URL Panjang Bisa Jadi Pendek Pake Bitly, Ramah & Sistem Terbaik

Tanpa Iklan, Bantu Tingkatkan Mutu Brand !

Sebelumnya, sudah saya post Best 2 URL Shortener yang salah satu diantaranya adalah Bitly ini. Jadi, buat yang baru mau coba bisa lihat tutorial ini ya kali aja mentok pas masuk ke website Bitly nya 😀

Pada beberapa situs pasti terdapat link yang panjangnya luar biasa entah karena parameter, folder atau yang lainnya. Dengan membuat URL itu menjadi pendek bisa terlihat lebih sederhana dan enak dilihat. Apa lagi kalo pake Bitly, tanpa iklan – sistemnya ramah lingkungan – bisa di kustom pula random id yang ada di belakang bit.ly/. Selain itu, bisa juga melihat statistiknya. Berapa kali link yang kalian buat di klik, berasal dari negara mana dan referensinya dari mana dengan syarat harus punya akun Bitly nya dan statusnya login jadi bisa lihat di dashboard bitly.

Pertama, bisa membuat link menjadi pendek tanpa login artinya link itu umum dan tidak dimiliki akun manapun maka tidak bisa lihat statistiknya. Cukup kunjungi situs Bitly.com dan pada tampilan pertama itu ada kolom untuk paste URL yang akan di pendekkan. Setelah itu klik tombol Shorten, maka link pendek nya berhasil dibuat dan akan muncul. Kalian bisa langsung gunakan URL tersebut / share.

Cara selanjutnya membuat link dengan Bitly supaya bisa lihat statistik link yang dibuat, silahkan login atau Buat Akun kalo belum punya akun. Setelah login, kalian akan dialihkan ke bagian dasbor dengan didalam URL app.bitly.com. Disini kalian bisa buat URL pendek sama seperti cara sebelumnya, cukup tempelkan dan klik Shorten maka akan muncul hasilnya dibagian bawah. Tinggal copy deh kemana kalian mau bagi, bisa di share juga via Facebook Twitter atau Email dengan klik Share.

Jika sudah digunakan, nanti link itu akan memiliki statstik dibagian atas layar. Seperti yang saya bilang diatas, pada statistik ini kita bisa melihat berapa kali yang klik untuk masing-masing URL yang kita buat – berasal dari negara mana dan referensi URL nya.

Selesai, sekarang kalian bisa membuat URL website menjadi lebih menarik dan mudah diingat karena pada Bitly ini kita bisa membuat URL kustom di akhir setelah garis miring pada bit.ly/ ini. Tentu dengan fitur seperti ini kita bisa sambil menghafal link-link penting yang kita buat dengan id kustom di akhirnya. Biasanya, website yang serupa seperti ini tidak menyediakan fitur kustom pada bagian belakang.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara membuat link jadi pendek dengan Bitly. Jangan lupa untuk login/buat akun Bitly supaya kamu bisa lihat statistik dari setiap link yang dibuat, lihat caranya disini.

#KESIMPULAN

Setiap aplikasi web seperti ini disediakan untuk siapapun yang ingin membuat URL menjadi pendek, Bitly salah satunya. Bitly tanpa ada iklan sehingga pengunjung yang klik link kalian akan langsung terarah ke tujuannya dengan sistem yang baik gak bikin macet. Menurut saya, Bitly ini bisa dikatakan salah satu yang terbaik karena sistemnya betul-betul ramah lingkungan dibanding para kompatitornya. Please keep in mind, setiap pengguna yang tidak login / tamu tidak akan mendapatkan statistik. Ini algoritma sederhana, kita tidak akan meninggalkan bekas apapun, berapapun URL dibuat kalo tidak login / membuat session yang nantinya menjadi activity dan disimpan didasbor.

Nah, sekian deh… Kalo kalian ada saran untuk aplikasi URL shortener yang ramah seperti ini jangan sungkan berbagi informasi di komentar ya.

Kamu suka produk Google ? Cobain URL Shortener-nya Google yuk, klik disini.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

1
Tinggalkan Komentar

avatar
Asep Maulana
Visitor
Asep Maulana

Thanks gann

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi