Baca / Akses File .php Menggunakan XAMPP

Biar Bisa Edit / Akses File .php Dengan XAMPP

Berbeda dengan file .html yang biasanya dengan 2x klik pada file langsung mengarah ke browser. File .php memerlukan bantuan localhost untuk dapat reading file misalnya XAMPP. Kali ini saya kasih tau caranya membuka file .php menggunakan XAMPP atau biasa disebut “run apache“.

Pertama, kalian harus punya XAMPP yang terpasang di komputer. Pada folder “xampp” (tergantung dimana kalian install aplikasi XAMPP) silahkan cari folder “htdocs“, didalamnya silahkan buat folder untuk project kalian (nama folder menggunakan huruf kecil & tanpa spasi, contoh: project-riobermano).

Nah, didalam folder project yang baru dibikin kalian simpan file .php yang mau dibuka.

Catatan! Kalo ada file .php yang dikasih nama “index.php” maka nanti ketika buka localhost “/project-riobermano” akan langsung menampilkan isi dari “index.php” (tidak akan membuka direktori terlebih dahulu).

Kalo kalian tidak menyimpan file dengan nama “index.php” maka nantinya setelah membuka localhost “/project-riobermano” kalian bisa memilih file secara manual, file mana yang akan dibuka.

XAMPP

Sekarang buka aplikasi XAMPP yang sudah terinstall (XAMPP Control Panel) dan jalankan (Start) “Apache“. Jika tidak menemukan aplikasinya, bisa langsung search aja di Start Menu dengan kata kunci XAMPP.

Setelah di Start, silahkan buka browser kalian dan ketikkan “localhost/project-riobermano”. Ganti “project-riobermano” dengan anam folder yang tadi kalian bikin di “htdocs“. Inilah hasilnya: (lihat gambar)

Seperti yang saya jelaskan diatas, kalo tidak ada file bernama “index.php” maka tidak langsung menampilkan isi dari “index.php” misalnya halaman home sebuah web. Karena pada folder “project-riobermano” saya tidak menyimpan file bernama “index.php” maka muncul beberapa pilihan seperti ini. Tapi didalam folder “aw” pada gambar diatas, saya punya file bernama “index.php“.

Maka ketika saya buka folder “aw” akan langsung menampilkan isi dari si “index.php” (artinya, kita tidak bisa pilih yang lain seperti yang ada digambar. Misalnya: header.php, dll). Hasilnya ketika pilih folder “aw” di browser localhost tadi maka langsung menampilkan web (karena isi dari index.php punya saya itu berupa web home).

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara buka web file .php menggunakan XAMPP.

Padahal di dalam folder “aw” terdapat beberapa file dan folder seperti dijelaskan sebelumnya. Jadi, kalo kalian mau bisa pilih file-file yang ada maka jangan simpan file namanya index.php karena ini biasanya keperluan untuk website.

Selamat mencoba !

Mau mempelajari lebih banyak tentang PHP ? Kunjungi kategori PHP.

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...