silahkan lihat disini cara membuat sistem login dan logout PHP dengan MySQLi Statement.

Pada tutorial tersebut di file login.php terdapat proses login seperti ini:

if(isset($_POST['submit_login'])) {
    $username = $_POST['username'];
    $password = $_POST['password'];
    $sql_login = mysqli_query($koneksi, "SELECT * FROM akun WHERE username = '$username' AND password = '$password'");

Code tersebut memproses login jika bidang username yang diisi pengguna sama dengan kolom username yang ada di database, sekarang kita akan membuatnya “jika bidang tersebut diisi dengan username ataupun email pengguna tetap bisa login“.

Silahkan tambahkan OR email pada proses login tersebut maka jadi seperti ini:

$sql_login = mysqli_query($koneksi, "SELECT * FROM akun WHERE (username = '$username' OR email = '$username') AND password = '$password'");

Save dan silahkan coba hasilnya !

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara membuat sistem login dengan username dan email.

Sekarang, pengguna dapat login menggunakan username atau email dan password. Tentunya semua data itu harus sesuai dengan apa yang ada di table database.

Secara gak langsung, setelah kalian memahami sistem ini artinya kalian sudah memahami penggunaan OR di code database. OR ini dapat kalian gunakan untuk keperluan lainnya gak cuma username dan email saja.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...