Untuk pengguna Google Chrome pasti sering lihat beberapa situs web memilki warna sendiri pada bagian tab browser di smartphone, misalnya situs berita Kompas dan situs riobermano.com.

Pada versi 3.9 Google Chrome meluncurkan fitur baru yaitu warna tab browser akan menyesuaikan warna situs (atau warna yang ditentukan oleh pemilik situs web) ketika di buka smartphone (awalnya fitur ini diluncurkan untuk OS android, tapi mungkin juga bisa berfungsi di OS lain). Contohnya seperti gambar ini:

gambar 1 cara ganti warna tab browser web - rio bermano

Bisa perhatikan, terdapat perbedaan dibagian tab browser-nya. Tidak hanya tab browser-nya saja tapi juga merubah warna bagian atas handphone, terlihat lebih serasi.

Bisakah situs blog / web saya berwarna seperti itu ? Tentu bisa, perlu sedikit tambahan code di file situsnya supaya bisa berwarna seperti itu. Salin kode berikut dan tempelkan di bagian <head> dari situs web / blog: <meta name="theme-color" content="#4286f4"/>jangan lupa simpan dan lihat hasilnya.

Catatan: Ganti warna #4286f4 sesuai desain website supaya terlihat lebih pas, atau tentukan warna apapun yang diinginkan.

Sebetulnya mengganti warna ini tidak terlalu penting karena hanya mengganti warna saja, tapi lumayan keren dan terlihat lebih rapih. Fitur ini juga dipastikan berfungsi di browser Opera.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara membuat warna toolbar website di Android.

Sayangnya, fitur tema seperti ini berlum berfungsi di browser lain dan tidak tersedia untuk di komputer.

Selamat mencoba !