Table localhost Database phpMyAdmin – XAMPP

Digunakan Untuk Menyimpan Data

Sebelumnya, saya pernah membuat video tentang bagaimana cara membuat dasar localhost database phpMyAdmin dengan aplikasi XAMPP. Sekarang, kita lanjutkan ke cara membuat table didalam database tersebut. Klik disini untuk melihat tutorial sebelumnya “Bagaimana Cara Membuat Dasar localhost Database“.

Sekarang kita lanjut merancang table didalam database tersebut sesuai keperluan. Tapi disini saya contohkan misalnya membuat table murid dan jurusan. Pertama, buka database yang sudah kita buat di video sebelumnya dan klik nama database nya untuk membuka database tersebut.

Lalu akan muncul kolom Create Table, di bagian Name nya tulis nama table yang akan kita buat misalnya tablemurid“. Oiya, disini saya contohkan akan membuat table murid dan jurusan, biar tutorial ini bisa digunakan juga oleh para pelajar. Sekarang tulis nama table nya dan jumlah kolom yang dibutuhkan.

Misalnya dalam table murid nanti saya butuh “id, id_jurusan, nama, bio, foto, tanggal” berarti ada 6 kolom yang saya butuhkan maka tinggal tulis saja 6 kolom. Klik tombol “go” dibawah kanan, maka table murid berhasil dibuat tapi masih kosong karena belum diisi.

Nah disini lah yang saya sebutkan tadi “id, id_jurusan, nama, bio, foto, tanggal” akan kita masukkan di 6 kolom tersebut. Sekarang kita akan isi kolom tersebut. Lihatlah gambar ini: (lihat gambar). Sekarang kita mulai mengisi kolom table database sesuai rencana ya.

Sebetulnya dalam pengisian table ini bisa dikasih nama sesuai keinginan (yang mudah di ingat saja & mudah dalam penulisannya biar gak repot nanti ketika insert di PHP nya).

Pertama, kita akan buat “id” dan di bagian “Type” nya kita set sebagai “INT” dengan “Length/Values” nya 11 dan set sebagai “PRIMARY” + “A.I” nya di ceklis.

Kenapa kita gunakan “id” ? Karena setiap table diperlukan id & diperlukan sebagai id murid, agar bisa dibedakan per murid nya.

Apa itu “INT” ? Kenapa kita gunakan ?“INT” adalah berupa angka, ketika kita set “INT” artinya kolom tersebut hanya bisa digunakan dengan angka.

Apa itu “Length/Values” ? Yaitu batas maksimal / panjang untuk pengisian si kolom tersebut. Misalnya kita set “Length/Values” nya “id” adalah 11 maka artinya nanti pengisian si “id” hanya bisa sampai 11 karakter saja. Jika di biarkan kosong artinya tanpa batas.

Apa itu “PRIMARY” ? Artinya struktur kolom tersebut berupa utama yg mana nantinya akan kita hubungkan dengan struktur lain yg ada di table lain.

Apa itu “A.I” ? Yaitu singkatan dari Auto Increment. Artinya ketika kita set ceklis “A.I” nya si “id” maka nanti dia akan otomatis mengisi dari angka 1 sampai selanjutnya tanpa kita harus tulis “id” secara manual. Misalnya sekarang kita masukkan murid pertama tanpa kita tulis “id” nya maka secara otomatis si murid tersebut akan menjadi / memiliki “id” = 1. Begitupun selanjutnya walaupun ada “id” / murid yg dihapus.

Kedua, kita isi “id_jurusan” dan di bagian “Type” nya kita samakan saja jadi “INT” dengan “Length/Values” nya 11 juga.

Kenapa perlu membuat “id_jurusan” ? Nama boleh bebas, tapi saya contohkan dengan nama ini. Fungsinya nanti akan kita masukkan jurusan apa yg dimiliki si murid tersebut dengan memanggil id jurusan nya bukan nama jurusan nya.

Ketiga, kita isi “nama” dan di bagian “Type” nya pilih “VARCHAR” dengan “Length/Values” nya “255” saja.

Untuk apa “nama” ? Ini nanti akan kita masukkan untuk nama murid.

Kenapa “VARCHAR” ? Karena supaya lebih fleksibel dalam ukuran karakter yang akan kita gunakan dalam pengisiannya nanti.

Kenapa di set “255” ? Karena supaya lebih ideal saja, ketika karakter di definisikan.

Keempat, kita isi “bio” dan di bagian “Type” nya pilih “TEXT” dengan “Length/Values” nya kosongkan saja.

Kenapa kita isi “bio” ? Ini hanya tambahan aja biar nanti si murid ada catatanya, kalian bisa tambahkan kolom lain atau kurangi kolom jika memang tidak membutuhkan.

Apa itu “TEXT” ? Karena bio ini berupa deskripsi alias tulisan yg panjang maka termasuk dalam kategori text atau catatan.

Kenapa “Length/Values” nya kosong ? Artinya tidak ada batasan karakter, kalian bisa atur berapa karakter yg ingin dibatasi jika perlu.

Kelima, kita isi “foto” dan di bagian “Type” nya pilih “VARCHAR” dengan “Length/Values” nya “255” juga.

Apakah harus pakai “foto” ? Tidak! Kalian bisa hilangkan kolom yang tidak mau diisi / tidak diperlukan. Jangan lupa untuk gambar / foto seperti ini kita gunakan “VARCHAR” saja dengan “Length/Values” nya “255.

Keenam, kita isikan “tanggal” dan dibagian “Type” nya pilih “DATETIME” dengan “Length/Values” nya kosongkan saja.

Kenapa pakai “tanggal” ? Gak apa2 sih gan, ini biasanya memang dikasih tanggal biar lebih kelihatan serius dan nyata.

Setelah selesai semua seperti diatas, klik tombol “Save” di ujung bawah kanan. Untuk melihat hasil table yang kita buat tadi, caranya klik nama table nya kemudian pilih tab “Structure” dibagian atas.

Akhirnya selesai juga table “murid“. Sekarang kita lanjut membuat table “jurusan“. Seperti biasa lakukan langkah pertama klik nama database nya di samping kiri kemudian akan muncul tulisan “Create Table” di kanan. Isilah kolom tersebut dengan nama table “jurusan” & kolomnya isi 2 saja karena saya hanya membutuhkan untuk “id” dan “nama jurusan“. Kalo kalian butuh kolom lain selain itu, silahkan ditambah saja.

Nah sekarang kita isi lagi seperti langkah ke-2 & ke-3 tadi diatas ketika mengisi table “murid“.

Jangan lupa dibagian “id” nya centang “A.I” dan jadikan “PRIMARY” seperti pada gambar. Setelah lengkap, silahkan klik tombol “Save” di kanan bawah. Maka akan muncul 2 table yang sudah kita buat.

Untuk melihat isi dari masing-masing table tersebut / biasa disebut struktur table, silahkan klik nama table tersebut dan pilih tab “Structure” diatas.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara membuat tabel database phpMyAdmin.

Kesimpulan

Tutorial ini hanya menjelaskan bagaimana membuat table / strukture table database sebagai lanjutan dari tutorial sebelumnya yg saya buat “Bagaimana Cara Membuat Dasar Database – phpMyAdmin”.

Untuk masalah pengisian table yg tadi kita buat atau biasa disebut diatas atau biasa disebut “Insert“, akan saya jelaskan di tutorial selanjutnya. Subscribe dulu aja biar gak ketinggalan tutorial selanjutnya.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi