Buka WhatsApp di PC Dengan Benar

Bagi para pembaca yang sering menggunakan komputer / laptop sebagai aktivitas utama seperti saat bekerja atau bahkan dirumah, mungkin sedikit ribet ketika harus membaca & membalas pesan WhatsApp sementara tangan lagi sibuk di komputer. Kenapa gak buka WhatsApp di komputer / laptop aja ?

Caranya gampang banget, tapi gak langsung saya jelaskan begitu aja terlalu singkat. Membuka WhatsApp di komputer / laptop yang saya maksud ini adalah membuka WhatsApp melalui website resmi WhatsApp https://web.whatsapp.com/ (tidak ada web lain selain ini).

Kunjungi situs web tersebut kemudian scan barcode yang tersedia di layar menggunakan kamera pemindai barcode aplikasi WhatsApp:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Klik toggle menu (titik 3) di bagian kanan atas
  • Pilih WhatsApp Web, maka akan menampilkan kamera pemindai barcode
  • Silahkan pindai / scan barcode yang ada di layar situs web WhatsApp tadi menggunakan kamera pemindai WhatsApp

Selesai, jika pemindaian berhasil maka obrolan serta kontak bahkan grup yang ada di akun WhatsApp bersangkutan akan muncul di web WhatsApp ini dan dapat diakses seperti biasa ketika menggunakan aplikasi di smartphone. Mulailah chatting dengan teman, saudara atau keluarga.

Sampai sini sebetulnya sudah selesai penjelasannya semoga dapat dipahami tapi rasanya kurang greget kalo gak dijelasin cara pemakaian atau tips dalam pemakaian web WhatsApp ini, mari simak dibawah ini.

How To & Tips

Cara pemakaian ini mungkin bisa bermanfaat untuk para pengguna yang baru menggunakan situs web WhatsApp.

  1. Memulai Obrolan / Membalas Pesan dapat dilakukan dengan mengklik salah satu obrolan yang sudah ada atau mencari kontak teman di kolom pencarian kemudian klik profil tersebut dan layar obrolan akan muncul. Mulailah mengetikkaan sesuatu di kolom pengetikkan dan tekan Enter untuk mengirim atau klik tanda panah ke kanan di sebelah kolom pengetikan.
  2. Mencari Pesan / Teks di Obrolan dapat dilakukan dengan cara membuka obrolan yang dimaksud kemudian klik ikon search dibagian atas obrolan maka akan membuka slide di sebelah kanan dan mulailah mencari sebuah tulisan didalam obrolan tersebut.
  3. Mengirim Lampiran (Attachment) dapat dilakukan dengan membuka obrolan yang dituju kemudian klik ikon attachment dibagian atas jendela obrolan maka akan tampil beberapa pilihan attachment seperti lampiran berkas / gambar / foto / video / suara / kamera / kontak.
  4. Melihat Info Kontak teman dapat dilakukan dengan cara mengklik pada profilnya maka akan tampil slide di sebelah kanan dengan rincian kontak tersebut
  5. Select Message dapat dilakukan dengan cara membuka layar obrolan yang dimaksud kemudian klik toggle menu (titik 3) di sebelah atas kanan layar kemudian pilih Select Message. Silahkan pilih pesan mana yang ingin dipilih dan pilih aksinya seperti menghapus atau memberi bintang.
  6. Mute sebuah obrolan dapat dilakukan dengan cara membuka obrolan yang dimaksud kemudian klik toggle menu (titik 3) di sebelah kanan atas layar dan pilih Mute. Untuk membatalkannya dapat dilakukan hal yang sama.
  7. Menghapus Obrolan dapat dilakukan dengan cara membuka obrolan yang ingin dihapus kemudian klik toggle menu (titik 3) di sebelah kanan atas layar dan pilih Clear Message.
  8. Menghapus Pesan dapat dilakukan dengan cara menyentuh obrolan mana yang ingin dihapus maka akan muncul tanda panah kebawah lalu pilih Delete Chat.
  9. Menandai Sebagai Belum Dibaca dapat dilakukan dengan cara menyentuh obrolan yang dimaksud maka akan tampil tanda panah kebawah silahkan di klik dan pilih Mark as Unread.
  10. Edit Profil dapat dilakukan dengan cara mengklik foto profil di ujung atas kiri kemudian pilih bagian mana yang ingin di edit.
  11. Pengaturan Akun dapat ditemukan di toggle menu (titik 3) dibagian atas daftar obrolan

Dan cara pakai lainnya yang tidak perlu dijelaskan karena terbilang mudah dan caranya tidak berbeda jauh dengan apa yang sudah dijelaskan diatas.

Adapun tips yang perlu diketahu dalam penggunaan Web WhatsApp ini adalah:

  • Jika komputer / Laptop yang digunakan adalah milik orang lain atau milik umum, harap pastikan untuk tidak mencentang kotak Ingat Saya (Keep me Signed in) ketika proses login (scan barcode)
  • Jangan lupa logout setiap setelah menggunakan web WhatsApp, kecuali tidak ada orang lain yang bisa menggunakan komputer tersebut.

Itulah tipsnya, dikit banget ya tapi kali aja bermanfaat deh soalnya lumayan banyak juga kejadian yang merugikan pengguna WhatsApp ketika dia lupa logout di web WhatsApp dengan status Ingat Saya ketika proses login.

Oya, jika akun sedang login di Web WhatsApp ketika membuka menu WhatsApp Web di aplikasi WhatsApp akan menampilkan daftar komputer / perangkat dimana akun tersebut sedang login.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi