Setelah menjelaskan tentang cara download dan install aplikasi Java NetBeans IDE, kali ini kita akan membahas cara membuat table di aplikasi NetBeans IDE yang pembuatannya itu dapat dilakukan dengan beberapa cara tapi tentu cara paling mudah yang akan kalian temukan disini. Pastikan kalian sudah membuat / memiliki project nya terlebih dahulu.

Buka aplikasi Java NetBeans IDE dan project yang akan digunakan kemudian klik kanan pada Java Source Package dari project tersebut dan pilih New > JPanel Form… (bisa juga menggunakan JFrame Form… jika ingin dijadikan frame). Komponen tersebut akan tampil di source (src) dan editor seperti biasa.

Sekarang, tarik komponen table (Palette > Swing Controls) kedalam JPanel yang tadi sudah dibuat:

gambar 1 cara membuat table java netbeans ide - rio bermano

Sesuaikan ukuran table dan JPanel sesuai kebutuhan, misalnya table dibuat full sepenuh JPanel seperti yang ditampilkan pada gambar.

Ketahui: Fungsi-fungsi komponen yang ada di NetBeans IDE

Untuk mengelola data yang ditampilkan table ini, silahkan klik kanan pada table lalu pilih Table Contents …. Pilih tab Columns, masukkan data yang ingin ditampilkan (tidak perlu di save, ketika di close tab ini maka akan tersimpan di table pada JPanel.

  • Resizable
    Centang jika ingin garis pada kolom dapat di sesuaikan ukurannya ketika RUN
  • Editable
    Centang jika ingin kolom dapat diedit ketika RUN

Jika ingin memindahkan posisi, klik pada kolom yang ingin dipindahkan lalu pilih Move Up untuk memindahkan keatas atau Move Down untuk memindahkan kebawah.

gambar 2 cara membuat table java netbeans ide - rio bermano

Untuk menambah kolom baru, klik Insert maka akan tampil kolom baru dan silahkan sesuaikan sesuai kebutuhan. Secara otomatis kolom tersebut akan bertambah juga pada table di JPanel. Jangan lupa untuk mengatur Count, misalnya 4. Pada gambar diatas dapat kalian lihat beberapa pengaturan lanjutan dibagian bawah seperti Title, Type, Editor, dsb. itu dapat digunakan untuk mengatur lebih lanjut kolom yang dipilih (misalnya kolom pertama diatur Type nya menjadi Integer).

Lalu bagaimana menampilkan data pada baris table tersebut ? Silahkan beralih ke tab Rows. Klik 2x pada kolom dan baris kemudian masukkan apa saja yang ingin ditampilkan.

gambar 3 cara membuat table java netbeans ide - rio bermano

Misalnya saya input data seperti yang terlihat pada gambar diatas maka akan tampil juga pada table di JPanel, klik 2x pada row yang ingin diisi tulisan.

Ini hanya data secara manual, tidak terhubung dengan database.

Masih bingung ? Lihat: Video tutorial cara membuat table di aplikasi NetBeans IDE

Close jendela popup maka data yang dituliskan akan tampil secara otomatis pada table di JPanel. Selesai, silahkan RUN / Design Preview untuk melihat hasilnya.

Selamat mencoba !

Jangan lupa untuk melihat tutorial aplikasi Java NetBeans IDE lainnya di kategori NetBeans IDE.


Jangan Lupa Share !!!

36
10 shares, 36 points

Apa Reaksimu ?

Bingung Bingung
3
Bingung
Kesal Kesal
1
Kesal
OMG OMG
3
OMG
Takut Takut
2
Takut
Keren Keren
10
Keren
Sedih Sedih
5
Sedih
Posciety Tech

Pro

Official Channel Posciety.Com yang menyuguhkan informasi dan updates seputar dunia teknologi.

0 Komentar

Pilih Format
Artikel
Default, Membuat Artikel/Cerita
List
Listicle, Misalnya: 3 Hal yang Wajib Dilakukan Saat...
Kuis Kepribadian
Membuat kuis Tentang Kepribadian
Poll
Vote untuk Membuat Keputusan atau Mencari Saran
Meme
Membuat Meme dari Gambar Normal yang Kamu Miliki