Membuat Situs Dengan WWW / Tanpa WWW

Pilih yang Terbaik

Mana yang terbaik untuk situs web saya, dengan WWW atau tanpa WWW ? Setiap pemiliki website mempunyai pilihan untuk url situs web nya apakah ingin menggunakan www atau tidak. Tapi artikel ini tidak akan menjawab pertanyaan tersebut, itu hanya sekedar pilihan saja dan tergantung selera. Pada artikel kali ini saya hanya memberitahukan bagaimana membuat situs menggunakan www via .htaccess, karena secara default situs web itu tanpa www.

Silahkan masuk ke cPanel nya seperti biasa dan masuk ke folder / direktori tempat domain yang bersangkutan (misalnya untuk domain.com maka masuk ke folder domain tersebut), tapi jika domain ini merupakan domain utama dari hosting yang digunakan maka cukup masuk ke public_html saja.

Cari file .htaccess dan edit di code editor, jika tidak ada file .htaccess silahkan buat baru.

Membuat File .htaccess baru

Buat file .htaccess baru hanya jika pada direktori domain bersangkutan tidak memiliki file .htaccess, jika sudah ada silahkan ke step berikutnya. Cara membuatnya gampang banget, cukup membuat file baru dan simpan dengan nama .htaccess. Setelah itu silahkan upload ke direktori domain bersangkutan.

Membuat Situs Menggunakan WWW via .htaccess

Edit file .httaccess nya di code editor, tambahkan kode berikut:

RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^domain.com [NC]
RewriteRule ^(.*)$ http://www.domain.com/$1 [L,R=301,NC]

Setelah berhasil ditambahkan, klik Simpan dan silahkan di coba !

Pastikan kalian mengganti domain.com dengan nama domain bersangkutan.

Jika ingin tanpa www cukup jangan tambahkan kode tersebut, karena secara defaultnya domain itu tanpa www. Tapi jika kurang yakin, silahkan tambah kode berikut untuk memaksa situs TANPA WWW:

RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^www\.domain\.com [NC]
RewriteRule ^(.*)$ http://domain.com/$1 [L,R=301]

Seperti biasa, silahkan ganti domain.com dengan domain bersangkutan.

Catatan: JANGAN masukkan kedua kode tersebut bersamaan, karena akan menjadi FATAL ERROR. Silahkan pilih salah satu saja ya, ingin menggunakan WWW atau tanpa WWW.

Tambahan, Jika Menggunakan WordPress / CMS Sejenisnya

Jika menggunakan situs WordPress, file .htaccess itu sudah pasti ada. Jika tidak ada, mungkin seseorang telah menghapusnya atau salah satu kinerja plugin menghapusnya.

Silahkan edit file .htaccess yang terdapat di dalam direktori instalasi WordPress / domain bersangkutan dengan code editor seperti diatas. Bedanya, pada .htaccess ini akan memiliki code seperti ini didalamnya:

# BEGIN WordPress

<IfModule mod_rewrite.c>
  RewriteEngine On
  RewriteBase /
  RewriteRule ^index\.php$ - [L]
  RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
  RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
  RewriteRule . /index.php [L]
</IfModule>

# END WordPress

Ini adalah bawaan dari WordPress, silahkan tambahkan code yang sudah dijelaskan diatas (menggunakan WWW atau tanpa WWW). Tapi karena pada file ini sudah terdapat RewriteEngine On maka tidak perlu menambahkannya lagi untuk menghindari kerusakan file. Cukup tambahkan RewriteCond dan RewriteRule nya saja kedalam file ini, maka akan menjadi seperti ini:

# BEGIN WordPress

<IfModule mod_rewrite.c>
  RewriteEngine On
  RewriteCond %{HTTP_HOST} ^domain.com [NC]
  RewriteRule ^(.*)$ http://www.domain.com/$1 [L,R=301,NC]
  RewriteBase /
  RewriteRule ^index\.php$ - [L]
  RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
  RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
  RewriteRule . /index.php [L]
</IfModule>

# END WordPress

Seperti biasa, silahkan ganti domain.com dengan domain bersangkutan.

Tapi pada WordPress, perlu perhatian khusus di menu Pengaturan -> Umum. Pada halaman ini terdapat bagian Alamat WordPress (URL) dan Alamat Website (URL). Silahkan isi dengan URL situs kalian yang baru saat ini, misalnya dari tanpa www menjadi www kemudian klik tombol Simpan Perubahan untuk menyimpan perubahan ini.

Untuk situs WordPress, jika masih tidak berfungsi silahkan masuk ke aplikasi Softaculous nya dan edit domain bersangkutan. Pada halaman edit instalasi WordPress tersebut terdapat kolom URL, silahkan ganti menjadi www jika memang saat ini sudah menggunakan www dan sebelumnya tanpa www.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara membuat situs dengan atau tanpa www.

Saat ini, code default yang terletak pada file .htaccess WordPress hanya seperti itu (yang dijelaskan diatas), mungkin pada beberapa kasus atau beberapa versi terbarunya nanti akan ada sedikit perbedaan. Silahkan disesuaikan saja dan ikuti kode yang saya berikan untuk WWW dan tanpa WWW.

Disarankan untuk kalian yang baru mau pasang WordPress, pada saat pemasangan / install di Softaculous ada pilihan URL (menggunakan WWW atau tanpa WWW) silahkan tentukan dari saat awal pemasangan baru kemudian ikuti tutorial ini.Tapi untuk yang sudah terlanjur terpasang, tidak jadi masalah ini masih berfungsi baik dan berhasil.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

1
Tinggalkan Komentar

avatar
Bawor
Visitor
Bawor

I could not resist commenting. Well written! Maybe originally it’s not in English but it compatible with Google Translate.

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi