Cara Membuat Tampilan Sublime Text Menjadi 2 Bagian. Kodingannya Ada di Kiri dan di Kanan

0

Aktivitas atau benda apapun yang dilakukan dan digunakan pertama kali tentu penggunanya tidak akan langsung mengetahui fitur-fitur yang tersedia dan tidak mengetahui bagaimana cara cepat untuk menggunakannya, itu adalah hal yang wajar.

Sama sepertinya dalam menggunakan aplikasi Text Editor misalnya Sublime Text, ketika menonton video di YouTube yang menggunakan Sublime Text dan tampilannya berbeda dengan yang kita punya, misalnya memiliki 2 atau beberapa kolom sehingga kodingan bisa tampil di kiri, kanan, bahkan di tengah, ini terlihat keren dan ingin mencobanya, tapi gak tau caranya 🙁

Ikut langkah-langkah di bawah ini untuk mendapatkan tampilan keren seperti itu:

Pada daftar menu di atas, pilih View > Pilih Layout > pilih Columns: 2 jika ingin menggunakan 2 kolom. Secara otomatis tampilan Sublime Text akan terbagi menjadi 2 bagian yaitu kiri dan kanan.

gambar 1 - membagi tampilan sublime text jadi 2 bagian

Anda pun dapat membuatnya dengan lebih mudah menggunakan shortcut keyboard, tekan Alt+Shift+2 (untuk membuat 2 kolom).

Secara otomatis tampilannya akan terbagi menjadi 2 bagian yaitu kiri dan kanan, tariklah tab atau file dokumen ke kiri jika ingin menampilkannya di kiri, lakukan hal yang sama ke kolom kanan jika ingin menampilkannya di bagian sebelah kanan.

Tidak hanya 2 kolom, seperti yang Anda lihat pada daftar pilih di dalam Layout, tersedia beberapa pilihan tampilan / jumlah kolom yang diinginkan. Pilihlah sesuai keinginan!

Tidak hanya dilakukan berlaku untuk Sublime Text saja, hal seperti ini juga dapat dilakukan di Text Editor lain seperti Atom atau VS Code. Lakukan hal yang serupa, maklumi jika posisi menu dan nama menunya berbeda karena aplikasinya pun berbeda.

Selain kolom, beberapa pengguna Sublime Text juga mengganti warna atau tema yang digunakannya. Selengkapnya bisa lihat: Bagaimana cara mengganti warna tema Sublime Text.

SUBSCRIBE
Subscribe sekarang dan dapatkan update terbaru melalui email
aman dari spam
Pos Lainnya

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya