Migrasi Shared Hosting ke VPS Tanpa DOWNTIME !

cPanel Users Interface

Ketika menggunakan cPanel di shared hosting, kamu dapat memindahkan / migrasi ke VPS tanpa downtime (disarankan untuk menggunakan cPanel juga pada VPS nya). Langkah awal yang perlu dilakukan adalah melakukan Full Backup data cPanel yang ada di Shared Hosting. Tapi sebelum melakukan backup, pastikan di VPS baru sudah terpasang WHM/cPanel.

Backup cPanel Shared Hosting

Berikut ini cara melakukan Full Backup data akun cPanel:

  • Masuk ke cPanel pada Shared Hosting
  • Temukan bagian Files, pilih Backup (atau Full Backup jika menggunakan cPanel versi lama)
  • Klik tombol Download a Full Website Backup, maka akan diarahkan ke halaman berikutnya yang terlihat seperti ini:

gambar 1 - secure copy cpanel to vps

  1. Backup Destination, pilih Secure Copy (SCP)
  2. Email Address, secara otomatis terisi oleh email akun cPanel bersangkutan untuk dikirim notifikasi jika proses ini selesai
  3. Do not send email notification of backup completion, pilih ini jika ingin tidak diberitahukan melalui email ketika proses backup selesai
  4. Remote Server, masukkan IP Public / Dedicated IP VPS baru
  5. Remote User, masukkan akun VPS yang ingin dikaitkan atas backup ini. Biasanya menggunakan akun root, pilih saja root
  6. Remote Password, masukkan password root VPS (jika menggunakan akun root pada nomor 5)
  7. Port, masukkan port VPS bersangkutan
  8. Remot Dir, masukkan direktori dimana backup ini akan dikirimkan ke VPS. Masukkan saja /home untuk hasil yang bagus

Setelah semuanya terisi dengan benar, klik tombol Generate Backup untuk memulai proses backup. Proses ini akan memerlukan waktu, tergantung seberapa besar data dari akun cPanel bersangkutan. Jika mengaktifkan notifikasi via email, tunggu saja sampai email masuk yang memberitahukan bahwa backup selesai.

Selanjutnya, login ke WHM (root) untuk memastikan akun cPanel telah berhasil di copy ke VPS. Dari daftar menu di samping, pilih Account. Maka akun cPanel yang tadi di backup akan muncul di daftar, ini artinya keseluruhan data akun cPanel di Shared Hosting sebelumnya sudah di duplikat ke VPS baru.

gambar 2 - migrasi shared hosting ke vps cpanel

Sampai sini, data situs kamu sudah dipindahkan ke VPS. Untuk mencobanya, silhakan klik logo cPanel pada List Accounts untuk login akun cPanel tersebut dan pastikan semua data sudah dikirimkan semua dari Shared Hosting.

Catatan: Jangan hapus data lama yang ada di Shared Hosting, jika VPS belum dapat diakses.

Konfigurasi VPS

Sebelum data situs cPanel yang baru saja diduplikat ke VPS dapat diakses, pastikan VPS kamu sudah diatur dengan benar. Mulailah dari basic setup VPS, DNS, nameserver, dll. Setelah VPS dapat diakses dan dipastikan berjalan dengan baik, situs siap untuk diakses melalui VPS. Arahkan domain ke nameserver VPS yang valid.

Untuk mengetahui situs tidak mengalami down, kamu dapat langsung mengakses situs tersebut ketika nameserver dan data cPanel telah berhasil diarahkan ke VPS. Situs akan berfungsi seperti biasa, jangan lupa untuk melihat DNS di https://dnschecker.org/ untuk memastikan nameserver (NS) sudah benar-benar diarahkan ke VPS. Jika semuanya benar, kamu dapat menghapus data yang ada di shared hosting tanpa khawatir.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

1
Tinggalkan Komentar

avatar
trackback
Mengatasi "Error Establishing a Database Connection" WordPress

[…] entah user atau password yang salah. Hal ini biasa terjadi pada situs WordPress yang baru saja migrasi hosting ke VPS atau migrasi ke hosting […]

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi