Bikin Subdomain di cPanel

contoh.posciety.com

Silahkan klik disini untuk mempelajari lebih lanjut tentang Apa Itu Subdomain. Pada artikel ini akan saya jelaskan bagaimana cara membuat anak domain alias Subdomain di cPanel. Disini saya contohkan dengan cPanel build 11, mungkin pada beberapa versi kebelakang atau kedepannya nanti akan sedikit berbeda tapi bisa dilihat langkah-langkah utamanya dibawah ini karena biasanya tidak akan berbeda jauh.

Seperti biasa, buat kalian yang lebih suka lihat video tutorial dibanding membaca artikel tutorial seperti ini silahkan scroll kebawah dan klik pada link yang mengarah ke video tutorial.

Pertama, silahkan masuk ke cPanel seperti biasa lalu scroll dan cari bagian Domains dan klik bagian Subdomain biasanya ada dibagian tengah-tengah layar ketika scroll. Maka sekarang akan menampilkan layar pembuatan Subdomain, silahkan isi nama Subdomain yang diinginkan pada kolom subdomain. Lalu pada menu tarik-turun silahkan pilih domain utama yang akan digunakan (contoh: riobermano.com maka nanti subdomain akan berada di belakang riobermano.com).

Pada kolom Document Root silahkan isi dengan penempatan / root lokasi subdomain, secara default nya akan disimpan di public root. Jika kalian ingin menempatkan di dalam folder lain silahkan tulis nama folder / root yang ingin dijadikan tempat disimpannya subdomain tersebut (contoh: folder/contoh.riobermano.com). Jika tidak yakin, biarkan saja seperti default tidak perlu disentuh bagian ini.

Contoh pembuatan diatas akan seperti pada gambar ini: (lihat gambar).

Setelah yakin dengan pilihannya, silahkan klik tombol Create dan tunggu loading. Setelah berhasil dibuat akan muncul pemberitahuan bahwa Subdomain kalian telah berhasil dibuat. Setiap Subdomain yang dibuat akan tampil terdaftar dibagian bawah seperti pada gambar diatas yang ditandai dengan kotak merah besar. Pada deretan Subdomain tersebut, kalian dapat menghapusnya atau mengatur arahan (redirection) jika diperlukan.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara bikin subdomain baru cia cPanel.

Sekarang kalian telah memiliki Subdomain baru dan siap diluncurkan sesuai kebutuhan. Misalnya diatas saya buat subdomain contoh.riobermano.com maka sekarang sudah bisa diakses di browser untuk URL contoh.riobermano.com tersebut. Tinggal diisi aja Subdomain tersebut akan dijadikan apa, misalnya website.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi